Kumpulan Doa Sehari-Hari Lengkap dalam Arab dan Latin

Dalam agama Islam, setiap kegiatan atau aktivitas yang akan dilakukan harus diawali dengan menyebut asma Allah Swt. Tidak heran jika sedari kecil, umat muslim sudah diajarkan untuk menghafal dan memahami sejumlah doa sehari-hari.

Nah, terkait hal tersebut kali ini Hasana.id akan membantu kamu untuk mengetahui apa saja doa-doa yang wajib untuk diucapkan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Kumpulan doa sehari-hari yang sudah dirangkum Hasana.id berikut juga dilengkapi dengan artinya sehingga kamu bisa memahami apa maksud dari doa tersebut. Kira-kira apa saja sih doa sehari-hari yang wajib untuk dihafal dan diamalkan ?

Doa Sebelum Makan

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, agama Islam memiliki aturan tersendiri dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sesuai dengan syariat.

Tidak terkecuali saat kamu hendak menyantap makanan yang diwajibkan untuk mengucap basmalah. Namun, terdapat doa khusus yang dapat diucapkan sebelum menikmati makanan.

Mungkin banyak dari kamu yang masih belum memahami mengapa agama Islam mengharuskan umat-Nya untuk mengucapkan doa sebelum makan.

Sebagai tambahan informasi, mengucapkan doa sebelum makan juga menghindarkanmu dari gangguan setan yang ikut makan. Setan yang ikut makan bersama justru membawa kerugian.

Selain itu, mengucap doa sebelum melahap sajian yang terhidang juga menjadi salah satu cara untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah Swt. sekaligus memohon agar makanan tersebut dapat memberikan berkah.

Adapun bunyi dari doa sebelum makan adalah:

للّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Alloohumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa ‘adzaa bannar

Artinya:

“Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka”

Doa Sesudah Makan

Selain doa sebelum makan, kamu juga harus mengucapkan hamdalah atau doa sesudah makan jika telah menghabiskan makanan. Tidak jauh berbeda dengan doa sebelum makan yang dimaksudkan untuk bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah Swt., doa harian satu ini juga menjadi salah satu permohonan agar Allah Swt. mampu memberikan kebaikan.

Sebagai tambahan informasi, keberkahan yang diberikan oleh Allah Swt. setelah menyantap makanan bisa saja terdiri dari hal-hal kecil yang mungkin tidak pernah kamu sadari sebelumnya.

Misalnya saja merasa lebih segar dan kenyang setelah makan. Berbeda lagi jika Allah Swt. Tidak memberkahi.

Biasanya, orang-orang yang tidak diberikan berkah setelah makan kerap merasa mengantuk atau bahkan lemas. Hal tersebut bisa jadi pertanda kalau orang itu telah makan bersama setan. Maka dari itu, jangan sampai lupa melakukan adab makan dengan benar agar tidak merugi.

Doa sesudah makan berbunyi:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam”

Doa Sesudah Minum

Air merupakan salah satu sumber kehidupan. Bahkan, manusia bisa hidup tanpa makan tetapi tidak bisa hidup tanpa meminum air. Tidak heran jika dalam Islam terdapat doa khusus setelah minum.

Apa beda doa setelah minum dengan doa setelah makan? Doa sehari-hari satu ini adalah bentuk dari syukur kita terhadap nikmat Allah Swt. yang telah memberikan air minum. Apalagi air minum memiliki banyak manfaat. Mulai dari menyegarkan dahaga hingga membuat tubuh tetap segar dan terhidrasi.

Lebih lanjut, doa sesudah minum juga dibuat agar umat manusia mampu menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan, terutama sumber air minum. Adapun bunyi doa sesudah minum adalah:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Alhamdu lillaahil ladzi ja’alahuu ‘adzbam furootam birohmatihii wa lamyaj’alhu milhan ujaajam bidzunuubinaa

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami”

Doa Ketika Lupa Membaca Doa akan Makan

Mungkin banyak yang belum mengetahui jika terdapat alasan tersendiri mengapa Allah Swt. dan juga Nabi Muhammad saw. memerintahkan umat muslim untuk membaca doa sebelum makan.

Salah satunya adalah agar dihindarkan dari setan yang ikut makan. Dalam hadis riwayat muslim juga dijelaskan bahwa seseorang yang menelan makanan tanpa mengucap asma Allah Swt. sama saja memberi makan kepada setan.

Tidak hanya itu saja, makanan yang ditelannya pun tidak akan memberikan berkah. Maka dari itu, selalu ucapkan doa sebelum makan untuk mencegah setan makan dengan kita. Namun, bagaimana kalau lupa membaca doa sebelum makan dan baru teringat saat sudah di tengah-tengah proses makan?

Sungguh Maha Besar Allah Swt. atas segala kuasa-Nya yang memberikan kemudahan bagi hamba-Nya. Beruntung, agama Islam ternyata juga memiliki doa khusus bagi kamu yang lupa membaca doa sebelum makan dan baru mengingat di sela-sela menyantap makan.

Setelah mengucap doa ini, dijelaskan pula bahwa setan akan tersedak dan memuntahkan kembali makanan yang telah ikut dimakan bersama umat muslim sebelumnya.

Adapun doa tersebut berbunyi:

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya”

Doa Sebelum Tidur

Salah satu adab tidur yang diajarkan oleh agama Islam dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw. adalah membaca doa. Membaca doa harian sebelum tidur dapat menjagamu dari gangguan setan. Tidak hanya itu, membaca doa sebelum tidur juga dapat menghindarkanmu dari mimpi buruk.

Bicara soal tidur, kondisi satu ini merupakan kondisi yang bisa dibilang rawan bagi manusia. Pasalnya, saat tubuh tertidur, roh akan berada di alam mimpi. Tidak heran jika setan-setan menyasar tubuh tersebut untuk dimasuki.

Jika hal tersebut terjadi, tubuh manusia akan kerasukan dan melakukan hal-hal yang merugikan pemiliknya. Bahkan, tidak jarang setan tersebut tidak mau keluar dari tubuh manusia dan harus diusir dengan cara tertentu.

Adapun doa yang bisa dibaca sebelum tidur berbunyi:

بِسْمِكَ االلّٰهُمَّ اَحْيَا وَبِاسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismikallaahuma ahyaa wa bismika amuutu

Artinya:

“Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati”

Doa Bangun Tidur

Nabi Muhammad saw. juga menganjurkan umatnya untuk berdoa setelah ia terbangun dari tidurnya. Doa satu ini dimaksudkan sebagai rasa syukur kepada Allah yang telah menjaga dan melindungi tubuh kamu saat tertidur dari gangguan dan godaan setan terkutuk.

Lebih lanjut, Syekh Muhammad bin Shalih AL-Utsaimin menjelaskan bahwa pada saat manusia tidur sama saja dengan manusia tersebut berada dalam fase mati. Namun, berbeda dengan kematian yang merenggut nyawa, tidur merupakan kematian kecil.

Tidak heran jika hadis riwayat muslim tersebut juga menganjurkan umat muslim untuk memperbanyak bacaan zikir sebagai rasa terima kasih kepada Allah Swt. yang telah membangkitkanmu dari kematian kecil. adapun bunyi dari doa saat bangun tidur adalah:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Alhamdu lillahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaa tanaa wa ilahin nusyuuru

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan”

Doa Ketika Bermimpi Buruk

Pada saat sedang tertidur, manusia tidak memiliki kesadaran dan tidak dapat mengatur anggota tubuhnya. Apalagi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, saat tertidur, ruh manusia berada di alam mimpi. Beruntung jika kamu mendapatkan mimpi yang bagus dan baik.

Namun, tidak sedikit umat muslim yang kerap mendapat mimpi buruk dan membuatnya merasa takut. Tidak hanya itu, banyak orang yang bahkan sampai memikirkan mimpi buruk tersebut yang dapat membawa kerugian.

Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut terjadi, tidak ada salahnya untuk segera mengucapkan doa setelah terbangun dari mimpi buruk.

Membaca doa saat terbangun dari mimpi buruk juga dapat melindungimu dari rasa takut atau pun gangguan dari setan yang memperburuk rasa takut tersebut.

Selain membaca doa tersebut, kamu juga dapat memperbanyak istighfar, agar Allah mengampuni dosa kita. Adapun doa saat terbangun dari mimpi buruk berbunyi:

اَللّٰهُمَّ إِنّىِ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

Allaahumma innii a’uudzubika min ‘amalisy syaithaani wa sayyiaatil ahlami

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon perlindungan kepada Engkau dari perbuatan setan dan dari mimpi-mimpi yang buruk”

Doa Ketika Mendapat Mimpi yang Baik atau Bagus

Berbeda dari mimpi buruk yang kerap membuat banyak orang merasa ketakutan. Saat seorang hamba Allah Swt. mendapat mimpi baik tentu akan merasa senang bukan main. Namun, jangan lupa untuk mengucapkan doa juga setelah mendapatkan mimpi yang bagus.

Hal ini untuk mencegah kamu dari sifat sombong kepada Allah Swt. Tidak hanya itu saja, sifat sombong juga disukai oleh setan sehingga ia bisa mengganggu manusia lebih mudah.

Mengucap doa setelah mendapat mimpi baik juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw. dan menganggapnya sebagai syukur kita kepada Allah Swt. yang telah memberikan keberkahan dan kebaikan kepada hamba-Nya.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ قَطْلَ الْحَاجَتِ

Alhamdulillahil ladzii qodzoo haajaati

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi hajatku”

Doa Masuk Kamar Mandi

Selain masuk menggunakan kaki kiri, salah satu adab memasuki kamar mandi adalah diawali dengan mengucap doa.

Apalagi kamar mandi menjadi salah satu tempat yang paling disukai oleh setan dan keturunannya. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk menyebut asma Allah Swt. agar terhindar dari gangguan setan yang terkutuk.

Kamar mandi yang lembap dan menjadi area yang jais ini menjadi sarang setan yang dapat mencelakai manusia. Apalagi, umat manusia tidak diperbolehkan untuk berdzikir saat berada di dalam kamar mandi.

Bukan tidak mungkin saat berada di kamar mandi, auratmu akan dilihat oleh setan atau bahkan mendapat hal-hal yang tidak diinginkan.

Maka dari itu, agar auratmu tidak terlihat oleh mata setan dan senantiasa terlindungi dari bahaya yang diperbuat oleh setan, pastikan untuk mengucap doa yang berbunyi:

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Alloohumma Innii a’uudzubika minal khubutsi wal khoaaitsi

Artinya:

“Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan syetan laki-laki dan setan perempuan”

Doa Setelah Beristinja’

Istinja’ merupakan salah satu cara mensucikan diri dari kotoran atau najis. Siapa yang menyangka setelah beristinja’ ternyata umat muslim disarankan untuk mengucapkan doa khusus. Doa setelah beristinja’ ini ternyata dimaksudkan sebagai permohonan ampun kepada Allah Swt.

Tidak hanya itu saja, dalam doa tersebut seorang hamba Allah Swt. juga memohon agar Allah Swt. melindungi dirinya dan juga kemaluannya dari perbuatan-perbuatan maksiat. Adapun doa yang bisa kamu baca setelah beristinja’ adalah:

اَللّٰهُمَّ حَسِّنْ فَرْجِىْ مِنَ الْفَوَاخِشِ وَظَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ

Alloohumma thahhir qolbii minan nifaaqi wa hashshin fajrii minal fawaahisyi

Artinya:

“Wahai Tuhanku, sucikanlah hatiku dari sifat kepura-puraan (munafiq) serta peliharalah kemaluanku dari perbuatan keji”

Doa Keluar dari Kamar Mandi

Setelah selesai melakukan aktivitas di kamar mandi, jangan lupa untuk keluar menggunakan kaki kanan terlebih dahulu. Selain itu, pastikan untuk mengucapkan doa khusus keluar kamar mandi.

Mengucapkan doa seusai melakukan beberapa aktivitas di kamar mandi tidak hanya bertujuan untuk memohon ampunan kepada Allah Swt. saja.

Kamu juga dapat mengucapkan doa tersebut untuk meminta perlindungan agar setan-setan yang ada di kamar mandi tidak ikut menempel dan merugikanmu.

Selain itu, membaca doa sesuai menggunakan kamar mandi juga menjadi salah satu rasa syukur kepada Allah Swt. yang telah kembali mensucikan diri hamba-Nya dari kotoran dan najis.

Begini bunyi doa setelah keluar dari kamar mandi:

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annjil adzaa wa’aafaanii.

Artinya:

“Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”

Doa Menjelang Salat Subuh

Sepertiga malam adalah waktu yang mustajab untuk berdoa, memohon kepada Allah. Sepertiga malam sendiri memiliki durasi yang cukup panjang sampai sebelum adzan subuh berkumandang.

Selain dianjurkan untuk menegakkan salat sunah Tahajud, rupanya umat muslim juga disarankan untuk mengucapkan doa harian khusus.

Doa yang dilakukan sebelum mendirikan salat subuh ini dimaksudkan agar Allah memberikan perlindungan-Nya kepada kita.

Terutama dalam menjalani aktivitas di hari ini sekaligus saat hari kiamat tiba nanti. Doa sebelum salat subuh dianjurkan untuk dibaca sebanyak 10 kali sesuai dengan hadis riwayat Ibnu Majah.

Berikut adalah bunyi doa menjelang subuh:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنْ ضِيْقِ الدُّنْيَا وَضِيْقِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ

Alloohumma inni a’udzubika min dzhiiqid-dunyaa wa dzhiiqi yaumal-qiyaamati

Artinya:

“Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesempitan dunia dan kesempitan hari kiamat.”

Doa Menjelang Pagi

Selain membaca doa sebelum mendirikan salat subuh, kamu juga dapat mengamalkan doa menjelang pagi. Doa yang memohon kepada Allah Swt. agar diberikan kelancaran dalam menjalani hari ini bisa diamalkan setelah menunaikan salat subuh.

Tidak hanya itu saja, membaca doa harian satu ini juga dapat membantu membangkitkan semangat.

Adapun bunyi doa menjelang pagi adalah:

اَللّٰهُمَّ بِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Alloohumma bika ashbahnaa wa bika amsainaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikan nusyuuru

Artinya:

“Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu pagi dan waktu petang, dan karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali.”

Selain membaca doa di atas, ayat kursi juga dianjurkan untuk dibaca. Usut punya usut, membaca ayat kursi di pagi hari ternyata menjadi salah satu permohonan kepada Allah Swt. untuk selalu dilindungi dari gangguan-gangguan yang mungkin terjadi dari pagi hingga petang tiba.

Doa Menjelang Petang

Anjuran Nabi Muhammad saw. yang lain adalah mengamalkan doa harian di sore hari. Seperti yang telah diketahui, petang hari menjadi salah satu waktu peralihan dari hari yang terang ke malam yang gelap.

Tidak hanya itu saja, petang juga menjadi salah satu waktu di mana setan dapat berkeliaran dengan bebas dan lebih aktif.

Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk mengamalkan doa menjelang petang agar selalu dilindungi oleh Allah Swt. Tidak hanya itu saja, waktu petang ternyata juga termasuk ke dalam salah satu waktu paling mustajab untuk memanjatkan doa. Adapun bunyi dari doa tersebut adalah:

اَللّٰهُمَّ بِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

Alloohumma bika amsainaa wa bika ashbahnaa wa bika nahyaa wa bika namuutu wa ilaikal mashiir

Artinya:

“Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu petang dan waktu pagi, karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali.”

Setelah membaca doa tersebut, Nabi Muhammad saw. juga menganjurkan agar kamu melengkapinya dengan ayat kursi. Membaca ayat kursi saat petang dapat melindungi dari gangguan dan godaan setan terkutuk mulai dari petang hingga pagi menjelang.

Doa Masuk ke Rumah

Rumah menjadi salah satu tempat ternyaman dan teraman bagi umat manusia. Apalagi kamu dapat melakukan beragam aktivitas dan bercengkrama dengan keluarga tersayang.

Namun, sebelum memasuki rumah, pastikan untuk membersihkan diri terlebih dahulu dan mengamalkan sebuah doa harian khusus.

Hal ini dilakukan agar hal-hal buruk atau setan yang menempel saat kamu berada di luar rumah tidak ikut masuk. Selain itu, berdoa sebelum memasuki rumah juga dapat membawa keberkahan. Hal tersebut tertera pada QS An-Nur ayat 61 yang berbunyi:

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

Faidza dakholtum buyuutan fasallimuu ‘alaa anfusikum tahiyyatan min ‘indillaahi mubaarokatan thoyyibatan

Artinya:

“Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah- rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” (QS. An Nur: 61)

Nah, adapun bunyi dari doa masuk ke rumah adalah:

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”

Doa Keluar Rumah

Mungkin tidak sedikit dari kamu yang sudah diajarkan untuk berpamitan sebelum keluar dari rumah. Namun, sebagai umat muslim ada baiknya untuk mengamalkan doa sebelum keluar rumah seperti yang telah disarankan oleh Nabi Muhammad saw.

Membaca doa keluar rumah dipercaya dapat melindungimu selama berada di luar dari mara bahaya atau godaan setan yang terkutuk.

Tidak hanya itu saja, membaca doa harian satu ini sebelum meninggalkan rumah juga memberikan keutamaan tersendiri. Salah satunya adalah mendapat petunjuk dari Allah Swt. seperti yang dijelaskan pada hadis riwayat Abu Daud no. 5906, Turmudzi no. 3426 yang berbunyi:

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

Idzaa khorojarrojulu min aitihifaqaala bismillahi tawakkaltu ‘alallaahi, laahuula walaa quwwata illaabillaahi, qola: yuqaluhiinaidzin: hudiita, wakufita, wawuqiita, fatatanahhalahusysyayaathiinu, fayaquulu lahu syaithoonun akhoru: kaifalaka birojulin qod hudiya wakufiya wawuqiya?

Artinya:

Maka disampaikan kepadanya, ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’

Keistimewaan lainnya bagi pengamal doa sebelum keluar rumah adalah mendapatkan rezeki yang tak terduga dari Allah Swt.

Allah Swt. pun juga menjamin siapa saja yang membaca doa sebelum meninggalkan rumahnya akan dicukupkan kebutuhannya seperti yang tertulis pada ayat QS Ath-Thalaaq ayat 3 yang berbunyi:

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ

Waman yatawakkal ‘alallaahi fahuwa hasbuhu innallaha baalighu amrihi

Artinya:

“Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (segala keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya” (QS ath-Thalaaq: 3)

Adapun doa sebelum keluar rumah yang bisa kamu amalkan berbunyi:

ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺗَﻮَﻛَّﻠْﺖُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ، ﻟَﺎ ﺣَﻮْﻝَ ﻭَﻟَﺎ ﻗُﻮَّﺓَ ﺇِﻟَّﺎ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ

Bismillaahi tawakkaltu ‘alalloohi laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan pertologan Allah.”

Doa Ketika Bercermin

Kaum hawa menjadi salah satu kaum yang paling suka melihat keindahan dan kecantikan dirinya. Tidak heran jika saat melihat kaca atau cermin secara otomatis mereka akan langsung berdiri di depannya.

Namun, berlama-lama berdiri di depan kaca sembari memuji kecantikan diri sendiri tidak dibenarkan dalam Islam.

Hal tersebut juga menjadi salah satu hasutan dari setan yang terkutuk maka dari itu, agar terhindar dari godaan setan saat hendak bercermin, jangan sampai lupa dalam mengamalkan doa harian satu ini:

اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ

Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya:

“Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku”

Membaca doa sebelum bercermin memberikan sejumlah keutamaan. Salah satunya adalah terhindar dari rasa sombong dan merasa bahwa dirinya merupakan manusia paling sempurna.

Selain itu, membaca doa sebelum bercermin juga dapat digunakan untuk bersyukur kepada Allah Swt. karena telah memberikan kebaikan-Nya kepada kamu.

Nah, di antara kumpulan doa sehari-hari yang telah Hasana.id cantumkan di atas, mana yang belum kamu hafalkan? Akan sangat baik jika kamu telah menghafal semua doa di atas.

Namun, bagi yang belum menghafalkannya jangan sampai malas untuk mempelajari dan menghafalkannya mulai dari sekarang.

Apalagi membaca doa sehari-hari yang telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw. juga memberikan banyak kebaikan dan keutamaan bagi pengamalnya. Jadi, jangan sampai terlupa untuk berdoa sebelum dan sesudah beraktivitas, ya!

Source:

https://islam.nu.or.id/kanal/61/doa

https://www.doaharianislami.com/2017/06/kumpulan-doa-sehari-hari-lengkap-dalam-bahasa-arab-latin-dan-artinya.html

https://islam.nu.or.id/post/read/66621/doa-setelah-minum-air

 

Artikel ini bermanfaat? Ditunggu ya komentarnya :p