Anjuran Membaca Doa Keluar Rumah Sebelum Bepergian

Doa merupakan salah satu ikhtiar terbaik bagi seorang muslim. Setiap akan memulai suatu kegiatan maupun akan mengakhirinya selalu diperintahkan untuk membaca doa. Pun saat ingin keluar rumah dan saat akan masuk ke dalam rumah.

Doa keluar rumah sangat dianjurkan untuk dibaca dengan benar ketika akan bepergian.

Membaca doa sebelum keluar rumah ditujukan agar Allah melindungi perjalananmu dan memberikan rasa aman kepadamu saat berada dalam perjalanan nantinya.

Hukum membaca doa keluar rumah tidaklah wajib, melainkan sunnah. Namun alangkah baiknya jika kamu bisa mendapatkan kebaikan dengan membacanya.

Tak hanya kamu saja yang ingin dilindungi Allah dalam setiap perjalanan. Namun Hasana.id pun juga menginginkannya.

Oleh karena itu agar kita semua tahu bagaimana bunyi dan lafadz doa keluar rumah serta bagaimana tata cara membacanya, mari simak bersama pembahasa Hasana.id kali ini.

Bacaan Doa Keluar Rumah

Rasulullah saw telah mensunnahkan untuk membaca doa setiap kali pergi keluar rumah. Doa keluar rumah ini dibaca agar saat meninggalkan rumah, kita tidak melakukan hal-hal yang buruk.

Selain itu, agar terhindar dari maksiat serta terhindar dari perkara buruk lainnya yang dapat menimpa diri kita.

Doa ini sangat penting untuk kamu ketahui serta sangat tepat untuk dipraktekkan agar kegiatan atau perjalanan saat berada di luar rumah mendapat perlindungan Allah swt.

Lantas bagaimana sebenarnya bunyi bacaan doa keluar rumah itu?

Berikut Hasana.id tuliskan doa keluar rumah dalam bahasa arab, bacaan dalam tulisan latin lengkap dengan terjemahannya.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ ولا قوّة إلاَ باللهِ

Bismillaahi tawakkaltu ‘alalloohi laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi

Artinya:

“Dengan menyebut nama Allah swt aku bertawakal kepada-Nya, tiada daya dan kekuatan melainkan dengan Allah.

Amalan Sunnah Saat Akan Keluar Rumah

Selain membaca doa, ada beberapa amalan sunnah yang dilakukan sebelum bepergian sesuai dengan anjuran Rasulullah saw.

Shalat Dua Rakaat Sebelum Keluar Rumah

Mengerjakan shalat sunnah dua rakaat termasuk cara yang dapat membuat kamu terhindar dari kecemasan, kesulitan dan bencana saat bepergian.

Yang demikian ini berdasarkan sabda Nabi saw:

إذا خرجت من منزلك فصل ركعتين تمنعانك مخرج السوء ، وإذا دخلت منزلك فصل ركعتين تمنعانك مدخل السوء

Idzaa kharajta minal manzilika fa shalli rak’ataini tamna’aanaka makhrajas suu’i, wa idzaa dakhalta manzilaka fa shalli rak’ataini tamna’aanaka madkhalas suu’i

Artinya:

“Bila kamu hendak pergi keluar rumah dan melakukan shalat dua rakaat, maka Allah Swt akan melindungimu dari keburukan dan masalah dari luar.

Jika kamu kembali dan memasuki rumah dan mengerjakan shalat dua rakaat, maka kamu akan terlindung dari keburukan dan masalah yang ada di dalamnya. (HR. Al-Bazzar dalam sunannya)

Membaca Doa Keluar Rumah

Untuk lafadz bacaan doa keluar rumah sebagaimana yang telah Hasana.id tuliskan di atas.

Mengangkat Pandangan ke Langit

Selain membaca doa, baginda Nabi saw juga menganjurkan apabila hendak keluar rumah terlebih dahulu mendongakkan kepala sambil memandang ke arah langit dan membaca doa berikut.

أَللهمَّ إِنِّى أعُوذُبِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أجهل أَوْ يُجْهَلَ عليّ

Allahumma inni a’udzu bika an a dhilla aw udholla aw azilla aw uzall aw azhlima aw uzhlama aw ajhala aw yujhala ‘alayya

Artinya:

“Wahai Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ketersesatan, menyesatkan, tergelincir, digelincirkan, mendhalimi, didhalimi, kebodohanku dan dibodohi.”

Keluar Rumah dengan Kaki Kanan

Setelah selesai membaca doa keluar rumah dan sesuai dengan tuntunan sunnah Rasul saw, maka awali dengan melangkah menggunakan kaki kanan terlebih dahulu.

Hal ini karena kaki kanan digunakan untuk memulai segala sesuatu dari perbuatan yang baik, termasuk tangan kanan.

Bacaan Doa Masuk Rumah

Ketika memasuki rumah kita disunnahkan untuk mengucapkan basmalah dan salam. Ini dimaksudkan agar setan yang ada di dalam rumah merasa tidak betah dan tidak nyaman sehingga mereka segera pergi.

Jika setan ikut tinggal di rumah, maka rumah  akan terasa seram, berhawa panas, dan akan diliputi banyak masalah keluarga.

Selain mengucapkan basmalah dan salam disunnahkan juga untuk membaca doa masuk rumah.

Berikut ini Hasana.id tuliskan lafadz doa masuk rumah lengkap dengan tulisan latinnya dan maknanya.

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ وبِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى الله رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji wa bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa

Artinya:

“Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebaikan pada tempat masuk dan kebaikan pada tempat keluar. Dengan menyebut nama Allah kami masuk dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan hanya kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.”

Adab Masuk Rumah

Mengetuk Pintu dengan Tidak Terlalu Keras

Dianjurkan kepada para muslim mengetuk pintu rumahnya terlebih dahulu saat akan masuk dengan tidak terlalu keras atau bisa dengan memencet bel pintu dengan tenang dan tidak berisik jika ada.

Hindari mengetuk pintu dengan keras atau menggedor pintu serta mengetuk pintu rumah bersamaan dengan memencet bel terus-menerus.

Jika kamu melakukan yang demikian pasti akan sangat mengganggu pemilik rumah.

Mengucapkan Salam

Ucapkan salam ketika akan masuk rumah. Dengan mengucapkan salam maka akan memberikan tanda kepada mereka yang ada di dalam rumah kalau ada orang yang datang.

Dengan mengucapkan salam bisa saling mendoakan dan menumbuhkan jiwa kasih sayang di dalam rumah, serta akan menambah keakraban dan mendapatkan keberkahan dari Allah.

Memberikan Isyarat kepada Penghuni Rumah

Meski kamu sudah mengetuk pintu dan mengucap salam, terkadang sang pemilik rumah tidak sadar dengan kehadiranmu.

Maka jika demikian, sebaiknya kamu memberikan sebuah isyarat ataupun tanda dari kedatanganmu dengan cara berdehem, menghentakkan kaki, ataupun dengan membunyikan bunyi-bunyian secara halus agar tidak mengagetkan.

Membaca Doa Masuk Rumah

Untuk lafadz dan bacan doa masuk rumah sebagaimana Hasana.id tuliskan di atas.

Menggunakan Siwak

Bersiwak merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan mulutmu selain itu juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut.

Bersiwak sebelum memasuki rumah merupakan sunnah Nabi saw. Namun saat ini, anjuran memakai siwak ini tampaknya sangat sedikit diamalkan oleh kaum muslimin.

Selain bermanfaat untuk kebersihan mulut, menggunakan siwak juga akan memberi rasa senang kepada penghuni rumah, karena mereka akan merasa nyaman saat kamu bercengkrama bersama.

Masuk dengan Mendahulukan Kaki Kanan

Setelah berdoa dan menggunakan siwak, maka kamu bisa masuk ke dalam rumah dengan mendahulukan kaki kanan.

Ini sama halnya dengan saat kamu akan keluar rumah.

Untuk memulai hal-hal baik maka selalu dianjurkan untuk mendahulukan yang kanan, baik itu keluar rumah maupun masuk rumah.

Doa Masuk Rumah Kosong

Rasulullah saw menganjurkan untuk selalu mengucap salam ketika memasuki rumah.

Dan Rasulullah saw tetap menganjurkan untuk mengucap salam meskipun rumah tersebut dalam keadaan kosong.

Karena bisa jadi ketika rumah dalam keadaan kosong, ada makhluk lain yang menempati rumah tersebut.

Sehingga sebaiknya kamu berdoa mengikuti anjuran dari baginda Rasulullah saw saat hendak memasuki rumah yang tidak berpenghuni.

السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ

Assalâmu ‘alaina wa ‘ala ‘ibadillahis shalihin

Artinya:

“Semoga Allah selalu melimpahkan kesejahteraan-Nya kepada kami dan kepada hamba-hamba-Nya yang saleh.”

Ketika Hendak Bepergian

Tak jarang ketika seseorang akan bepergian, orang yang ditinggalkan akan memberikan pesan kepadanya untuk selalu berhati-hati di jalan.

Berhati-hatilah dengan barang-barangmu, berhati-hatilah dengan godaan di jalan, jagalah pergaulan dan persahabatanmu, jagalah dirimu dan lain sebagainya.

Yang mana inti dari pesan-pesan tersebut adalah sebuah saran, pengingat, permintaan, dan perintah untuk kita agar selalu berhati-hati.

Namun apa pun pesan seseorang kepadamu, kamu hanya bisa menyetujuinya dan berusaha untuk tetap melakukannya, karena kita sebagai makhluk tidak akan mengetahui perkara yang gaib, termasuk apa yang akan terjadi selama perjalanan.

Maka sebelum melakukan perjalanan hendaknya kamu berdoa dan melakukan beberapa amalan sunnah seperti yang Rasulullah saw lakukan agar perjalananmu lebih tenang.

Beberapa amalan sunnah yang dilakukan Rasulluah saw ketika hendak bepergian jauh:

  • Memilih hari senin dan kamis untuk memulai perjalanan,
  • Mengerjakan shalat sunnah dua rakaat sebelum bepergian,
  • Membaca doa sebelum bepergian,
  • Tidak melupakan dzikir saat berada di perjalanan,

Lafadz Doa Bepergian

Bepergian jauh dan melakukan perjalanan sudah merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain dengan kendaraan yang beragam pula, mobil, motor, pesawat, kapal, dst.

Tujuan dari perjalanan yang dilakukan pun juga beragam. Melakukan perjalanan untuk pulang dan bertemu dengan keluarga misalnya, atau perjalanan untuk bekerja, menuntut ilmu dan lain sebagainya.

Kamu juga pasti tidak akan tahu apa yang akan terjadi nanti di perjalanan kamu. Maka dari itu sudah selayaknya kamu menyertakan doa ketika hendak melakukan perjalanan dengan berbagai tujuan.

Dengan membaca doa bepergian, berarti kamu telah meminta pertolongan, penjagaan, serta perlindungan kepada Tuhan Semesta Alam, yaitu Allah swt.

Membaca doa bepergian juga dianjurkan oleh Rasulullah saw dan beliau pun juga membacanya ebelum melakukan perjalanan.

Bacaan Doa Bepergian

أَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِى الْاَهْلِ، اللهمّ إني أَعوْذُبكَ مِن وعثاء السَّفَرِ و كَابةِ المنْظرِ وسُوْء المُنْقَلبِ في مَالي و أهلِي

Allahumma antaash shoohibu fiis safari wal khaliifatu fii ahli. Allahumma inni a’uu dzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fii maali wal ahli.

Artinya:

“Wahai Allah, Engkau adalah teman dalam sebuah perjalanan dan pengganti dalam sebuah keluarga. Wahai Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan dalam perjalanan, doa orang yang teraniaya, dan dari pandangan yang menyedihkan dalam keluarga dan harta.” (HR. Tirmdzi dan Ibnu Majah dengan sanad yang shahih).

Kemudian saat sudah bersiap untuk berangkat bepergian, dianjurkan mengucapkan salam kepada mereka yang ditinggalkan.

Karena salam juga merupakan doa. Tambahan pula, doa dari jawaban salam mereka akan menambah kebaikan dan keberkahanmu dalam menempuh perjalanan.

Makna Doa Bepergian

Doa bepergian bukanlah sebatas doa biasa saja, melainkan mengandung beberapa makna yang berarti, seperti:

Meminta Penyertaan Allah dalam Setiap Perjalanan

Penyertaan Allah berarti sebuah pertolongan, penjagaan, dan pemeliharaan-Nya.

Dengan demikian diharapkan kamu akan selalu mendapatkan berbagai kebaikan, keselamatan, dan keamanan saat dalam perjalanan.

Selamat saat berangkat, sedang dalam perjalanan, maupun saat sampai di tempat tujuan.

Memohon Supaya Allah Mencukupkan Urusan yang Ditinggal

Doa bepergian juga mengandung makna berserah diri kepada Allah atas segala urusan yang ditinggal saat bepergian.

Menyerahkan segala penjagaan terhadap keluarga baik orang tua, anak, maupun istri kepada Allah Swt. Allah adalah sebagai ganti dalam menjaga harta dan keluarganya.

Memohon Perlindungan Allah dalam Perjalanan

Dengan doa bepergian ini kamu bisa memohon perlindungan Allah dari keburukan yang mungkin saja terjadi saat dalam perjalanan.

Di antara kemungkinan tersebut adalah:

  • Memohon agar terhindar dari kesulitan, kepayahan, dan kesukaran perjalanan yang menyebabkan kamu lali dari mengingat Allah Swt.
  • Memohon agar tidak pulang dengan keadaan rumah yang membawa kesedihan. Misalnya, kehilangan harta benda, sakit yang menimpa keluarga, dan lain sebagainya.
  • Memohon perlindungan agar dijauhkan dari pemandangan buruk pada keluarga dan harta yang membuat hati sedih, gelisah, dan tidak nyaman.

Selain berdoa, orang yang memiliki hajat untuk safar sebaiknya berpamitan kepada keluarga dekat (ayah, ibu, anak), saudara (kakak, adik, paman, bibi), dan tetangga yang akan ditinggalkan.

Kemudian kamu meminta didoakan keselamatan dan kemudahan selama berpergian dan kamu juga mendoakan atas mereka doa untuk kebaikan.

Cara Berpamitan Saat Akan Bepergian

Adapun cara berpamitan sebaiknya kamu bisa meneladani ajaran Rasulullah saw.

Tak hanya sekedar berpamitan biasa, melainkan di dalamnya juga terdapat doa untuk kamu yang akan pergi dan mereka yang akan kamu tinggalkan.

Lafadz Doa saat Berpamitan

أَسْتوْدِعُكَ اللهَ الذِيْ لاَ يضيْعُ وَداَئِعُهُ

Astaudi’uka allahhal ladzi laa yadhi’u wa daa i’uhu

Artinya:

“Aku menitipkan kalian kepada Allah, Dialah Dzat yang tidak menyia-nyiakan titipan.”

Ucapan di atas mengandung makna bahwa kamu menitipkan mereka yang kamu tinggalkan kepada Allah, yaitu dzat yang jika dititipi sesuatu maka Dia akan menjaga dan memeliharanya dengan baik.

Lafadz Doa untuk yang Dipamiti

Dan bagi mereka yang dipamiti hendaknya juga menjawabnya dengan mengucapkan doa sebagai berikut:

أَسْتوْدِعُ اللهَ دِيْنَكَ وأَمانَتَكَ وَخواتِيْمَ عَمَلِكَ

Astaudi’ullahha diinaka wa amaanataka wa khawaatima ‘amalika

Artinya:

“Aku menitipkan kepada Allah agamamu, amanahmu, dan akhir dari amalmu.”

Ucapan di atas mengandung maksud bahwa mereka yang kamu tinggalkan meminta penjagaan kepada Allah atas agamamu dan ketaatanmu kepada Allah selama dalam perjalanan.

Selain doa di atas, untuk kamu yang bepergian juga disunnahkan untuk selalu melakukan amal shalih saat berada dalam perjalanan maupun saat telah sampai di tempat permukiman.

Kamu bisa memperbanyak bersedekah, bersilaturahmi, selalu berdzikir dan lain sebagainya.

Demikian tadi sedikit ulasan tentang doa bepergian beserta makna yang terkandung di dalamnya yang dapat Hasana.id tuliskan.

Ini hanyalah sekelumit tentang doa safar atau bepergian yang Hasana.id tulis. Masih banyak lagi amalan-amalan sunnah dan doa-doa baik yang bisa dibaca saat akan dan sedang bepergian.

Mengingat betapa besar manfaat dan keuntungan dalam membaca doa-doa tersebut, sebaiknya kamu harus mulai terbiasa untuk membacanya.

Keutamaan Membaca Doa Keluar Rumah

Sebelum kamu melangkahkan kaki untuk keluar rumah, kamu sangat dianjurkan untuk membaca doa keluar rumah.

Lantas apa sih manfaat dan keutamaan dari membaca doa saat akan keluar rumah?

Ya, kali ini Hasana.id juga akan menuliskan tentang manfaat dan keutamaan membaca doa keluar rumah.

Dijaga Allah dari Setan

Allah akan melindungi siapa saja dari hamba-Nya yang membaca doa keluar rumah dari gangguan setan.

Setan tidak akan mampu mengganggu dan menyesatkan mu saat kamu melangkahkan kaki keluar rumah dengan membaca doa.

Allah Cukupkan Urusanmu

Saat kamu membaca doa ketika ingin keluar rumah maka kamu akan dilindungi Allah, dicukupkan segala urusanmu.

Membaca doa keluar rumah merupakan salah satu tanda bahwa kamu bertawakal mencari kebaikan dari Allah swt.

Dan karena sebab tawakalmu tersebut maka Allah swt akan memberikan kecukupan untuk kamu dan akan melaksanakan urusanmu.

Mendapatkan Perlindungan dari Bencana di perjalanan

Bencana siapa yang tahu kapan akan datang. Sebagai bentuk ikhtiar agar terlindung dari bencana di perjalanan seperti kecelakan adalah dengan membaca doa keluar rumah.

Ketika kamu membaca doa keluar rumah, maka Allah akan menjaga dan melindungi kamu dari hal-hal buruk yang mungkin bisa saja menimpa kamu saat berpergian.

Diberi Petunjuk oleh Allah

Keuntungan lainnya yang akan kamu dapatkan saat membaca doa keluar rumah adalah kamu akan diberi petunjuk oleh Allah.

Sebagai seorang manusia yang lemah, pasti membutuhkan sebuah petunjuk dalam mengambil langkah agar setiap keputusan yang diambil tidak menyimpang dari perintah dan ajaran Allah.

Dan saat kamu membaca doa ketika keluar rumah, maka Allah telah menjamin akan memberikan petunjuk-Nya kepada mu mulai dari saat kamu melangkah keluar rumah hingga kamu kembali melangkah kaki ke dalam rumah.

Keutamaan Doa Masuk Rumah

Selain doa keluar rumah, ternyata doa masuk rumah juga memiliki keutamaan yang sangat baik jika diterapkan.

Berikut Hasana.id tuliskan beberapa uraian tentang keutamaan doa masuk rumah.

Memperoleh Keberkahan

Barang siapa memasuki rumahnya dengan membaca doa sambil mengucap salam, maka ia akan mendapatkan keberkahan di dalam rumahnya.

Terhindar dari Gangguan Setan

Jika kamu masuk ke rumah dengan membaca doa maka setan tidak akan mendapatkan tempat sedikitpun di rumahmu.

Namun, ketika kamu lalai dan tidak membaca doa serta tidak mengucapkan salam, tentu setan akan berbahagia karena mereka mendapatkan celah untuk bisa memasuki rumahmu dan mengganggu ketentramanmu.

Demikian tadi segelintir pembahasan tentang doa keluar rumah yang dapat Hasana.id tuliskan.

Mengingat begitu banyak kebaikan dan keutamaan yang dikandung di balik doa keluar dan doa masuk rumah, usahakan kamu selalu membacanya agar berlimpah keberkahan kepadamu.

https://www.laduni.id/post/amp/55412/doa-masuk-dan-keluar-rumah

https://muslim.or.id/5761-keutamaan-dzikir-ketika-keluar-rumah.html

Keutamaan Doa Keluar Rumah

https://islam.nu.or.id/post/read/65249/Doa-Masuk-Rumah

https://islam.nu.or.id/post/read/65313/doa-masuk-rumah-kosong

https://islam.nu.or.id/post/read/65356/doa-keluar-rumah

https://islam.nu.or.id/post/read/72029/ini-doa-keluar-rumah-rasulullah-saw-saat-rezeki-seret

Doa Keluar Rumah

 

Artikel ini bermanfaat? Ditunggu ya komentarnya :p

close-link
Chat Admin..
1
3 Ebook Islami GRATIS!
3 Ebook Islami GRATIS!
Mau? Klik "Chat Admin" sekarang!