Surga dan Neraka: Nama, Gambaran, DLL [PENJELASAN LENGKAP]

Manusia diberi anugerah oleh Allah Swt berupa ribuan nikmat setiap harinya, tetapi masih banyak yang kurang bersyukur sehingga terjerumus ke dalam neraka. Padahal, sebaliknya ada surga yang menanti muslim yang bertakwa. Lantas bagaimana sebenarnya surga dan neraka itu?

Akan tetapi bagi mereka yang senantiasa bersyukur terhadap pemberian yang telah diterimanya setiap hari akan selalu merasa senang dan bahagaia dunia dan akhirat yang pada akhirnya dengan karunia Allah Swt akan dimasukkan dalam surga-Nya.

Kehidupan kita didunia hanyalah kehidupan sementara, tidak ada istilah hidup abadi jika kita masih mendiami dunia. Sesungguhnya kehidupan abadi hanyalah di akhirat nanti, yang dimulai dengan kematian.

Persiapan kita mengahadapi hari akhir haruslah sematang mungkin, tidak boleh ada yang kurang karena kita akan mengarungi lautan akhirat yang tidak akan pernah habis dan bertepi.

Manusia yang semasa hidupnya selalu bertakwa kepada Allah dan beramal baik akan mendapatkan karunia Allah berupa surga. Sebaliknya manusia yang durhaka dan berbuat kejahatan didunia akan mendapat balasan yang setimpal dari amalnya yaitu neraka.

surga dan neraka termasuk ciptaan allah yang

Iman kepada Surga dan Neraka

Salah satu tanda berimannya manusia kepada Allah dan Rasulnya adalah yakin dan percaya akan adanya surga dan neraka diakhirat kelak. Meskipun belum seorangpun yang telah melihat dan masuk kedalam dua tempat tersebut.

Kita tidak diwajibkan untuk mengetahui seluk beluk surga dan neraka secara detil. Namun, Allah wajibkan untuk kita beriman bahwa surga dan neraka itu ada sebagai balasan bagi setiap amal hamba di dunia .

Di antara akidah kita akidah ahlussunnah waljamaah adalah meyakini bahwa surga dan neraka adalah makhluk yang telah diciptakan jauh hari sebelum Allah menciptakan manusia. Kita wajib pula percaya bahwa surga dan neraka dapat menjadi tempat tinggal kita di hari kiamat.

Bagi orang yang beriman, keyakinan dan kesadaran akan adanya nikmat surga kelak diakhirat pasti mendorongnya utuk lebih semangat beribadah dan berbuat baik.

Begitu juga bagi mereka yang kenal betul akan adanya siksa neraka yang begitu dahsyat pastinya akan bergetar dan takut untuk terus berkecimpung dalam kemaksiatan yang merajalela.

Kesadaran itulah yang menjadi akar dan pondasi seorang mukmin untuk dengan tulus dan sungguh-sungguh ber-ubudiah kepada sang penciptanya Allah Swt.

Kendatipun demikian, seyogyanya orientasi ibadah dan amal kita bukan hanya semata-mata mengharapkan surga dan takut akan neraka. Akan tetapi penekanan ibadah kita harus lillahitaala, yakni untuk mengharapkan ridha dari Allah swt. Itulah sebaik baik ibadah kita.

Tidak ada yang menginginkan dirinya masuk neraka, juga tidak ada dari kita yang tak ingin masuk surga. Akan tetapi, perbuatan dan amal kita di dunialah yang menentukan, bukan sebatas pada keinginan dan harapan, melainkan  harus dibarengi dengan melakukan amal perbuatan yang di perintah oleh-Nya.

Allah Swt berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al Qiyamah ayat 22:

وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَّاضِرَةٌ

Wujuuhun yaumaidzin naadhirah

Artinya: “Wajah-wajah (orang mukmin) pada waktu itu berseri-seri.”

Dalam ayat ini Allah menyatakan bahwa orang-orang yang mendapatkan kemenangan dihari akhir wajah mereka berseri-seri memandang tuhannya.

Mengenal Surga dan Neraka

Apa Itu Surga?

Apakah sahabat semua menginginkan masuk surga? Jawabannya pasti mau dan bahkan semua kita ingin rasanya masuk surga dan dilindungi dari siksa neraka. Namun, sebenarnya surga itu apa? Apakah surga hanya khayalan semata yang tidak akan pernah ada wujudnya atau memang sebuah fakta seperti yang dijelaskan dimana-mana.

Kata surga tidak ada dalam kamus besar bahasa Indonesia. Surga adalah adopsi dari bahasa Sansekerta yang memilik arti “derajat tinggi yang mencapai kebahagiaan”. Adapun padanan surga pada bahasa Arab, yaitu kata “jannah”.

Jannah mempunyai arti tempat yang penuh dengan kenikmatan yang hanya ditempati oleh orang mukmin yang bertakwa.

Secara etimologi jannah artinya kebun atau taman. Ini mengindikasi bahwa tiada dikatakan surga melainkan di dalamnya pasti ada taman.

Kemudian, secara terminologi, surga adalah tempat yang dipenuhi segala kenikmatan yang tiada tara juga yang kekal selamanya tempat seluruh mukmin yang bertakwa tinggal sebagai balasan dari amal baik selama hidup di dunia.

Allah Swt menghiasi surga dengan berbagai kenikmatan seperti bidadari, taman yang sangat indah, minuman yang sangat lezat, makanan yang sangat mewah, dan tempat tinggal yang begitu megah. Hal ini karena begitu sulitnya melawan godaan nafsu selama di dunia.

surga dan neraka termasuk ciptaan allah subhanahu wa ta'ala yang

Nama-Nama Surga

Allah Swt juga tidak menciptakan surga hanya satu, tetapi diciptakan delapan surga. Alasannya, penyebab kita masuk surga adalah anggota tubuh kita yang tujuh ditambah dengan hati sehingga siapa saja yang semasa hidup di dunia bisa menjaga tujuh anggota tubuhnya dan hati maka dia layak masuk ke dalamnya.

Kedelapan surga semuanya memiliki nama dan makna tersendiri dengan nikmat berbeda-beda yang akan didapatkan oleh penghuninya. Berikut ini kita uraikan satu persatu nama-nama surga serta maknanya.

1. Surga Firdaus

Surga firdaus Allah ciptakan dari emas untuk orang yang bertakwa sebagaimana yang tersebut dalam surat Al Mukminun. Di surat tersebut diungkap bahwa ada empat golongan yang akan mendiami surga firdaus kelak.

Empat golongan tersebut adalah mereka yang menunaikan amanah dengan benar, mereka yang tidak meninggalkan shalat, mereka yang tidak melakukan perbuatan yang tidak bermanfaat, dan mereka yang menjaga kemaluannya pada hal-hal yang dilarang agama.

2. Surga Na’im

Inilah surga yang Allah ciptakan dari perak putih yang akan didiami surga oleh orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, serta mereka selalu bertakwa kepada Allah swt.

3. Surga Darussalam

Surga Darussalam diciptakan dari bahan baku yakut yang berwarna merah. Ada dua golongan yang akan menempati surga ini kelak, yaitu orang yang kuat menjaga iman dan Islamnya dan mereka yang menjaga Al Quran serta mengamalkannya.

4. Surga Maqamul Amiin

Maqamul Amin adalah surga yang juga Allah ciptakan dari emas, diperuntukkan kepada mereka yang level keimanannya telah sampai pada tingkat muttaqin, yakni orang-orang yang sangat teguh dalam bertakwa.

5. Surga Khuld

Khuld adalah surga yang diciptakan dari marjan merah dan kuning. Diciptakan bagi mereka yang benar-benar taat mengikuti perintah Allah dan rasulnya.

6. Surga Adnin

Surga Adnin Allah ciptakan dengan intan putih yang menjadikan surga ini tanpak begitu menarik.

Ada tiga golongan yang boleh menempati surga ini, yaitu orang yang bersabar dalam mencari keridaan Allah Swt dengan mendirikan shalat dan memnyisihkan sebagian rejeki ke jalan yang Allah ridai, orang yang paling bertakwa, dan orang yang bertaubat dari segala kesalahan.

7. Surga Ma’wa

Ma’wa diciptakan dari zamrud hijau yang begitu indah dan memesona. Mereka yang akan mendiami surga ini adalah orang yang bertakwa kepada Allah, orang selalu beriman dengan sebenar-benarnya, dan orang yang menahan diri dari godaan hawa nafsu.

8. Surga Darul Maqaamah

Darul Maqaamah adalah surga yang ciptaannya dari permata putih. Surga ini didiami oleh mereka yang selalu mengerjakan amal saleh dan sangat jarang melakukan pelanggaran kepada Allah Swt.

Itulah nama-nama surga yang telah Allah sebutkan dalam Al-Quran di beberapa surat. Surga-surga tersebut tentunya adalah tempat yang tidak ada bandingannya di dunia ini. Keindahan surga tidak akan pernah bisa kita rasakan jika kita selalu melakukan pelanggaran-pelanggaran kepada Allah Swt.

Semoga Allah berikan kesempatan kepada kita semua untuk masuk kedalam surga-Nya kelak Amin.

surga dan neraka adalah

Gambaran Kenikmatan Surga

Imam Qurthubi dalam kitabnya At Tazkirah pada bab kenikmatan surga menyebutkan beberapa hadis yang berkatan dengan kenikmatan surga, sebagai berikut.

Hadits Pertama

Dari Abu Hurairah Rasulullah Saw bersabda:

“Allah Swt berfirman: Aku sediakan bagai hambaku yang shalih nikmat yang belum pernah dilihat oleh mata, belum pernah didengar telinga, dan belum pernah dirasa dan terbesit oleh hati manusia. Lalu Rasulullah saw bersabda, maka tidak ada seorangpun yang mengetahuia nikmat yang bagaimanakah yang akan didapatkan sebagai balasan dari amal mereka.”

Hadits Kedua

Suatu hari Rasulullah saw bersabda kepada para sahabat yang sedang duduk dengannya:

“Mengapa kalian tidak bersiap-siap masuk surga demi pemilik ka’bah sungguh surga itu dihiasi dengan taman yang indah, wangi yang semerbak, buah-buahan yang lezat, sungai yang luas, pakaian yang indah, bidadari yang cantik, tempat yang kekal, dan di tempat yang tinggi”. Para sahabat menjawab: “Kami bersiap-siap ya Rasulullah, maka Rasulullah berkata: “Katakanlah insyaallah (jika Allah berkehendak).”

Hadits Ketiga

Dari Abu Hurairah radhiyallah anha:

Aku bertanya kepada Rasulullah saw. “Ya Rasulullah dari apa diciptakan makhluk? Rasul menjawab dari air. Aku bertanya lagi dari apa bahan pembuatan surga? Rasulullah menjawab batanya dari adukan emas dan perak, semen nya adalah miski, kerikilnya adalah permata, dan tanahnya dari za’faran. Barang siapa yang masuk surga maka dia kekal didalamnya, selalu dalam kenikmatan, tidak akan mendapatkan penderitaan, bajunya tidak akan lapuk, dan kemudaannya tidak akan hilang.”

Hadits Keempat

Dari Abu Hurairah radhiyallah anha berkata:

“Bangunan dinding surga diciptakan dari perak dan emas, tangga dalam surga dibangun dari intan permata, kami mengatakan bahwa kerikil yang ada dalam surga terbuat dari permata dan debunya dibuat dengan bahan baku za’faran.”

Hadits Kelima

Diriwayatkan dari Abu said Al Khudri bahwa suatu hari Rasulullah saw bertanya kepada sahabatnya Ibn Shayyad.

“Hai Ibn Shayyad terbuat dari apakah tanah dalam surga. Beliau menjawab, tanah surga terbuat dari debu lembut yang harumnya terbuat dari kasturi hai Abu qasim. Rasulullah Saw menjawab. Benar kamu Ibn Shayyad.”

Masih banyak lagi kenikmatan-kenikmatan surga yang tidak akan pernah habis-habisnya.

surga dan neraka dalam islam

Apa Itu Neraka?

Neraka adalah tempat tinggal yang kekal yang tidak akan pernah punah, tempat tersebut disediakan untuk mereka orang-orang kafir dan musyrik yang menyekutukan Allah Swt, juga bagi orang Islam yang selalu bermaksiat dan durhaka kepada-Nya.

Adapun neraka juga memiliki penjaga-penjaga yang siap siaga terus menerus mengawal, layaknya surga yang memiliki pengawal berupa para malaikat.

Siksa neraka sebagaimana yang telah disebutkan dalam al-Qur’an dan juga hadis begitu dahsyat. Sampai suatu hari malaikat Jibril menceritakan kepada Rasulullah perihal pedihnya siksa neraka, lalu Rasulullah menangis hingga pingsan dan selalu menangis hingga beberapa hari.

Hingga pada suatu hari saidatina Fathimah putri Rasulullah diberitahukan oleh para sahabat perihal Rasulullah saw. Saidatina fathimah pun pergi menuju rumah Rasulullah.

Alangkah perih hati para sahabat melihat pakaian Fathimah yang dipenuhi dengan berbagai tambalan dan jahitan. Para sahabat berkata sungguh putri para kaisar Romawi duduk diatas singgasana, sedangkan putri Rasulullah yang begitu tinggi kedudukannya hanya memakai pakaian yang sudah tertambal.

Ketika saidatina Fathimah sampai kerumah rasulullah Saw beliau langsung bertanya. Hai ayahku berita apa yang menyebabkanmu begitu sedih. Rasulullah menjawab, hai anakku sungguh Jibril berkata kepadaku bahwa kelak neraka akan dipenuhi oleh umatku yang tidak melaksanakan shalat dan mengikuti hawa nafsunya.

Allah Swt berfirman dalam surat Az zumar Ayat 15:

“Katakanlah, ‘Sesungguhnya orang-orang yang rugi ialah orang-orang yang merugikan diri mereka sendiri dan keluarganya pada hari kiamat. Ingatlah yang demikian itu adalah kerugian yang nyata.” (Az Zumar:15)

Berbagai kecaman disematkan didalam Al-Quran kepada ahli neraka, diantaranya yaitu, tempat paling hina, tempat penuh kerugian, tempat terburuk, dan masih banyak lagi.

Nama-Nama Neraka

Layaknya surga yang memiliki delapan pintu, demikan halnya neraka, ia memiliki tujuh pintu yang disediakan secara umum bagi mereka yang membangkang perintah Allah dalam dunia.

Berikut kami rincikan satu persatu nama-nama neraka dan siapa saja calon penghuninya.

1. Neraka Hawiyah

Neraka Hawiyah diperuntukkan bagi mereka yang semasa hidup didunia suka mencampurkan amal baik dengan amal buruk, yang tidak mencari rezeki dengan cara yang halal, dan yang sedikit amal baiknya dibanding amal buruknya. Diantara ayat yang menjelaskan tentang penghuni neraka hawiyah yaitu di surat al qari’ah ayat 8-11

2. Neraka Saqar

Neraka saqar adalah tempat yang disediakan bagi mereka kaum munafik dan yang suka mendustakan Allah dan rasulnya, kelak neraka saqar lah yang menjadi tempat terakhir mereka. Hal telah Allah jelaskan dalam surat al mudatstsir ayat 26-27

3. Neraka Huthamah

Neraka Huthamah adalah neraka yang dikususkan bagi mereka yang suka menumpuk harta tanpa mau membayar zakat dan tidak mau bersedekah. Mereka juga menyakiti orang miskin, serta mencari rezeki dengan cara yang haram mengenai ini telah Allah cantumkan dan surat Al Humazah.

4. Neraka Wailun

Neraka Wailun dihuni oleh mereka yang curang dalam berdagang, suka mengurangi timbangan, menipu pembeli, dan suka memanipulasi dagangannya. Adapun neraka ini disebutkan dalam surat Al Muthaffifin ayat 1-3.

5. Neraka jahim

Neraka Jahim diperuntukkan dan menjadi tempat siksaan bagi mereka yang kafir dan menyekutukan Allah ketika di dunia. Orang-orang kafir dan musyrikin mereka akan kekal di dalamnya sebab tidak tersisa iman dalam hatinya. Sebagaimana yang tersebut dalam surat Asy Syu’ara ayat 91-92.

6. Neraka Lazza

Neraka Laza adalah tempat bagi setan dan para pengikutnya di dunia. Mereka yang suka berteman dengan setan dan tidak pernah mematuhi perintah Allah akan dicampakkan dalam neraka ini. Sebagaimana yang tertera dalam surat Al Lail ayat 92

7. Neraka Sa’ir

Neraka Sa’ir adalah seburuk-buruk tempat kembali. Karena neraka ini dipenuhi dengan berbagai siksaan bagi penghuninya.

Calon penghuni neraka ini adalah mereka yang mengabaikan orang yang memberi kabar peringatan akan adanya ancaman bagi mereka yang tidak mau melakukan perintah Allah Swt. Hal ini seperti yang disebutkan dalam surat Al Mulk.

Dari ketujuh neraka tersebut dihuni oleh dua golongan. Golongan kafir dan golongan Islam.

Mereka yang termasuk dalam golongan kafir akan kekal selamanya disiksa dalam neraka. Mereka akan terus disiksa sebab mereka tidak mau beriman kepada Allah Swt di dunia.

Adapun golongan Islam mereka juga akan disiksa dalam neraka, tetapi pada akhirnya ketika segala dosa yang mereka perbuat di dunia telah habis dibakar, mereka pun akan dikeluarkan dari neraka lantas akan dimasukkan ke dalam surga.

Semoga Allah menjadikan kita orang yang meninggal dalam keadaan membawa iman dan husnul khatimah, Amin.

surga dan neraka termasuk makhluk allah yang

Gambaran Siksaan Neraka

Berbicara tentang siksa neraka rasanya tidak kuat menulis apa saja siksaan tersebut. Mengingat begitu dahsyatnya siksa neraka, sedangkan amalan dan bekal kita ke akhirat masih sangatlah sedikit. Neraka yang begitu ngeri siksanya juga tempat yang diciptakan kekal oleh Allah swt.

Namun, hasana.id akan menjelaskan beberapa siksa neraka yang semoga kita semua dijauhkan darinya.

Api yang Bergejolak

Siksa neraka berupa api yang begitu bergejolak, pekat, hitam, dan gelap. Siapa saja yang tersentuh kakinya dengan neraka akan menghanguskan seluruh tubuhnya sampai ke ujung kepala.

Dalam surat An Nisa ayat 56 dijelaskan sesungguhnhya orang-orang kafir akan diseret kedalam neraka, kulit mereka akan dihanguskan oleh api, dan akan diganti dengan kulit yang baru, hingga seterusnya demikian.

Bau Busuk

Orang yang suka berzina semasa didunia akan diseret kedalam neraka dengan nanah disekujur tubuhnya dan mengeluarkan bau busuk yang dapat menyakiti penghuni neraka yang lain.

Diminumkan Air Timah

Penghuni neraka juga akan merasakan minuman berupa air timah dalam neraka yang disemburkan dalam mulut mereka sehingga seluruh isi perut dan tubuh mereka hancur lebur. Kemudian, mereka diciptakan utuh kembali untuk merasakan siksa tersebut.

Api yang Menjilat jantung

Di antara jenis siksaan yang lain adalah api neraka akan melumat jantung penghuninya. Hal ini akan menghanguskan jantung dan meruntuhkan seluruh anggota tubuh.

Dililit Ular

Salah satu dari penghuni neraka adalah mereka yang semasa di dunia meninggalkan shalat dan tidak mau bertaubat, mereka akan selalu dikejar-kejar ular. Ular tersebut akan melilit dan memakan orang tersebut hingga tubuhnya remuk dan hancur lebur, begitulah seterusnya hinnga dosa mereka terampuni.

Itulah gambaran dari begitu dahsyatnya siksa neraka kelak. Maka, mari kita persiapkan bekal amal yang banyak agar kita kelak dijauhkan dari berbagai siksa neraka.

Meski orang yang beriman akan dikeluarkan dari neraka setelah disiksa kadar dosanya, tetapi siksanya sungguh tidak sanggup untuk kita rasakan.

Penutup

Surga adalah balasan bagi hamba-hamba Allah yang setiap saat menghabiskan waktunya untuk beramal dan ber-ubudiah kepada Allah. Mereka tidak pernah mendurhakai-Nya dan melanggar perintah syariat-Nya. Mereka juga yang setiap saat bertaubat terhadap kesalahan dan dosa yang pernah mereka lakukan.

Kebalikan dari surga adalah neraka. Neraka merupakan tempat yang penuh dengan siksaan bagi mereka yang selalu mengabaikan perintah Allah, menyekutukan-Nya, dan mengikuti hawa nafsunya.

Allah menjanjikan nikmat yang tiada tara berupa surga bagi hambanya yang beramal baik. Sebaliknya, Allah menjanjikan balasan siksa neraka bagai mereka yang bermaksiat.

Semoga Allah jauhkan kita semua dari berbagai siksa neraka dan dikumpulkan dengan orang-orang shalih di surga. Mari berdoa agar Allah menjadikan kita semua termasuk dalam golongan orang-orang yang bertakwa kepada-Nya. Aamiin ya Rabbal alamin.

Artikel ini bermanfaat? Ditunggu ya komentarnya :p

close-link
Chat Admin..
1
3 Ebook Islami GRATIS!
3 Ebook Islami GRATIS!
1. 100 tanya jawab edisi 2
2. 100 kata-kata inspirasi edisi 1
3. Tata cara Sholat Hajat

Mau? Klik "Chat Admin" sekarang!