no comments

Rukun Islam: 5 Hal yang Wajib Dilakukan Setiap Muslim. Sudahkah Kita Penuhi?

Sebagai seorang muslim, kita harus tahu dan paham mengenai rukun Islam. Jangan sampai kita hanya menjadi muslim KTP saja. Mengetahui dan bisa menyebutkan kelima Rukun Islam itu memang sudah setengah jalan. Namun itu tidak cukup. Kita harus memahami dengan baik setiap rukunnya.

5 Rukun Islam

Ada 5 tiang yang menjadi fondasi sehingga Islam ini tetap kokoh. Kelima hal ini disebut juga al arkaan al Islam. Dalam Bahasa Indonesia kita lebih mengenal dengan Rukun Islam. Kelima Rukun Islam tersebut adalah: 1. Mengucap dua kalimat syahadat 2. Mendirikan shalat 5 waktu 3. Membayar zakat 4. Berpuasa di bulan Ramadhan, dan 5. Melakukan haji ke Baitullah.

Hal ini sesuai dengan sebuah hadits shahih yang berbunyi:

بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

“Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan- Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah -bagi yang mampu-, (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari no. 8 dan Muslim no. 16)

Masing-masing rukun akan dibahas secara lebih terperinci di bawah.

Rukun Islam yang Pertama: Mengucap Dua Kalimat Syahadat

Bacaan dua kalimat syahadat adalah: ا شهد أن لا إله إلا الله و اشهد أن محمد ر سو ل الله Artinya: “aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan Selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.” Jadi, dua kalimat syahadat adalah bacaan pengakuan terhadap dua hal. Pertama, pengakuan bahwa HANYA Allah SWT saja yang wajib kita sembah dan kita taati. Kedua, pengakuan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah seorang Nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah SAW kepada umatnya.

Rukun Islam yang Kedua: Mendirikan Shalat 5 Waktu

Rukun Islam yang kedua adalah mendirikan shalat 5 waktu. Artinya, shalat 5 waktu (shubuh, dhuhur, ‘ashar, magrib dan ‘isya) wajib kita lakukan setiap hari. Mengenai berbagai tata cara pelaksanaan shalat wajib 5 waktu ini sudah banyak dijelaskan oleh para ulama dalam kitab-kitabnya. Tidak mungkin dijelaskan di tulisan ini karena akan sangat panjang.

Rukun Islam yang Ketiga: Membayar Zakat

Rukun Islam yang ketiga adalah membayar zakat. Begitu pentingnya zakat dalam Islam, perintah zakat sering diiringkan dengan perintah shalat dalam Alquran. Misalnya dalam surat Albaqarah ayat 43:

وَأَقِيمُوا الصَّلاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Artinya: “Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.”

Secara umum, zakat terbagi menjadi dua macam yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap manusia setahun sekali di bulan Ramadhan hingga sebelum shalat ied. Kadar dan jenis zakat ini tertentu dan terdapat perbedaan pendapat di antara para ulama.

Sedangkan zakat mal adalah zakat yang wajib dikeluarkan karena kepemilikan atas harta tertentu. Zakat mal hanya wajib dibayar jika sudah sampai nisab dan sudah sampai haul. Zakat mal ada beberapa macam yaitu zakat emas dan perak, zakar perniagaan, zakat hewan dan zakat pertanian. Pembahasan mengenai zakat juga sangat panjang. Tidak mungkin dijelaskan secara mendetil di tulisan ini.

Rukun Islam yang Keempat: Berpuasa di Bulan Ramadhan

Seluruh umat muslim diwajibkan berpuasa pada Bulan Ramadhan, kecuali yang memiliki udzur syar’i. Jika kita meninggalkan puasa Ramadhan baik karena uzdur syar’i atau sengaja, maka kita wajib mengqadha di lain waktu.

Lama berpuasa Ramadhan adalah satu bulan, yang berarti bisa jadi 29 hari atau 30 hari. Tata cara pelaksanaan puasa ramadhan juga tidak mungkin dibahas di sini karena ada banyak sekali penjelasan mengenai puasa ramadhan.

Dalil wajibnya melakukan puasa Ramadhan adalah sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah : 183)

Rukun Islam yang Kelima: Haji

Ibadah haji hanya diwajibkan satu kali seumur hidup. Kewajiban inipun tidak berlaku untuk semua. Kewajiban haji hanya bagi orang-orang yang mampu. Orang yang memiliki harta yang cukup untuk perjalanan haji (dan cukup untuk menafkahi anggota keluarga yang tinggal di rumah seperti anak-anak yang belum balig, istri, orang tua yang faqir, dll) dan memiliki kesehatan yang baik, maka orang tersebut sudah wajib melakukan haji.

Penutup

Itulah sekilas mengenai Rukun Islam yang wajib kita ketahui dan wajib kita kerjakan. Tulisan ini tidak ada apa-apanya. Hanya secuil dibandingkan pembahasan para ulama mengenai masing-masing rukun tersebut.

Makanya, saya menyarankan agar Anda terus memperdalam dan memperkaya diri dengan ilmu agama. Apalagi yang wajib-wajib seperti ini.

Yang harus diperhatikan juga adalah dalam memilih guru atau mursyid. Pilihlah guru-guru yang termasuk ke dalam golongan Ahlussunnah Waljama’ah Asy’ariyah yang bermazhab dan juga shufi. Para ulama ini tersebar secara masif di daerah-daerah. Anda harus mencarinya sendiri secara serius untuk belajar.

Salah seorang ulama besar yang sering menjadi rujukan kami adalah Buya Yahya. Silakan nonton ceramah-ceramah beliau yang banyak di-upload melalui channel youtube albahjah, Buya Yahya atau channel yang lain. Bisa juga belajar melalui website-website terpercaya seperti lbm.mudimesra.com, elhooda.net dan lainnya.

Semoga bermanfaat.

🙂

Artikel ini bermanfaat? Ditunggu ya komentarnya :p