Doa setelah Sholat: Arab, Latin, Terjemah [SANGAT LENGKAP]

JANGAN KETINGGALAN
EMAIL EKSLUSIF
Dapatkan email-email terbaik langsung ke inbox kamu dari hasana.id
Subscribe!
in syaa Allah manfaat 🙂

Sholat adalah ibadah yang sangat sakral dan paling utama dalam ajaran islam, Dimana baik buruknya pribadi seseorang bisa diliat dari baik buruknya dia dalam melaksanakan sholat. Ini bukan bermakna mengesampingkan dan meremehkan ibadah yang lain, akan tetapi ibadah sholat lah yang paling berpengaruh dan paling pertama yang dihisab di akhirat.

Dalam Al Quran surat Hud ayat 114 tertera

وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ طَرَفَىِ ٱلنَّهَارِ وَزُلَفًا مِّنَ ٱلَّيْلِ ۚ إِنَّ ٱلْحَسَنَٰتِ يُذْهِبْنَ ٱلسَّيِّـَٔاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّٰكِرِينَ

Wa aqimis sholata tharafain nahari wa zulafan minal laili innal hasanati yudzhibnas sayyiati dzalika dzikra lidz dzakirin

Dan dirikanlah sholat dengan sebaik-baiknya didua ujung siang yaitu pagi dan petang dan saat-saat tertentu dari malam. sesungguhnya kebaikan dapat menghapus dosa-dosa kecil. yang demikian menjadi peringatan bagi yang mengingat.

Dalam beberapa hadits juga dijelaskan tentang kewajiban sholat diantaranya yaitu

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ مُعَاذًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ إِلَى الْيَمَنِ فَقَالَ ادْعُهُمْ إِلَى شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنِّي رَسُولُ اللَّهِ فَإِنْ هُمْ أَطَاعُوا لِذَلِكَ فَأَعْلِمْهُمْ أَنَّ اللَّهَ قَدْ افْتَرَضَ عَلَيْهِمْ خَمْسَ صَلَوَاتٍ فِي كُلِّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ….. (رواه البخاري)

Latin: ‘an ibn Ababs radhiallahu ‘anhuma annan nabiyya shallallahu ‘alaihi wasallam lamma ba’atsa mu’adz radhiallahu ‘anhu ilal yaman faqala ud’uuhum ila syahaadah an lailaha illallah wa anni rasulullah fain hum atha’u lidzalika fa’limhum annallaha qadiftaradha ‘alaihim khamsa shalawatin (rawahul bukhari)

Artinya: Diriwayatkan dari ibn Abbas ra ketika diutus oleh Rasulullah ke yaman Nabi bersabda “ajaklah mereka (penduduk yaman) untuk mengucap kalimat syahadah yaitu bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku (Muhammad) adalah utusan Allah, jika mereka taat dan patuh maka katakanlah sesungguhnya Allah telah mewajibkan bagi mereka shalat lima waktu sehari semalam (H.R Bukhari)

Ada beberapa poin yang berkenaan dengan perihal sholat, dari mulai pertama berwudhu, menutup aurat, rukun dan syarat dalam sholat, hingga doa-doa yang harus dibaca ketika selesai melaksanakan sholat.

Namun dalam artikel kali ini kita akan fokus pada bahasan tentang doa-doa dan zikir yang dianjurkan ketika selesai melaksanakan sholat, baik itu sholat fardhu, sholat sunat, dan doa-doa kusus pada sholat. Insyaallah untuk poin yang lain yang berkenaan dengan sholat dibahas pada lain kesempatan.

Salah satu waktu berdoa yang sangat dianjurkan dalam islam adalah ketika selesai sholat, dimana kita barusaja menghambakan diri dihadapan Allah kemudian di lanjutkan dengan bermunajah dan memita ampunanNya.

Doa-doa dan zikir yang akan kita terakan dibawah keseluruhan merujuk pada Al Quran surat al Ghafir ayat 60 yang berbunyi

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Latin: Wa qaala rabbukum ud’unii astajib lakum innal ladziina yastakbiruuna ‘an ‘ibaadatii sayadkhuluuna jahannama daakhiriin

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina. (QS: al-Ghafir:60)

Anjuran berdoa dan berdzikir setelah sholat

Islam sangat mendorong dan mengajak ummatnya untuk selalu berdoa dan meminta apapun kepada Allah Swt, baik itu perkara dunia lebih-lebih lagi urusan akhirat, selain sebagai penghambaan kita kepadaNya juga bentuk kepasrahan segala urusan kita dan ketidakmampuan kita dalam merealisasikan segala urusan.

Sebagaimana yang telah tersebut diatas bahwa salah satu waktu yang paling baik untuk berdoa kepada Allah adalah ketika selesai dari ibadah sholat. Namun apakah kita boleh berdoa apa saja atau ada doa-doa kusus ketika selesai darin sholat.

Jawabannya dalah dua-duanya bisa, akan tetapi lebih baik kita berdoa menurut tempat dan waktu, agar doa yang kita panjatkan lebih cepat dan tepat dikabulkan Allah Swt.

Berikut adalah anjuran untuk berdoa dan dzikir ketika selesai sholat

Dalam surat An Nisa ayat 103

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ

Latin: Faidza qadhaitumush shalata fadzkurullah

Artinya: Apabila kamu telah selesai sholat maka berdzikirlah

Dalam hadits riwayat Turmudzi

قيل يا رسول الله صلى الله عليه وسلم أي الدعاء أسمع قال جوف الليل الآخر ودبر الصلوات المكتوبات

Latin: Qiila ya Rasulullah ayyud du’ai’ asma’u qala jauful lailil aakhir waduburush shalawatil maktubati

Artinya: Sahabat bertanya pada Rasulullah Saw, ya Rasulullah kapan doa kita didengar? Rasul menjawab, di ujung malam dan diakhir sholat.

Doa setelah sholat fardhu + bacaan dzikir (arab, latin, terjemah, makna)

Banyak redaksi hadits yang menganjurkan untuk doa-doa setelah sholat. Para ulama juga telah menulis wirid-wirid kusus berkaitan tentang hal tersebut.

Berikut akan kita rangkum beberapa doa setelah sholat, yang kita kutip dari kitab Al Adzkar Imam Nawawi.

1. Membaca istighfar 3 kali

اَسْتَغْفِرُاللهَ اَسْتَغْفِرُاللهَ اَسْتَغْفِرُاللهَ

Latin: Astaghfirullah, astaghfirullah, astaghfirullah

Artinya: aku mohon ampun kepada Allah, aku mohon ampun kepada Allah, aku mohon ampun kepada Allah,

2. Membaca zikir

اَللّهُمَّ اَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَاذَاْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Latin : Allahumma antassalam wa minkas salam tabarakta ya dzaljalli wal ikram.

Artinya: Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelek-helekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan kerusaman) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Zat Yang Maha Agung dan Maha baik.( H.R Muslim)

Dzikir diatas adalah dzikir yang dibaca Rasulullah ketika selesai dari sholat

3. Membaca:

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ اَللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلَا يَنْفَعُ ذَاالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Latin: La ilaha illallah wahdahu la syarikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyi wayumiit, wahua ‘ala kulli syai’in qadiir. Allahumma la mani’a lima a’thaita wala mu’thia lima mana’ta wala yanfa’u dzal jaddi minkal jadd

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Allah tidak ada sekutu baginya, baginya kerajaan baginya kepujian Dia yang menghidupkan dan memeatikan. Dan Dia atas segalanya maha kuasa. Ya Allah tidak ada yang mampu menegah jika engkau memberi dan tidak ada yang memberi jika engkau menegah, dam tidak ada yang member manfaat selain engkau (H.RBukhari)

4. Membaca:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ، لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الْفَضْلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ

Latin: La ilaha illallah wahdahu la syarikalah lahul mulku walahul hamdu wahua ‘ala kulli syai’in qadiir wala haula wala quwwata illa billah lailaha illallah wala na’budu illa iyyahu lahun ni’matu walahul fadhlu walahuts tsana’ul hasan la ilaha ilallah mukhlishiina lahud diin walau karihal kafiruun

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Allah tidak ada sekutu baginya, baginya kerajaan baginya kepujian Dia yang menghidupkan dan memeatikan. Dan Dia atas segalanya maha kuasa . Tidak ada daya dan upaya melainkan Allah Tidak ada tuhan melainkan Allah kami tidak kami menyembah melainkan dia dan selalu kami membersihkan diri untuk agam walaupun orang kafir tidak menyukainya. (H.R.Muslim)

5. Membaca tasbih, tahmid, dan takbir masing-masing 33 kali

Seperti dalam hadits

مَنْ سَبَّحَ اللَّهَ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَحَمِدَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَكَبَّرَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ فَتْلِكَ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ وَقَالَ تَمَامَ الْمِائَةِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ غُفِرَتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ
Latin: Man sabbahallah fi duburi kulli shalatin tsalatsan watsalatsina wa hamidallah tsalatsan watsalatsina wakabbarallah tsalatsan watsalatsina fatilka tis’atun watis’una waqala tamamal miati Laa ilaaha illallaåh wahdahu laa syarikalah, lahul mulku, walahul hamdu, wahuwa ‘ala kulli syay-in qådiir ghufirat khathayahu wain kanat mitsla zabadil bahri

ArtinyaBarangsiapa yang mengucap tasbih kepada Allah setelah shalat 33kali tahmid 33kali takbir 33kali dan disempurnakan dengan ucapan La ilaha illallah wahdahu la syarikalah lahul mulku walahul hamdu wahua ‘ala kulli syai’in qadiir niscaya diampunkan segala dosanya meskipun sebanyak buih dilautan ” (HR. Muslim)

6. Membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas

7. Membaca doa yang diajarkan nabi Saw kepada Mu’adz ra

اَللَّـهُمَّ اَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Latin: Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wasyukrika wahusni ‘ibadatik

Artinya: Ya Allah bantulah aku diatas menyebutMu dan bersyukur kepadaMu dan berbuat baik kepada hambaMu

8. Membaca doa

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

Latin: Allahumma inni a’udzubika minal kufri wal faqri wa a’udzubika min ‘adzabil qabri

Artinya: Ya Allah sungguh aku memohon lindung kepadaMu dari kekafiran kefaqiran dan dari azab qubur

Doa setelah sholat sunnah umum

Kebanyakan dari kitab-kitab turats kita temukan banyak dzikir dan doa yang anjurkan untuk dibaca setelah sholat fardu, namun sedikit yang anjurannya terhadap sholat sunah.

Setelah kita amati ternyata bacaan wirid setelah sholat fardhu juga bisa diamalkan setelah sholat sunat secara umum, yaitu bacaan yang delapan diatas, terkecuali sholat sunah yang bacaannya kusus, nanti akan kita jelaskan kedepannya.

Doa setelah sholat dhuha (arab, latin, terjemah, dan makna)

Ada banyak rahasia dan keutamaan yang dikandung dibalik sholat dhuha, diantaranya yaitu:

  1. Menjadi sedekah bagi tubuh
  2. Mendapat rumah dalam surge
  3. Pahala umrah
  4. Diampuni dosa

Maka dari itu perlu kita ketahui doa yang harus diucap setelah sholat dhuha.

Bacaan doanya sebagaiman yang kita temukan dalam kitab hasyiah jamal adalah

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Latin: Allahumma innadh dhuha’a dhuhauka wal baha a bahauka waljamala jamaluka wal quwwata quwwatuka wal qudrata qudratuka wal ‘ishmata ‘ishmatuka allahumma in kana rizqi fis sama’I fa anzilhu wa in kana fil ardhi fa akhrijhu wain kana mu’assiran fayassirhu wain kana haraman fathahhirhu wain kana ba’idan faqarribhu bihaqqi dhuhaika wa bahaika wajamalika waquwwatika aatini ma ataita ‘ibaadakash shalihin

Artinya: Ya Allah sesungguhnya waktu duha adalah dhuhamu dan keagungan adalah keagunganMu dan keindahan adalah keindahanMu, dan kekuatan adalah kekuatanMu dan kekuasaan adalah kekuasaanMu dan penjagaan adalah penjagaanMu. Ya Allah jika rezkiku masih dilangit turunkanlah, jika dibumi keluarkanlah, jika masih sulit permudahlkanlah, jika haram sucikanlah, jika jauh dekatkanlah dengan waktu dhuhaMu, keagunganMu, keindahanMu, kekuatanMu, kekuasaanMu, berikanlah apa yang telah Engkau beri untuk hambaMu yang salih.

Doa setelah sholat hajat (arab, latin, terjemah, dan makna)

Ketika kita mempunyai kebutuhan namun belum menemukan solusi yang tepat bagi problem kita, sepatutnya kita melakukan sholat hajat dan memohon pertolonganNya.

Dibawah ini akan kita terakan doa sholat hajat sebagaimana yang tertulis dalam kitab al azkar imam Nawawi

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Latin: La ilaha illallahul haliimul kariim subhanallah rabbil ‘arsyil ‘adhim alhamdulillahi rabbil ‘alamin asaluka muujibati rahmatik, wa ‘azaima maghfiratik wal ganimata min kulli birr, was salamata min kulli itsm, la tada’ lana dzanban illa ghafartah wala hamman illa farrajtah, wala haajatan hiya laka ridha illa qadhaitaha ya arhamarr rahimiin

Artinya: Tidak ada tuhan kecuali Allah yang maha lembut dan mulia maha suci Allah pemilik arsy yang agung segala puji bagi Allah tuhan seluruh alam aku mohon kepadaMu perkenaan rahmatMu, dan curahan keampunanMu dan perbendaharaan dari tiap-tiap kebaikan jangan Engkau sisakan dosa kecuali mendapat ampunan, jangan Engkau sisakan susah kecuali mendapat kelapangan jangan Engkau beri kebutuhan kecuali mendapat ridhaMu wahai yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Doa setelah sholat Tarawih (arab, latin, terjemah, dan makna)

Sholat tarawih adalah symbol dari kekuatan persatuan umat islam di bulan Ramadhan, dimana harinya kita berpuasa dan malam nya melaksanakan sholat bersama.

Akan tetapi ketika kita harus sholat dirumah karena ada halangan tertentu, maka sudah sepatutnya kita juga harus bisa membaca doa setelah sholat tarawih, berikut doanya.

اَللَّهُمَّ اجْعَلْناَ بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنْ، وَلِلْفَرَآئِضِ مُؤَدِّيْنَ، وَلِلصَّلَاةِ حَافِظِيْنَ، وَلِلزَّكاَةِفَاعِلِيْنَ، وَلِمَاعِنْدَكَ طَالِبِيْنَ، وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ، وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ، وَعَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضِيْنَ، وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ، وَفِى الْأَخِرَةِ رَاغِبِيْنَ، وَبِالْقَضَآءِ رَاضِيْنَ، وَلِلنَّعْمَآءِ شَاكِرِيْنَ،

وَعَلَى الْبَلَآءِ صَابِرِيْنَ، وَتَحْتَ لِوَآءِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَآئِرِيْنَ، وَاِلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ، وَاِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ، وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ، وَعَلَى سَرِيْرِ الْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ،

وَمِنْ حُوْرٍ عِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ، وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ، وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آَكِلِيْنَ، وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفَّى شَارِبِيْنَ، بِأَكْوَابٍ وَاَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مَنْ مَعِيْنٍ، مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ،

وَحَسُنَ أُوْلَئِكَ رَفِيْقًا، ذَلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هَذَا الشَّهْرِ الشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَآءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ، وَلاَ تَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَآءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، بِرَحْمَتِكَ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Latin: Allahummaj’alna bil imani kamilin walil faraidhi muaddin walishshalati hafidhin waliz zakati fa’ilin walima ‘indaka thalibin wali ‘afwika rajin wabil huda mutamassikin wa ‘anil laghwi mu’ridhin wafid dunya zahidin wafil akhirati raghibin wabil qadhai radhin walin ni’maisy syakirin. Wa ‘alal balai shabirin wa tahta liwai saydina muhammadin shallallahu ‘alaihi wasallama yaumal qiyamati saairin wa ilal haudhi waridin wailal jannati dakhilin wa ‘anin nari najin wa ‘ala sariril karamati qaidin wamin huurin ‘ainin mutazawwijin wamin sundusin waistabraqin wadibajin mutalabbisin wamin thaamil jannati akilin wamin labanin wa ‘asalin mushaffan syaribin bi akwabin wa abariqa wa ka’sin min ma’in ma’al ladzina an’amta ‘alaihim minan nabiyyina washiddiqina wasy syuhadai washshalihin wa hasuna ulaika rafiqa dzalikal fadhlu minallahi wa kafa billahi ‘alima allahummaj’alna fi hadzihil lailatisy syahri syarifatil mubarakati minas su’adai maqbulin wala taj’alna minal asyqiyail mardudin washallalahu ‘ala saydina muhammadin wa alihi wa shahbihi ajma’in birahmatika ya arhamar rahimin

Artinya: Ya Allah sempurnakan iman kami dan jadikan kamim orang yang mengerjakan kewajiban yang mengerjakan shalat yang menunaikan zakat dan yang memohon selalu padaMu dan mengharap kemaafanMu dan berpegan atas petunjukMu dan berpaling dari hal sia-sia dan zhud pada dunia tapi gemar untuk akhirat dan ridha atas ketetapanMu dan bersyukur pada segala nikmatMu, bersabar atas segala cobaan selalu berada dibawah panji Rasulullah Saw pada hari kiamat. Yang minum air dalam kolam surga yang masuk dalam syurda dan terlepas dari neraka dan duduk diatas ranjang kemuliaan yang menikah dengan para bidadari yang memakai pakaian dari sutra dan perak yang mencicipi makanan suurga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui.

Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam

Doa setelah sholat tahajud (arab, latin, terjemah, dan makna)

Kualitas penghambaan kita kepada Allah yang paling tinggi adalah ketika tidak seorangpun melihat kita, hanya ada kita dan Allah, waktu tersebut hanya bisa kita dapatkan diwaktu tahjjud

Dibawah ini akan kita sebutkan doa setelah tahjjud yang kita ambil dari sumber terpercaya

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

 اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Latin: Allahumma lakal hamdu anta qayyim samawati wal ardhi waman fihinna walakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi waman fihinna walakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi waman fihinna walakal hamdu antal haq wawa’dukal haq waqaulukal haq wal jannatu haq wan naru haq wan nabiyyuna haq muhammadun shallalahu ‘alaihi wasallam haq was sa’atu haq. Allahumma laka aslamtu wabika amantu wa’alaika tawakkaltu wailaika anabtu wabika khaashamtu wailaika hakamtu faghfirli ma qaddamtu wama akhkhartu wama asrartu wama a’lantu wama anta a’lamu bihi minni antal muqaddimu waantal muakhkhir la ilaha illa anta wala haula wala quwwata illa billah

Artinya: Ya Allah bagimu kepujian yang mengurus langit dan bumi dan seluruh isinya.bagimu kepujian engkau pemilik langit dan bumi dan isinya bagiMu kepujian Engkaulah nur langit dan bumi serta seluruh isinya bagiMu kepujian Engkaulah yang benar janjiMu benar perjumpaanMu benar ucapanMu benar surge benar neraka benar dan Nabi Muhammad benar dan hari kiamat adalah benar.Ya Allah bagiMu aku berislam dan bagiMu aku berimandan padaMu aku aku berserahdan kepadaMu aku aku bergantung maka ampunilah dosaku baik yang telah lalu dan yang akan datang baik yang tersembunyi maupun yang terang-terangan dan engkau lebih mengetahui darpada aku Engkaulah yang awal dan Engkaulah yang akhir tidak ada tuhan selain Engkau dan tidak ada daya dan upaya kecuali dengan Allah

Doa setelah sholat witir (arab, latin, terjemah, dan makna)

Sholat witir juga termasuk kedalam sholat yang muakkadah yaitu sholat yang tingkat anjurannya tinggi, maka alangkah baiknya kita ketahui doa setelah selesai sholat witir. Berikut doanya

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ
اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Latin: Allahumma inna nasaluka iimanan daaiman wanasaluka qalban khasyi’an wa nasaluka ‘ilman nafi’an wanasaluka yaqinan shadiqan wanasaluka ‘amalan shaliha wanasaluka diinan qayyima wanasaluka khairan katsira wanasalukal ‘afwa wal ‘afiah wanasaluka tamamal ‘afiah wanasaluksy syukra ‘alal ‘afiyah wanasalukal ghinaa ‘anin nas. Allahumma rabbana taqabbal minna shalatana washiyamana waqiyamana watakhasysyu’ana watadharru’ana wata’abbudana watammim taqshirana ya Allah ya Allah ya Allah ya arhamar rahimin washallallahu ‘ala khairi khalqihi Muhammadin wa ‘ala alihi washahbihi ajma’in walhamdulillahi rabbil ‘alamin

Artinya: Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepadamu iman yang sempurna, hati yang tenang, ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar, amal yang salih, agama yang lurus, kebaikan yang banyak, kesehatan dan kemaafan, kesehatan yang sempurna syukur diatas ‘afiyah dan tidak bergantung pada ,manusia. Ya Allah tuhan kami terimalah shalat kami puasa kami, kekhusyu’an kami ibadah kami, dan sempurnakan kekurangan kami ya Allah ya Allah ya Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.semoga rahmat dan sejahtera atas penghulu kita nabi Muhammad Saw dan atas keluarganya dan sahabatnya sekalian.

Doa versi singkat setelah shalat

Doa yang telah kita sebutkan diatas adalah doa yang telah disusun oleh para Ulama kita semenjak dahulu, akan tetaapi jika waktu kita terbatas untu berdoa secara sempurna, ada baiknya kita luangkan sedikit waktu untuk membaca doa, yang disertai dengan bacaan latin dan terjemahannya vesi singkat yang dibawah ini.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ

يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَسَلِّمْ وَرَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْ كُلِّ صَحَابَةِ رَسُوْلِ اللهِ أَجْمَعِيْنَ

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ

وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

اَللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِي سَكَرَةِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

اللَّهُمَّ اغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَ ذُنُوْبَ وَالِدَيْنَا وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانَا صِغَارًا

رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا

رَبَّنَا ظَلَّمْنَا أَنْفُسَنَا فَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارَكَ وَسَلَّمَ

سُبْحاَنَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Latin: Alhamdulillahi rabbil ‘alamin hamdan yuwafi ni’amahu wa yukafiu mazidah. Ya rabbana lakal hamdu kama yanbaghi lijalali wajhikal karimi wa ‘adhimi sulthanik. Allahumma Shalli ‘ala sayyidina muhammadin wasallim waradhiallahu ta’ala ‘an kulli shahabatin rasulillahi ajma’in. allahumma inna nasaluka salamatan fid diin wa ‘afiatan fil jasad wa ziyadatan fil ‘ilmi wabarakatan fir rizqi wataubatan qablal maut warahmatan ‘indal maut wamaghfiratan ba’dal maut. Allahumma hawwin ‘alaina fi sakaratil mauti wan najati minan nari wal ‘afwi ‘indal hisab. Allahumma ighfir lana dzunubana wadzunuba walidina warhamhuma kama rabbayana shighara. Rabbana la tuzigh qulubana ba’da idz hadaitana wahab lana min ladunka rahmatan innaka antal wahhab. Rabbana hab lana min azwajina wadzurriyyatina qurrata a’yun waj’alna lilmuttaqina imama. Rabbana dlalamna anfusana fain lam taghfir lana watarhamna lanakunanna minal khasirin. Rabbana aatina fid dunya hasanah wafil akhirati hasanah waqina ‘adzaban nar. Washallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa’ala alihi washahbihi wabaraka wasallam. Subhana rabbika /rabbil ‘izzati ‘amma yashifun wasalamun ‘alal mursalin walhamdulillahi rabbil ‘alamin

Artinya: Segala puji bagi Allah tuhan sekalian alam pujian yang yang menunaikan sekalian nikmat dan mencukupkan segala karunia. Wahai tuhan kami bagiMu pujian sebagaimana sepantasnya karena kebesaran zat Mu yang mulia dan keagungan kerajaanMu. Ya Allah berilah rahmat dan sejahtera atas penghulu kita nabi Muhammad dan berilah ridha atas nya dan keluarganya juga sahabatnya sekalian. Ya Allah kami mohon padMu keselamatan dalam agama, kesehatan tubuh tambahan pada ilmu, keberkatan pada rezki, penerimaan taubat sebelum maut, kasih sayang ketika maut, dan keampunan setelah maut. Ya Allah permudahkanlah kami dalam menghadapi sakrataul maut dan kelepasan dari neraka, dan kemaafan ketika hisab. Ya Allah ampunilah dosa kami dan dosa kedua orangtua kami sebagaimana mereka mendidik kami dari kecil. Ya Allah janggan ragukan hati kami setelah engkau beri petunjuk dan berilah kepada kami dariMu kasih sayang, sesungguhnya engkau maha pemberi. Ya Tuhan kami berilah kami istri dan anak-anak yang menjadi permata hati lah imam bagi yang bertakqwa. Ya Tuhan kami kami telah mendhalimi diri maka jika engkau tidak mengampuni dan menyayangi sungguh kami termasuk orang-orang yag rugi. Ya Tuhan kami berilah kami kebikan didunia dan kebaikan diakhirat, dan jauhkanlah kami dari siksa neraka. Dan semoga rahmat Allah dam sejahtera atas penghulu kita nabi Muhammad Sawdan ats keluarganya dan sahabatnya sekalian. Maha suci tuhanmu Tuhan yang maha megah dan semoga rahmat tercurahkan kepada segala Rasul dan segala puji bagi Tuhan pemilik sekalian alam.

Penutup

Sholat adalah amal yang paling sakral dan utama dalam agama islam, seluruh aspek yang berkaitan dengan sholat tentu haruslah diperhatikan sebaik mungkin.

Doa merpakan jalan bagi kita untuk menghambakan diri kepada pencipta, Allah telah memerintahkan kita untuk berdoa disetiap situasi dan kondisi, tiadk luput juga ketika selesai sholat.

Membaca doa setelah sholat termasuk dalam menjaga hubungan baik kita dengan Allah, karena kita berdoa dalam waktu yang sangat cepat diperkenankan. Namun jika tidak mempunyai waktu untu membaca seluruh wirid dan doa secara lengkap jangan sampai ketinggalan untuk berdoa walau sedikit. Semoga apa yang kita harapkan dam mohom pada Allah segera dikabulkan oleh Allah dan diberikan yang terbaik untuk kita Aminn.

 

JANGAN KETINGGALAN
EMAIL EKSLUSIF
Dapatkan email-email terbaik langsung ke inbox kamu dari hasana.id
Subscribe!
in syaa Allah manfaat 🙂

Artikel ini bermanfaat? Ditunggu ya komentarnya :p