no comments

Kumpulan Nama Bayi & Anak Super Lengkap (untuk Si Kecil Laki-Laki atau Perempuan)

Nama bayi kita sejogjanya merupakan nama yang bak dan memiliki arti yang baik. karena kita orang islam, tentunya namanya juga harus Islami. Jangan berikan nama bayi dan nama anak kita dengan nama-namanya yang tidak ada maknanya, jangan beri nama anak hanya untuk keren-keren saja.

Islam memandang begitu pentingnya pemberian sebuah nama pada anak. Nama bukannya hanya sebuah julukan atau sebuah label pengenal pada diri manusia. Lebih jauh dari itu, bahkan nama bisa menjadi do’a atau bahkan akan mempengaruhi karakter seseorang dalam kehidupannya.

Apalah Arti Sebuah Nama

Jika diperhatikan dalam Bahasa Arab, nama disebut dengan isim yang dimana memiliki makna tanda atau pengenal. Selain itu, dalam makna yang lain bisa juga dimaknai dengan As samuu atau sesuatu yang tinggi, sehingga nama adalah tanda tertinggi yang dimiliki oleh seseorang.

Para ulama memandang pentingnya akan pemberian nama, sehingga menghukuminya wajib. Pemberian nama baik itu pada anak laki-laki dan perempuan hukumnya wajib, sehingga tidak ada seorang pun manusia di muka bumi ini yang tidak memiliki nama.

Salah satu contoh betapa islam mementingkan nama diantaranya bisa kita perhatikan dalam proses penilaian sebuah hadist. Jika dalam proses periwayatan sebuah hadist ditemukan seseorang yang namanya tidak dikenal, maka hadist tersebut jatuh dalam kualitas dhoif atau tidak dikenal.

Pepatah arab mengatakan,

لِكُلِّ مُسَمَّى مِنْ اِسْمِهِ نَصِيْبٌ

“Setiap orang akan mendapatkan pengaruh dari nama yang diberikan padanya.”

Meski berasal dari pepatah arab, namun kita bisa mengambil hikmah bahwa ada kemungkinan jika nama yang disandang seseorang itu akan mempengaruhi sikap dan perilakunya. Karena itu pula Rasulullah menyunnahkan untuk memberi nama anak dengan nama-nama yang baik. Dalam hadist RAsulullah pernah mengeluarkan larangan untuk memberi nama dengan nama yang bermakna buruk seperti, ‘Ashiyah (wanita yang bermaksiat, dengan huruf ‘ain dan shod), Hazn (sedih) dan Zahm (sempit).

Intinya, nama begitu pengaruh dalam diri orang yang diberi nama. Coba bayangkan bagaimana jika seorang anak diberi nama dengan Hazn (sedih), pasti ia akan jadi orang yang terus-terusan bersedih karena mengingat namanya tersebut. Itulah urgensi penting dalam pemberian nama bagi si buah hati.

Pengaruh lain yang juga di akibatkan dari pemilihan nama adalah seseorang bisa menilai kualitas kesholihan dari orang tuanya. Sebagaimana pepatah arab juga mengatakan,

مِنْ اِسْمِكَ أَعْرِفُ أَبَاكَ

“Dari namamu, aku bisa mengetahui bagaimanakah ayahmu.”

Pemberian nama yang baik merupakan sebuah syariat yang telah di contohkan oleh Rasulullah. Pemberian nama yang baik dengan harapan akan menginspirasi siapa pun yang mendengarnya, sehingga kita berharap semoga termasuk kedalam orang-orang yang telah Rasulullah SAW sebutkan dalam hadistnya,

مَنْ سَنَّ فِى الإِسْلاَمِ سُنَّةً حَسَنَةً فَلَهُ أَجْرُهَا وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا

“Barangsiapa yang memulai mengerjakan perbuatan baik dalam Islam, maka dia akan memperoleh pahalanya dan pahala orang yang mencontoh perbuatan itu.” (HR. Muslim no. 1017)[2]

Nama Anak yang Baik

Islam dengan segala kesempurnaanya telah mengatur bagaimana sebaiknya memberikan nama pada buah hati kita. Nama yang baik haruslah mengikuti indikator-indikator yang telah ditetapkan dalam aturan, beberapa diantaranya yaitu,

Urutan pertama: Nama Abdullah dan Abdurrahman

Dalam ktab Al Adzkar, Imam An Nawawi Asy Syafi’i rahimahullah menyebutkan Bab “Penjelasan nama yang paling dicintai oleh Allah”. Lantas beliau bawakan dua hadits berikut ini.

Dari Ibnu ‘Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ أَحَبَّ أَسْمَائِكُمْ إِلَى اللَّهِ عَبْدُ اللَّهِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ

“Sesungguhnya nama kalian yang paling dicintai di sisi Allah adalah ‘Abdullah dan ‘Abdurrahman.”(HR. Muslim)

Dari Jabir bin ‘Abdillah, ia berkata,

وُلِدَ لِرَجُلٍ مِنَّا غُلاَمٌ فَسَمَّاهُ الْقَاسِمَ فَقُلْنَا لاَ نَكْنِيكَ أَبَا الْقَاسِمِ وَلاَ كَرَامَةَ . فَأَخْبَرَ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَ « سَمِّ ابْنَكَ عَبْدَ الرَّحْمَنِ »

“Seorang laki-laki di antara kami ada yang memiliki anak, kemudian dia memberi nama “Al Qasim”. Maka kami berkata, “Kami tidak akan menjuluki kamu dengan Abu Al Qasim dan kami tidak akan memuliakannya. Lalu orang tersebut memberitahukan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Maka beliau bersabda, “Berilah anakmu nama Abdurrahman.” (HR. Bukhari)

Adapun keunggulan dari pemakaian nama Abdulloh adalah karena nama ini memiliki makna penghambaan kepada Allah. Sementara Abdurrahman, memiliki makna yang lebih khusus lagi sebab mengaitkan penghambaan diri pada salah satu asma-Nya yaitu Ar-Rahman.

Selain itu, kedua nama ini juga disinggung dalam Al Qur’an berupa pemisalan untuk hamba-hambaNya yang terbaik. Semisal dapat ayat-ayat berikut,

وَأَنَّهُ لَمَّا قَامَ عَبْدُ اللَّهِ يَدْعُوهُ كَادُوا يَكُونُونَ عَلَيْهِ لِبَدًا

“Dan bahwasanya tatkala Abdullah (yaitu hamba Allah, Muhammad) berdiri menyembah-Nya (mengerjakan ibadat), hampir saja jin-jin itu desak mendesak mengerumuninya.” (QS. Al Jin: 19)

وَعِبَادُ الرَّحْمَنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلَامًا

“Dan ‘Ibadurrahman (hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang) itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.” (QS. Al Furqon: 63)

قُلِ ادْعُوا اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَنَ أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَى

“Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik)” (QS. Al Isro’: 110)

Fakta lain yang juga dijadikan dalil adalah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi nama pada anak pamannya (Al ‘Abbas) dengan nama Abdullah dan sekitar 300 sahabat Nabi memiliki nama Abdullah.

Urutan kedua: Nama bentuk penghambaan pada asmaul husna lainnya.

Seperti Abdul ‘Aziz, ‘Abdul Ghofur, Abdur Rozaq, Abdul Halim, dan Abdul Muhsin.

Artikel tentang asmaul husna bisa di baca disini.

Urutan ketiga: Nama para Nabi dan Rasul Allah

Seperti Adam, Nuh, Musa, Ibrahim, Isa dan Muhammad, yang intinya ada 25 nama Nabi yang disebutkan dalam Al Qur’an.

Dari Al Mughirah bin Syu’bah ia berkata, “Ketika aku mendatangi kota Najran, para penduduknya bertanya kepadaku: Sesungguhnya kalian membaca “Wahai saudara Harun”. Padahal Musa hidup sebelum Isa berjarak beberapa tahun. Maka ketika aku datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, aku menanyakan hal itu kepada beliau, dan beliau pun menjawab,

إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَمُّونَ بِأَنْبِيَائِهِمْ وَالصَّالِحِينَ قَبْلَهُمْ

“Dulu mereka memberi nama dengan nama-nama para Nabi mereka dan orang-orang shaleh dari kaum sebelum mereka.” (HR. Muslim)

Dalil lainnya adalah bolehnya memiliki nama seperti nama “Muhammad”, nama Nabi kita. Bahkan nama inilah yang terbaik dari nama para Nabi ‘alaihimus salam lainnya. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَسَمَّوْا بِاسْمِى وَلاَ تَكَنَّوْا بِكُنْيَتِى

“Berilah nama dengan namaku (Muhammad) dan janganlah kalian berkunyah dengan kunyahku (Abul Qosim)”. (HR. Bukhari dan Muslim)

An Nawawi membawakan hadits-hadits di atas dalam Bab “Larangan berkunyah dengan Abul Qosim dan penjelasan mengenai nama-nama yang disunnahkan.” Sehingga hal ini menegaskan kekuatan dalil pemakaian nama anak dengan nama para Nabi.

An Nawawi dalam Syarh Muslim menjelaskan, “Dari hadits ini sekelompok ulama berdalil bahwa bolehnya memberi nama dengan nama para Nabi ‘alaihimus salaam, bahkan ini adalah ijma’ (kesepakatan) ulama. Kecuali Umar bin Khottob yang berpendapat agak sedikit berbeda dalam hal ini.”

Urutan keempat: Nama orang sholeh

Masih dari hadist yang sama yang berbunyi,

“Dulu mereka memberi nama dengan nama-nama para Nabi mereka dan orang-orang shaleh dari kaum sebelum mereka.” (HR. Muslim)

Maka, salah satu nama yang baik untuk digunakan adalah nama-nama orang-orang shaleh terdahulu, dan yang paling baik digunakan adalah nama para sahabat karena merekalah generasi terbaik dari umat ini. Seutama-utama dari mereka adalah para Khulafaur Rosyidin, yaitu Abdullah (Abu Bakr), ‘Umar, ‘Utsman, dan ‘Ali.

Untuk anak perempuan bisa menggunakan nama istri-istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (Ummahatul Mukminin). Menurut pendapat yang kuat, istri yang dinikahi oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu,

Khadijah binti Khuwailid;

Saudah binti Zum’ah;

Aisyah binti Abu Bakar Ash Shidiq;

Hafshoh binti Umar bin Al Khaththab;

Zainab binti Khuzaimah;

Ummu Salamah Hindun binti Abu Umayyah;

Zainab binti Jahsy bin Rayyab;

Juwairiyyah binti Al Harits;

Ummu Habibah Romlah binti Abu Sufyan;

Shofiyah binti Huyai bin Akhthab;

Maimunah binti Al Harits.

Sebagai contoh yang menggunakan nama sahabat adalah anak-anak Az Zubair bin Al ‘Awam. Beliau menamakan sembilan anaknya dengan nama para sahabat yang mengikuti perang Badar. Anak-anaknya tersebut diberi nama:

‘Abdullah

Al Mundzir

‘Urwah

Hamzah

Ja’far

Mush’ab

‘Ubaidah

Kholid

‘Umar

Urutan kelima: Nama lainnya yang memenuhi syarat dan adab

Syarat Pemberian Nama

Syarat dalam pemberian nama sebagai berikut:

Syarat Pertama: Menggunakan bahasa Arab.

Salah satu syarat yang dianjurkan dalam pemberian nama adalah dengan menggunakan bahasa arab. Terlebih jika menggunakan bahasa asing yang tidak lazim digunakan di sekitar kita. Penggunaan bahasa asing yang tidak dimengerti bisa menimbulkan kerancuan dan salah pengertian dalam menggunakan nama anak

Syarat Kedua: Memiliki susunan dan makna yang bagus.

Sehingga dari sini tidak boleh menggunakan nama makruh dan terlarang. Begitu juga terlarang menggunakan nama yang mengandung celaan dan mengandung tazkiyah (menetapkan kesucian dirinya). Oleh karena itu, nama semacam ini Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sampai merubahnya.

Ath Thobari rahimahullah mengatakan, “Tidak sepantasnya seseorang memakai nama dengan nama yang jelek maknanya atau menggunakan nama yang mengandung tazkiyah (menetapkan kesucian dirinya), dan tidak boleh pula dengan nama yang mengandung celaan. Seharusnya nama yang tepat adalah nama yang menunjukkan tanda bagi seseorang saja dan bukan dimaksudkan sebagai hakikat sifat. Akan tetapi, dihukumi makruh jika seseorang bernama dengan nama yang langsung menunjukkan sifat dari orang yang diberi nama. Oleh karena itu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengganti beberapa nama ke nama yang benar-benar menunjukkan sifat orang tersebut. Beliau melakukan semacam itu bukan maksud melarangnya, akan tetapi untuk maksud ikhtiyar (menunjukkan pilihan yang lebih baik).”

Adab Pemberian Nama

Adab dalam pemberian nama yang sebisa mungkin dilakukan:

Pertama: Menggunakan nama sesuai urutan terbaik yang telah kami jelaskan di awal.

Kedua: Menggunakan nama yang terdiri dari huruf yang jumlahnya sedikit.

Ketiga: Menggunakan nama yang mudah diucapkan di lisan.

Keempat: Memudahkan orang yang mendengar untuk mengingatnya.

Kelima: Menggunakan nama yang cocok dengan orang yang diberi nama dan tidak keluar dari kebiasaan yang dipakai dalam agamanya atau masyarakat sekitarnya.

Larangan dan Anjuran

Anjuran

Waktu Terbaik dalam Pemberian Nama

Mengenai waktu terbaik dalam pemberian nama dapat kita lihat dalam hadits-hadits berikut.

Dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وُلِدَ لِىَ اللَّيْلَةَ غُلاَمٌ فَسَمَّيْتُهُ بِاسْمِ أَبِى إِبْرَاهِيمَ

“Semalam telah lahir anakku dan kuberi nama seperti ayahku yaitu Ibrahim.” (HR. Muslim no. 2315)

Dari Abu Musa, ia mengatakan,

وُلِدَ لِى غُلاَمٌ ، فَأَتَيْتُ بِهِ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – فَسَمَّاهُ إِبْرَاهِيمَ ، فَحَنَّكَهُ بِتَمْرَةٍ ، وَدَعَا لَهُ بِالْبَرَكَةِ ، وَدَفَعَهُ إِلَىَّ ، وَكَانَ أَكْبَرَ وَلَدِ أَبِى مُوسَى .

“Anak laki-lakiku lahir, kemudian aku membawanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau lalu memberinya nama Ibrahim, beliau menyuapinya dengan kunyahan kurma dan mendoakannya dengan keberkahan, setelah itu menyerahkannya kepadaku.” Ibrahim adalah anak tertua Abu Musa.” (HR. Bukhari no. 5467, 6198 dan Muslim no. 2145)

Dari Samurah bin Jundub bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,

كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى

“Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuhnya, dicukur rambutnya dan diberi nama.” (HR. Abu Daud no. 2838, An Nasai no. 4220, Ibnu Majah nol. 3165, Ahmad 5/12. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dari hadits Abu Musa di atas, Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan, “Hadits ini menunjukkan bahwa Abu Musa bersegera membawa bayinya yang baru lahir kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu ditahnik setelah diberi nama sebelumnya. Dalil ini menunjukkan bahwa bersegera dalam pemberian nama pada si buah hati itu lebih baik, dan tidak mesti menunggu pemberian nama pada hari ketujuh.”

Al Baihaqi mengatakan, “Hadits yang membicarakan pemberian nama pada si buah hati di hari kelahiran lebih shahih daripada hadits yang menunjukkan pemberian nama pada hari ketujuh.”

Syaikh Bakr Abu Zaid rahimahullah dalam kitabnya Tasmiyatul Mawlud mengatakan, “Terdapat dalam sunnah Nabi shalllallahu ‘alaihi wa sallam bahwa pemberian nama itu ada tiga waktu:

Di hari kelahiran,

Sampai hari ketiga dari hari kelahiran,

Di hari ketujuh dari kelahiran,

Perbedaan ini adalah perbedaan variatif dan dalam hal ini ada kelonggaran untuk memilih salah satunya.”

Pemberian Nama dan Nasab Menjadi Hak Ayah (Bukan Ibu)

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan,”Mengenai pemberian nama menjadi hak ayah itu tidak ada perselisihan di antara para ulama. Hadits-hadits sebelumnya (yang membicarakan tentang pemberian nama, pen) juga menunjukkan akan hal ini. ”

Beliau rahimahullah juga mengatakan, “Sebagaimana tidak ada perselisihan bahwa ayah yang berhak memberi nama, maka tidak ada perselisihan pula mengenai masalah anak dipanggil dengan nama ayahnya bukan dengan nama ibunya. Sehingga anak tersebut dipanggil dengan fulan bin fulan (dan bukan fulan bin fulanah, pen). Di antara dalil yang menunjukkan hal ini, firman Allah Ta’ala,

ادْعُوهُمْ لِآَبَائِهِمْ هُوَ أَقْسَطُ عِنْدَ اللَّهِ

“Panggilah mereka dengan (memakai) nama bapak-bapak mereka.” (QS. Al Ahzab: 5). Anak hanyalah mengikuti ibunya dalam masalah merdeka atau budak. Sedangkan ia tetap mengikuti ayahnya dalam nasab dan dalam pemberian nama.”

Dalil lain yang dapat kita lihat adalah hadits dari Ibnu Umar, dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا جَمَعَ اللَّهُ الأَوَّلِينَ وَالآخِرِينَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُرْفَعُ لِكُلِّ غَادِرٍ لِوَاءٌ فَقِيلَ هَذِهِ غَدْرَةُ فُلاَنِ بْنِ فُلاَنٍ

“Apabila Allah mengumpulkan orang-orang yang terdahulu dan orang-orang yang terakhir kelak di hari Kiamat, maka akan dikibarkan bendera bagi setiap pengkhianat, lalu dikatakan, ‘Ini adalah bendera si fulan bin fulan’.” (HR. Muslim). Hadits ini menunjukkan bahwa seseorang akan dipanggil pada hari kiamat berdasarkan nama bapak mereka (fulan bin fulan), dan bukan nama ibu mereka (fulan bin fulanah).

Larangan

  1. Jangan memberi nama anak dengan nama Allah SWT yang memang khusus untukNya. seperti Malikul Amlak (Raja Diraja), Al-Khaliq (Maha Pencipta), Al-Ahad (Maha Esa), Al-Baqi (Maha Kekal), Al-Muqtadir (Maha Berkuasa), Al-Qadir (Maha Kuasa), Al-Mutakabbir (Maha Angkuh), Al-Malik (Maha Raja) dan Al-Khabir (Maha Mengetahui).

Kalau kita ingin memberi nama anak kita dengan nama itu, maka harus memakai kata ‘Abdu (Hamba). Sebagaimana telah disebutkan di penjelasan diatas.

  1. Jangan memberi nama anak kita dengan nama Allah yang menunjukan bahwa sifat atau perbuatan itu hanya dapat dilakukan oleh Allah SWT semata. Misalnya Ar-Rahman(Maha Pengasih), As-Somad (Tempat bergantung & memohon), As-Salam (Maha pemberi ketentraman), Al-Mu’in (Maha pemberi keamanan), Ar-Razzaq (Maha Pemberi Rezeki), Al-Qabid (Maha penahan & pemegang), Al-Basit (Maha Pelepas) & Al-Wali (Maha Pelindung).

Kalau kita ingin menggunakan nama itu, kita harus menempuh langkah seperti butir sebelumnya, yaitu harus memakai kata Abdu’ (Hamba). Tetapi, untuk nama Allah pada butir ini agak lunak, maksudnya kalau kita tau persis nama-nama Allah yang kita maksud tersebut bersifat Akhlaqi, yaitu mengandung sifat yang pantas kita contoh, maka kita tidak diwajibkan memakai kata Abdu’ (Hamba), contohnya Syakur, Latif & Rasyid

  1. Dalam memberi nama anak kita, jangan mengikuti kata Abdu’ (Hamba) dengan nama selain nama Allah. Karena bisa menimbulkan persepsi untuk menghamba selain kepada Allah SWT. Selain nama Allah tersebut termasuk di dalamnya kata-kata yang seolah-olah nama Allah SWT, misalnya maqsud, satar & Maujud.

Contoh nama yang menggunakan kata Abdu’ (Hamba) tetapi diikuti selain nama Allah misalnya : ‘Abdul Uzza & ‘Abdun Nabi. Contoh nama yang menggunakan kata Abdu’ tapi diikuti nama yang seolah-olah nama Allah misalnya : ‘Abdul Maqsud, ‘Abdul Satar & ‘Abdul Maujud.

  1. Larangan lainnya adalah pemberian nama dengan menggunakan nama-nama yang lazim digunakan oleh penganut agama selain Islam. Hal ini karena bisa menimbulkan kecenderungan mengikuti adat dan kebiasaan agama tersebut.

Adapun contoh nama yang saya maksud adalah : George, David, Christian, Christoper, Michael, William, Frans, Rafael, Jack, Charles, Nicholas, Martin, John, Rudolph, Gerald, Joseph, Yesaya, Peter, Maria, Mikail, Geozev, Yehezkiel, Jeremia, Yara, Diana, Gakalin, Indara, Agustinus, Jeklin, Goli, Suzan, Vali, Victoria, Kloria, Lara, Linda, Maya, Manolia, Haidi, Marfat, Jaudat, Haqi, Syirhan, Syirin & Nifin

  1. Jangan pula memberikan nama dengan nama yang berkonotasi negatif dan merusak. Contohnya Harb (Perang atau Pertikaian), Hazn (Susah, sedih & muram), Murrah (Pahit), Mudtaji (Yang berbaring lemah, orang yang tidur dengan posisi miring), Himar (Keledai) & Kalb (Anjing)
  2. Jangan memberi nama anak kita dengan kata yang bermakna rendah, pornografi, hina, menodai rasa malu & bermakna cinta membara. Misalnya Benjol, Cebol & Hayyam (tergila-gila dalam cinta), Wassal (Makelar), Syadiyah (Penyanyi), Hiyam (Sangat Haus), Haifa (Kurus), Ahlam (Tidak memiliki impian) & Ghadab (Marah)

Menutup artikel saya sertakan beberapa daftar nama beserta artinya yang bisa digunakan. Semoga setiap ikhtiar kita dalam memberi sebuah nama terbaik bagi anak-anak menjadi amal ibadah yang akan memperberat timbangan di yaumil mizan kelak.

Daftar Nama yang Baik

Nama untuk Anak Laki-laki

Abadan = Selalu; selamanya

Abbad = Rajin beribadah

Abbasy = Rajin berusaha

Abbdu = Hamba Allah

Abdiel = Hamba Allah

Abdil = Hamba Allah

Abdilah, Abdillah : Hamba atau abdi Allah S.W.T. (Arab)

Abdu = Hamba Allah

Abduh = Hamba Allah

Abduh Hubbu Syaraf = Hamba Allah yang menyukai kemuliaan

Abduhu = Hamba Allah

Abdul = Hamba

Abdul Aziz = Hamba Allah yang mulia

Abdul Aziz Fathul Islam = Laki-laki yang menjadi hamba Allah yang mulia, pembuka kejayaan Islam

Abdul Ghaffar = Laki-laki yang menjadi hamba Allah Yang Maha Pengampun

Abdul Ghani = Laki-laki yang menjadi hamba Allah Yang Maha Karya

Abdulhakim = Hamba yang maha bijaksana.

Abdullah Ath-Thahir = Laki-laki yang menjadi hamba Allah dengan kesucian

Abdullah Rafif = Seorang hamba Allah yang berbudi pekerti baik

Abdun = Hamba Allah

Abdurrohman : Hamba-Nya yang Maha Pengasih

Abid Aqila Rajendra = Laki-laki yang ahli ibadah sangat tampan dan berakal

Abidun = Beribadah

Abimanyu = Tidak takut kesulitan (Jawa)

Abiya = Mulia jiwanya.(Arab)

Abiyyu : Mulia jiwanya

Abqari = Pintar sekali

Abrar = Berbuat kebajikan

Abrisam : Ketampanan, kelembutan (Arab)

Abu Bakar = Yang bersegera

Abu Bakar Siddik Arrafif = Laki-laki yang bersegera, membenarkan dan berakhlak mulia

Abyan = Bisa menjelaskan secara jelas (Arab)

Abyan Nandana = Anak laki-laki yang bisa menjelaskan secara jelas

Achmad = Terpercaya, jujur, nama kecil nabi Muhammad SAW

Achmad Adya Surya = Lelaki yang memiliki keutamaan akhlak

Achmad Azzam Nurwahid = Laki-laki yang terpercaya, berkemauan baik dan kuat sebagai cahaya utama

Achmad Rafli

Achmad Sakha Arkan Wiratama

Achmad, Ahmad : Terpercaya, jujur, nama kecil nabi Muhammad S.A.W.

Adaby = Berperilaku baik, beradab (Arab)

Adam = Nama nabi, teladan, tanah

Adam Faiz Al Arkhan = Laki-laki yang meneladani, berjaya dan memuliakan

Addar Quthni = Seorang imam perawi hadits (Arab)

Ad-Dawam = Terus menerus; tetap

Ad-Din = Agama

Adham = Garis keturunan; silsilah keturunan; tali rantai

Adib = Sopan santun; tata krama; beradab

Adib Zainul Mutaqqin = Laki-laki yang sopan santun menjadi perhiasan bagi orang yang bertakwa

Aditya = Orang yang pandai dan bijaksana

Aditya Naufal Dary Abiyyu = Pemuda tampan yang arif bijaksana dan mulia jiwanya sehingga kelak dapat menjadi pemimpin

Aditya Rifqi Hamizan = Laki-laki yang tampan, pandai dan bijaksana serta lemah lembut

Adlan = Keadilan

Adlan Izzuddin Karami = Laki-laki yang beradilan dan kemuliaan agama adalah kemuliaanku

Adli = Keadilan Allah

Adli Makarim = Laki-laki yang bisa berbuat adil dalam mendapatkan kemuliaan

Adlullah = Keadilan Allah

Adlullah Syafi = Laki-laki yang mendapatkan keadilan Allah untuk dapat menyembuhkan

Adnan = Nama Nabi; nama surga

Adnan Khiar = Surga Firdaus adalah pilihan terbaik

Adnan Khiar Ardhani = Laki-laki yang bagaikan surga firdaus menjadi pilihan yang terbaik dan suci

Adnan Manaf Rahman = Adnan yang memperlihatkan kelebihan dari Yang Maha Pemurah

Adrian = Pelaut, kaya raya

Adrian Pradipta Amzari = Anak laki-laki pertama yang cemerlang, mulia dan kaya raya

Adskhan = Ksatria, pangeran

Adya : Pertama, tidak ada bandingannya (India)

Afdhal = Terbaik, lebih utama

Afdhalush = Mengedepankan; mengutamakan

Affan = Pandai, cerdas

Affan Arsalan Baqir = Laki-laki pandai dan berilmu yang memiliki keberanian seperti singa raja rimba

Afi = Pemaaf; pengampun

Afi Sadid Qauluh = Laki-laki pemaaf yang ucapannya selalu betul

Afif = Memelihara; menjaga diri; mimiliki harga diri

Aflah = Kemenangan; keberhasilan; kesuksesan

Afnan = Mekar berseri

Afnan = Permohonan yang berbuah atau dikabulkan

Afnan Fausto Saadan = Laki-laki yang permohonan yang dikabulkan serta penuh keberuntungan dan kebahagiaan

Agam : Kuat (Melayu)

Agam Abdilah Pratama = Anak laki-laki pertama sebagai abdi Allah S.W.T yang kuat.

Agam Abdillah Najmudin = Laki-laki yang menjadi hamba Allah yang kuat serta menjadi bintang agama

Ahamad = Terpuji; teladan

Ahlam : Impian, harapan, kesabaran (Arab, Perancis)

Ahlam Faisal Hanif = Laki-laki impian menjadi muslim yang lurus serta dapat memisahkan antara haq dengan batil

Ahlam Zulfadli Firdaus = Harapan yang terbaik di surga

Ahlam Zulfadli Rahmani = Laki-laki yang menjadi kesayanganku, harapan dan dengan segala kelebihannya

Ahlami = Impianku, kelembutanku

Ahlami Fadhlurrahman Najid = Laki-laki impianku yang gagah berani mendapat keutamaan dari Allah

Ahmad = Terpuji

Ahmad Aqeel Tsaniy

Ahmad Azam Fathurrahman = Laki-laki yang terpuji dan bertekad bulat membuka kejayaan Allah yang maha pengasih

Ahmad Azzam = Semoga menjadi anak yang mempunyai kemauan dan usaha yang kuat dan mudah-mudahan berahlak yang baik

Ahmad Faris Maulana

Ahmad Jaudullamiuddin = Laki-laki yang terpuji berbuat kebaikan untuk agama

Ahmad Khairuddin = Laki-laki yang terpuji menjalankan kebaikan untuk agama

Ahmad Rayyan

Ahmad Sulthan Nazhirul Asrofi

Ahmad Waliuddin = Laki-laki terpuji yang menjadi penuntun agama

Ahmad Yahya Ayyash

Ahnaf = Yang berpegang teguh terhadap ajaran agama

Ahnafus = Sangat lempeng; lurus dalam beragama

Ahsan = Yang terbaik

Ahsanu = Lebih bagus; baik

Ahwal = Keadaan; kondisi; suasana

Ahwas = Pemberani

Ahwaz = Kesungguhan

Ahza = Yang beruntung

Ahza Najwan Al Islami = Laki-laki yang beruntung karena kemenangan agama yang menuju keselamatan

Aidan = Bersemangat

Aidan Quentin Hamizan = Laki-laki yang bersemangat mendambakan masa depan cerdas dan kuat

Aiman = Harapan

Aiman Ahwaz Tsaqib = Laki-laki memiliki kesungguhan mengapai harapan dengan modal kecerdasan

Aimanullah = Pihak yang benar; kanan Allah

Aimanun = Kelompok; golongan orang shaleh

Aimanun Ujab = Laki-laki yang shaleh memperoleh kelebihan

Aimar : Sahabat rasulullah

Aimar Moussa = Nabi Musa sahabat Rasulullah

Aimar Radinka Faustin = Laki-laki menjadi sahabat rasulullah yang menyenangkan dan beruntung

Akbar : Besar

Akbar Caesar Nurdaffa = Laki-laki yang menjadi pemimpin besar bercahaya dan memiliki pertahanan yang kuat

Akhal = Memiliki mata berwarna hitam (Arab)

Akhal Bahir = Memiliki mata hitam bersinar dan berkilau

Akhal Uinseann = Pemenang yang memiliki mata berwarna hitam

Akhdan = Sahabat (Arab)

Akhdan Ziyad = Seorang sahabat yang memiliki keunggulan

Akif = Rajin; tekun beritikaf

Akif Said = Laki-laki yang senang dengan rajin beritikaf

Akmal = Lebih sempurna

Akmal Majid Al Faruq = Laki-laki yang lebih sempurna dan dihormati serta pembeda antara hak dan batil

Akmaluz Zuhair = Keindahan yang sangat sempurna

Akram = Paling; sangat mulia

Akram Farjana Khairudin = Laki-laki yang lebih mulia, bijak, cerdas yang menjadi kebaikan agama

Akram Ziyad = Laki-laki paling mulia yang dikasih keistimewaan oleh Allah

Al Amin Rafli Abqari = Laki-laki yang dapat dipercaya, pintar dan beruntung

Al Faruq = Pembeda antara haq dan bathil

Al Gazali = Filosof Islam

Al Hakim = Bijaksana

Al Ikhtiari = Pilihanku

Al Islami = Agama yang selamat

Al Jaras = Karunia Allah

Al Karami = Kemuliaanku

Al Kirami = Mulia

Alaih = Kepada-Nya

Alamgir : Penakluk dunia

Alamgir Abrisam Arief = Penakluk dunia yang tampan, lembut, adil dan bijaksana

Alamin = Alam semesta

Al-Amin = Dapat dipercaya

Alauddin = Kemuliaan agama

Alauddin Zuhdi = Laki-laki mendapatkan kemuliaan agama dari kesungguhanya beribadah kepada Allah

Al-Aziz = Yang Maha Perkasa

Al-Bahir = Indah; elok; molek

Al-Barisy = Terang; jelas

Al-Basil = Pemberani

Al-Bassam = Senantiasa bersuka ria; selalu bergembira

Al-Basyir = Pengantar berita senang; gembira; bagus

Al-Bayan = Menerangkan; menjelaskan

Alby ,Qalbu : Hati (Arab)

Alby Luthfy Fachry = Hati yang lemah lembut dan bersahaja

Aldebaran : Bintang berwarna merah yang paling bersinar di rasi Taurus (Astronomi)

Aldebaran Nabhan Pradipta = Anak pertama yang pintar dan bersinar

Alden = Pelindung yang bijaksana

Alem = Orang yang berilmu (Arab)

Alem Zeroun = Orang yang berilmu, bijak dan terhormat

Alfatih : Awal

Al-Ghalib = Unggul; menang

Al-Ghazali : 1) Lincah, fleksibel. 2) Nama salah satu imam besar, Imam Al-Ghazali yg bijaksana

Al-Ghazali Tsaqib Ananda Reza = Menjadi seorang Raja (pemimpin) yang cerdas dan fleksibel (bisa menenempatkan diri dimana saja)

Al-Ghazali Tsaqib Rabbani = Laki-laki yang menjadi imam bijaksana, cerdas dan hidup karena Allah semata

Al-Ghazi = Pejuang; penakluk

Al-Ghina = Kekayaan; berharta

Al-Hadi = Sejuk; tentram; tenang

Al-Hail = Disegani; sungkan

Al-Hakim = Bijaksana

Alham = Ilham

Alham Fadhlurahman Najid = Laki-laki yang mendapat ilham keutamaan dari Allah serta gagah berani

Al-Haq = Yang Maha Benar

Al-Hatim = Murni; suci

Al-Huda = Petunjuk Allah

Al-Husam = Tajam; runcing

Al-Huwaidi = Kembali ke jalur yang benar

Ali = Tinggi, salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW

Ali Hasan Aminuddin = Laki-laki yang tinggi dan baik sebagai pengamanah agama

Ali Omar = Anak pertama yang berdoa kepada Tuhan

Ali Syaiban Ulya = Laki-laki yang tinggi kedudukannya bagaikan awan salju ditempat yang tinggi

Al-Ibad = Hamba Allah

Alif : lembut dan ramah (Arab)

Alif Hafizh = Laki-laki penghafal Al-Qur’an yang lembut dan ramah

Alif Hafizh Sharkan = Laki-laki yang lembut dan ramah menjadi penghafal Al quran dengan penuh kemuliaan

Al-Ihsan = Kebaikan

Alim = Berilmu; cerdas

Alim Ibadurrahman = Laki-laki yang berilmu dari para hamba Allah Yang Maha Pengasih

Alimul = Cerdas; berilmu

Alimun = Berilmu; berpendidikan; berpengetahuan

Alimun Hanif = Laki-laki berilmu yang menjalankan dengan lurus agamanya

Al-Islami = Agama Islam

Al-Isyrafy = Memantau; mengawasi

Aliyul = Yang Maha Tinggi

Aliyyu = Yang Maha Tinggi

Al-Jalil = Yang Maha Suci

Al-Jasir = Pemberani

Al-Karim = Yang Maha Mulia

Al-Kausar = Banyak; bermacam-macam

Al-Kazhim = Menahan diri; menolak

Al-Khair = Terbaik

Al-Khairil = Terbaik; terbagus; terindah

Alkhalifi = Anak laki-laki yang baik, sukses

Alkhalifi Zikri Hady = Pemimpin yang baik yang selalu mengingat Allah dan bisa menunjukkan ke jalan kebaikan

Alkhalifi Zikri Hamizan = Anak laki-laki yang baik, mulia dan tampan selalu mengingat Allah

Alkhalifi, Al : Awalan dari Al Qur’an yg artinya mulia, tampan, pintar + Khalifi : Anak laki-laki yang baik, sukses (Arab)

Al-Khalish = Ikhlas; murni

Al-Khalish = Ikhlas; tulus

Al-Khathab = Pidato; khotbah; orasi

Al-Kiram = Mulia

Al-Kirom = Kemuliaan

Al-Lami = Berkilau; terpancar

Al-Ma’lum = Populer; dikenal

Al-Ma’shum = Terjaga; terpelihara dari dosa

Al-Mahbubu = Dicintai; disukai

Al-Mahdi = Memperoleh; mendapat wilayah

Al-Majid = Yang Maha Mulia

Al-Malik = Yang Maha Merajai

Al-Marju = Diharapkan

Al-Matin = Kuat; kokoh; tangguh

Al-Muhtaram = Terhormat; dimuliakan

Al-Muna = Cita-cita

Al-Munawwar = Bercahaya; bersinar

Al-Munir = Terang; jelas

Al-Muntazhar = Selalu ditunggu; dinanti; diharap

Al-Mushaddaq = Amanah; dapat dipercaya; jujur

Al-Musyaffa = Mendapat pertolongan; Syafaat

Al-Mutawakkil = Bertawakal

Al-Muttaqin = Orang yang bertqwa

Altamis : Panglima

Althafut = Lebih halus; lembut

Althafut Tauhid = Laki-laki yang punya keyakinan murni pada keesaan Allah dengan lebih halus

Al-Ulum = Banyak ilmu; pengetahuan

Al-Ulya = Tempat yang tinggi; utama

Al-Uzhma = Yang Maha Agung

Al-Wafir = Komplit; lengkap; banyak kebaikannya

Amal = Amal; perbuatan

Amal Mahbub = Laki-laki yang berperilaku baik digemari oleh manusia

Amaluddin = Amal; perbuatan agama

Amaluhu = Budi pekerti; perilaku; perbuatan; tindak tanduk

Amaluhu Muradullah = Laki-laki yang budi pekertinya atas kehendak Allah

Amaluhul = Perbuatan; tindak tanduk

Amalul = Orang yang suka beramal

Amani = Kesejahteraanku

Amanullah = Perlindungan; keamanan Allah

Amanullah Zain = Laki-laki bagaikan mahkota yang memperoleh perlindungan Allah

Amin = Amanah; jujur; bisa dipercaya

Amin = Bisa dipercaya; amanah; jujur

Amin = Dapat dipercaya

Amin = Penjaga Amanah; dipercaya; jujur

Amin Zuhdi = Laki-laki yang bisa dipercaya dan rendah hati

Aminuddin = Pengamanah agama

Aminullah = Amanah; kepercayaan Allah

Aminullah = Kepercayaan dari Allah

Amir = Putra, kepala pmerintahan, pemimpin

Amir Jamil = Pangeran yang gagah dan tampan

Amir Mahmud = Laki-laki seorang pemimpin yang teladan

Amiruddin Al Kirami = Laki-laki yang menjadi pemimpin agama yang mulia

Amirul = Pemimpin; penguasa

Amirul Mukminin = Laki-laki yang memimpin orang-orang beriman

Amjad = Mulia dan saleh

Amjadus Sidqi = Laki-laki yang mempunyai pedoman kepada kebenaran yang mulia

Ammar = Kuat imannya (Arab)

Amrullah = Mentaati perintah Allah

Amrullah Azzaky = Laki-laki yang melakukan untuk perintah Allah yang suci

Amrullah Rafie Dhyaulhaq = Laki-laki yang menjalani perintah Allah diberi kemuliaan yang tinggi dan memiliki sinar kebenaran

Amwalu = Harta; kekayaan

Amwalu = Harta; kekayaan

Amzari = Yang mulia

Ananda : Kebahagiaan

Anas = Kemesraan, cinta, kasih

Anas = Periang; gembira; senang

Anas Izzul Hadif = Laki-laki yang memiliki kemesraan dan kemuliaan yang lurus

Anas Ulwanulujab = Laki-laki periang yang mempunyai kelebihan tinggi

Andi Muhammad Tsabit Qeis = Menjadi sebuah harapan dan do’a semoga menjadi seorang muslim yg soleh dan cerdas. Insya Allah Ta’aala

Andi, Andy : 1) Kuat, jantan (Yunani, Indonesia). 2) Hamba, abdi (Jawa). 3) Gelar untuk bangsawan Bugis

Anindito = Sempurna, unggul

Anis = Kawan; rekan; teman; ramah dalam pergaulan

Anis = Ramah; sopan

Anis Zainul Arifin = Laki-laki sopan santun menjadikan sebagai mahkota orang yang bijaksana

Anjabul = Teristimewa; lebih utama

Anjabul Mustajab = Laki-laki yang teristimewa selalu terkabul do’anya

An-Nafis = Bernilai; berharga

An-Nail = Pemberi; pemurah

An-Najih = Berhasil; sukses

Annasai = Imam; pemuka Nasai

Annasai Imaduddin = Laki-laki Nasai yang mnjadi pemelihara tiang agama

An-Niam = Nikmat; karunia; anugrah

Annuril = Cahaya; sinar; nur

Ansharri = Penyayang

Anshary = Penolong; kaum sahabat nabi SAW

Anshary Amrullah = Laki-laki yang suka menolong atas perintah Allah

Antarul = Berani dalam berperang

Antarul Imamuddin = Laki-laki pemimpin agama yang berni dalam berperang (melawan hawa nasfu)

Antony = Lelaki yang patut dihargai

Antony Tristan Al Jaras = Laki-laki yang mendapat karunia Allah, gagah berani dan patut dihargai

Anwar = Sinar; Cahaya; Nur

Anwar Dzaki Makarim = Laki-laki cerdas dan mulia yang memancarkan cahaya

Anwar Sa’udiyah = Laki-laki yang bersinar terang dengan penuh kebahagian

Anwarul = Lebih bersinar; bercahaya

Anwarul Makarim = Laki-laki yang memancarkan sinar kemuliaan

Aqeel, Aqeela : Yg terbaik

Aqib = Ganjaran; Balasan yang baik

Aqib Mukhtar Hakim = Laki-laki yang memperoleh ganjaran baik sebagai orang terpilih dan arif

Aqil = Baik hati (Arab)

Aqil Akhdan = Sahabat yang baik hati

Aqila : Yg berakal (Arab)

Aqila = Berakal

Aqlan = Kebijaksanaan

Aqlan Harith Ridauddin = Laki-laki yang memiliki kebijaksanaan selalu berusaha mencari ke ridhaan agama

Ar = Bangsawan

Ar Rafif = Berakhlak mulia

Ar Sakha Ransi Alden = Laki-laki yang menjadi bangsawan serta dermawan serta berotak brilian dan pelindung yang bijaksana

Ararya = Golongan bangsawan

Ararya Saguna Amrullah = Laki-laki dari bangsawan yang selalu mentaati perintah Allah

Ardhani = Suci

Ardiman : Laki-laki yang tegak bagikan gunung (Jawa)

Ardiman = Laki-laki yang tegak bagaikan gunung (Jawa)

Ardiman Akhal = Laki-laki yang tegak bagaikan gunung dan memiliki mata berwarna hitam

Ardiona = Memiliki jiwa yang teguh (Jawa)

Arfan : Mengetahui, penghargaan (Arab)

Arfan Abdul Hafizh = Laki-laki yang mendapat penghargaan menjadi hamba Allah yang mulia

Arfan Hashif = Anak yg dermawan, berpandangan bijak, cerdas, rendah hati dan baik budi pekertinya

Argani = Berani menghadapi bahaya

Argani Saeful Islam = Laki-laki laksana pedang Islam yang berani menghadapi bahaya

Argene = Berwarna keperakan (Prancis)

Arhab = Memanjakan, yang lapang hati

Arhab Reyhan Ardhani = Laki-laki lakasanai bunga yang beraroma wangi, suci dan selalu berlapang hati

Arhabu = Lebih luas; lebar

Arhabu Rizqi = Laki-laki yang mendapatkan banyak keluasan rezeki

Arif = Bijaksana

Arif Billah = Laki-laki bijak yang mengabdikan kepada Allah

Arif, Arief : Adil, bijaksana.

Arifin : Orang yang bijaksana (Arab)

Arifin Halim = Orang bijaksana dan lembut

Ariq : 1) Jalan penghidupan yang tentram, merdeka, bahagia dan sempurna (Indonesia). 2) Baik budi, mulia (Arab)

Ariq = Bagus akhlak; baik perilaku; perbuatan

Ariq = Jalan penghidupan yang tentram, bahagia dan sempurna, baik budi, mulia

Ariq Jalaludin = Laki-laki bagus akhlaknya untuk mejaga kemuliaan agama

Ariq Rifid Abbasy = Laki-laki yang jalan penghidupannya tentram menjadi penolong dan rajin berusaha

Ariq Rifid Alfatih = Laki-laki pertama sebagai penolong jalan penghidupan yang tentram

Ariqin = Berakhlak baik

Ariz = Kokoh dan kuat

Ariz Adskhan Saeful Islam = Laki-laki yang ksatria bagai pedang Islam yang kokoh dan kuat

Arkan = Memuliakan

Arkan, Arkaan : 1) Mulia, kemuliaan. 2) Ahli pujangga

Arkhan = Memuliakan

Ar-Rabb = Tuhan

Ar-Rahim = Yang Maha Penyayang

Arrahman = Yang Maha Pengasih

Ar-Rahman = Yang Maha Pengasih

Ar-Rajab = Bulan Rajab

Ar-Rasyiq = Kuat; kokoh

Ar-Rauf = Yang Maha Mengasihi

Arsakha Virendra Shafwan = Bangsawan/dermawan yang mulia dan pemberani penuh cinta kasih

Arsakha, Ar : Bangsawan (Indonesia) + Sakha : Dermawan (Arab)

Arsalan = Nama tokoh Islam

Arsalan = Singa

Arsalan Thufail = Arsalan yang berjiwa halus

Arsyad = Yang sangat cerdik

Arsyad Abdul Azim = Laki-laki yang menjadi hamba yang agung yang sangat cerdik

Arya : Putra (Sansekerta)

Arya = Bangsawan (Jawa)

Arya = Bangsawan (Jawa)

Arya Ammar = Bangsawan yang kuat imannya

As’ad = Limpahan; penuh bahagia; senang

As’ad Tsaqib = Laki-laki yang di limahi kebahagiaan dan ucapannya selalu tepat

Asadun = Singa

Asadun Zufar = Laki-laki yang pemberani ibarat seperti singa

Asfa = Yang suci

Ashimul = Menghindari; menjahui maksiat; hal terlarang

Ashimul Ghaffarullah = Laki-laki yang menghindari maksiat dan untuk memperoleh ampunan Allah Yang Maha Pengampun

Ash-shabri = Sabar; tabah

Ash-Shalah = Shalat; sembahyang

Ash-Shofi = Bening; jernih

Askari : Pejuang

Aslam = Amat; paling; sangat Islami

Aslam = Selamat

Aslam Wafir = Laki-laki yang amat Islami dan banyak amal perbuatan baik

Asraf = Amat; paling; sangat mulia

Asraf Zahirul Ubaid = Hamba Allah yang amat mulia dan cermelang

As-Sadad = Tindakan; perbuatan tepat

Assajid = Orang yang bersujud; tunduk patuh

As-Sakandary, Iskandariyah : Alexandria, Mesir

As-Salam = Yang Maha Damai

As-Sharim = Pemberani

Assuja = Pemberani

Assyraaf = Yang mulia

Asyraf = Lebih mulia

Atarahman, Ata : Hadiah (Arab) + Rahman : Penuh belas kasih (Arab)

Athaillah As-Sakandary = Anugerah Tuhan dari Mesir

Athaillah, Atha : Karunia, anugerah + Illah : Tuhan, ilahi

Athalla, Athallah : Anugerah Allah SWT.

Athallah = Anugrah; karunia Allah

Athallah Musyaffa = Anugerah Allah SWT yangg memperoleh syafaat

Athallah Syarifuddin = Laki-laki yang memperoleh anugrah Allah dan kemuliaannya

Athar : Suci (Arab)

Athar Rizky Yudhistira = Teguh, kokoh dan suci

Atharizz, Athar : Tulus, suci (Arab) + Izz : Kuat (Arab)

Athaya : Hadiah, karunia, petunjuk dari Allah SWT.

Athaya = Hadiah, karunia, petunjuk

Athaya Najib Zaahirulhaq = Laki-laki yang di karuniai oleh Allah dengan gagah berani dan pelindung yang benar

Athaya Rizal = Petunjuk dari Allah SWT dan diberkati

Athif = Belas kasih

Athifun = Kasih sayang; belas kasih

Athifun Alim = Laki-laki yang berpengetahuan dengan kasih sayang

Ath-Thabarani = Imam Thabarani

Ath-Thabarani Muntasir = Ath-Thabarani yang senantiasa unggul

Atik = Pemurah; pemberi

Atikul = Pemurah; dermawan

Atikul Basyir = Laki-laki yang pemurah pembawa berita baik

Atiqul = Orang yang mebebaskan; memerdekakan budak

Atiqul Mukminin = Laki-laki yang melepaskan budak orang-orang mukmin

Atma = Jiwa

At-Tahsin = Perbaikan

At-Tamam = Sempurna; lengkap

At-Tauhid = Kemurnian iman (keesaan Allah)

At-Taysir = Kemudahan

At-Tirmidzi = Imam Tirmidzi

Attirmidzi Tsaubatul Jannah = Tirmidzi yang kembali berkumpul di Surga

Aufa = Lebih tepat; pas sasaran

Aufa Saif = Laki-laki bagaikan pedang yang lebih tepat mengenai sasaran

Aulia = Tinggi; utama; besar

Aunullah = Pertolongan; bantuan Allah

Aunullah Assajid = Laki-laki yang senantiasa bersujud untuk memperoleh pertolongan Allah

Aushaf = Mempunyai sifat-sifat baik

Averroes = Filosof Islam

Awwabin = Orang yang bertobat; minta pengampunan

Awwabin = Orang-orang untuk pengampunan; bertobat

Awwaly = Utama; pertama

Ayatullah = Aayat-ayat Alah

Ayaz, Ayash, Ayyash : Pekerja keras (Arab)

Aydan = Pemuda yang berapi-api dan bersemangat

Aydan Sayyid Amjad = Pemuda yang berapi-api dan bersemangat menjadi pemimpin yang mulia dan saleh

Aydin = Cerdas (Arab)

Aydin Wahyudi = Anak yang cerdas dan selalu mendapat berkah.

Ayman = Beruntung

Azad = Yang suhud, warak

Azadi, Azad : Bebas, merdeka

Azam = Kebulatan tekad

Azfar = Yang berjaya

Azfar = Yang berjaya, yang menang

Azhar = Bunga-bunga

Azhar = Memancarkan cahaya terang

Azhar Amani Dhiaurrahman = Laki-laki laksanai bunga-bunga kesejahteraanku menjadi cahaya dari Yang Maha Pengasih

Azharuddin Hazim = Laki-laki yang memancarkan cahaya terang agama dan bercita-cita luhur

Azhim = Yang Maha Agung

Azhim Siddik Arrafif = Laki-laki anugerah dari yang maha kuasa selalu melakukan kebenaran dan berakhlak mulia.

Azim = Yang agung

Aziz = Perkasa; tangguh; kuat

Azizan = Yang mulia, kuat, kekasih

Azizan Nasir Asfa = Laki-laki yang mulia, suci dan selalu mendapatkan pertolongan

Azka = Bersih

Azka Azfar Rabbani = Laki-laki yang mendapat kemajuan pesat dan berjaya serta arif juga saleh

Azka Misdaq Mu’tashim = Laki-laki yang bersih dan jujur yang mampu menjauhi perbuatan dosa

Azmi = Kesungguhan hati; keteguhan; kebulatan tekad

Azmi Qawim = Laki-laki yang menpunyai kekuatan hati yang tangguh

Az-Zahir = Gemilang; cermelang

Azzaky = Suci; murni

Azzam : Berkemauan baik dan kuat

Azzam Salahuddin Askari = Pejuang (yang baik) di jalan Allah

Azzamy = Kebulatan; keyakinan tekad

Azzamy Syauqi = Laki-laki yangpunya kebulatan yang aku rindukan

Azzamy, Azzam : Berkemauan baik dan kuat

Azzan = Orang yang mengumandangkan panggilan sholat

Azzan Syammasullah = Orang yang megumandangkan panggilan sholat sebagai pelayan kepada Allah

Badar : bulan purnama (Arab)

Badar Fayyadh Nabil = Orang yang mulia dan terhormat bagaikan bulan purnama

Badar Najmuddin = Laki-laki yang bagaikan bulan purnama menjadi bintang agama

Badil = Pengganti

Badil Imamul Musthafa = Laki-laki pengganti pemimpin pilihan

Badri = Bulan purnama

Badri Nu’man = Laki-laki bagaikan bulan punama tanda kenikmatan – dari Allah

Badru = Bulan purnama

Badruddin Musthafa = Laki-laki pilihan yang mencerahkan agama bagaikan

Badruttamam Mutawakkil = Laki-laki yang bagaikan bulan purnama sempurna dan bertakwakal kepada Allah

Badruzzaman Munawwir = Laki-laki pemberi nur zaman bagaikan bulan purnama

Badruzzaman Murfid = Laki-laki berjiwa penolong yang mencerahkan zaman bagaikan bulan purnama

Bagas = Orang yang kuat dan teguh

Baha = Indah; bagus; pesona

Bahau = Keindahan

Bahauddin = Keindahan agama

Bahauddin = Sinar agama

Bahauddin Abdul Hafidz = Laki-laki sebagai hamba pemelihara cahaya agama Tuhan

Bahauddin Zaki = Laki-laki punya keindahan yang suci dalam agama

Bahaudin = Sinar agama

Bahir = Tampan; menawan; rupawan

Bahir Bathalun Al-Basil = Laki-laki menawan sebagai pejuang yang pemberani

Bahir Naji Musthafa = Laki-laki yang tampan sebagai oarang yang berhasil terpilih

Bahjan = Cemerlang

Bahjan Bahaudin = Laki-laki cemerlang yang memancarkan sinar agama

Bahru = Samudra; lautan

Bahrut Tamam Khairuddin = Kebaikan agama yang ada di dalam samudra kesempurnaan

Bahtiar : kaya, sejahtera, sentosa (Arab)

Bahtiar = Kaya, sejahtera, sentosa

Bahtiar Sakhi = Kaya dan murah hati

Bakir = Lebih dahulu; lebih pagi

Bakir Ahsan Amal = Laki-laki yang senantiasa lebih mendahului perbuatan yang lebih baik

Bakri = Lebih dahulu; sangat; paling pagi-pagi

Bakri Musthafa = Laki-laki yang lebih dahulu terpilih

Balhaqi = Imam Balhaqi

Balhaqi Nukman Tamam = Balhaqi yang memperoleh anugrah kesempurnaan

Baliq = Fasih; pintar

Baliq Mufid = Laki-laki yang fasih (pintar) dan memberi faedah

Balwa = Musibah; bencana; mara bahaya

Banan = Ujung jari

Banan Farid = Laki-laki bagaikan perhiasan yang mahal dipakai di ujung jari

Bandarsyah = Tempat berguru ilmu agama (Jawa)

Bangkit = Kejayaan telah tegak (Melayu)

Baqir = Berilmu, berpengetahuan

Baqir = Penhancur; pemusnah; pembelah (kejahatan)

Baqir Manaf = Laki-laki penghancur (kejahatan) dan selalu memenanginya

Bari = Pandai; pintar; cerdas

Bari Abdul Jalil = Seorang hamba Allah yamg pandai dan mulia

Bariq = Bersinar; berkilau; bercahaya

Bariq = Cahaya kemilau

Bariq = Pancaran Nur; bercahaya; bersinar

Bariq = Pancaran nur; cahaya; sinar

Bariq Jamaluddin = Laki-laki yang pancaran nurnya sebagai keindahan agama

Bariq Taufiqurrahman = Laki-laki yang pancaran nur dan memperoleh karunia dari Yang Maha Pengasih

Barizun = Muncul; menonjol

Barizun Manaf = Laki-laki yang kemampuannya muncul mengungguli lainya

Barra = Kobaran api

Barra Malik Hawwas = Laki-laki yang memiliki semangat berapi-api berkobar bagaikan raja yang berkuasa

Barrudin = Berbakti pada agama (Arab)

Basil = Pemberani

Basil Basyiruddin = Laki-laki yang pemberani sebagai pengantar berita baik tentang agama

Basim = Senyum; tawa halus

Basim = Tersenyum; tawa lembut

Basim Mudzaffar = Laki-laki yang penuh senyum kemenangan

Basman = Banyak tersenyum (Arab)

Basman Otilie = Pahlawan keberuntungan yang banyak tersenyum

Bassam = Senantiasa; selalu tersenyum

Bassam = Tersenyum; tawa lembut

Bassam Jalaluddin = Laki-laki yang senantiasa tersenyum ramah untuk kemuliaan agama

Basukiharja = Selamat dan sejahtera (Jawa)

Basukiharja Yaqdhan = Orang yang terjaga, selamat dan sejahtera

Basyir = Pembawa berita; kabar baik

Bathalun = Pejuang; pahlawan

Bayanuhu = Menjelaskan; menerangkan

Bayyinah = Bukti, dalil

Bazla = Bijaksana

Bazla Danah Bayyinah = Laki-laki memiliki sikapnya yang bijaksana laksana batu mulia

Beryl = Permata yang berharga

Beryl Hamizan Rabbani = Laki-laki yang laksana permata berharga memiliki kecerdasan serta arif dan saleh

Bi’Ilmihi = Dengan ilmu; pengetahuan

Bilfaqih = Orang yang mengerti ilmu fiqih atau hukum Islam

Bilfaqih Dhia Muhyiddin = Laki-laki yang mengerti ilmu fiqih sebagai cahaya untuk menghidupkan agama

Bililmi = Ilmu; pengetahuan

Billah = Dekat dengan Allah

Billah = Karena Allah

Billah = Kepada Allah

Bimo = Berani, perkasa

Bintang : Bintang, benda langit

Bintang Atarahman = Laki-laki laksana bintang yang bersinar terang dengan penuh belas kasih

Bisyir = Berita menyenangkan; kabar gembira

Bisyir Mahasin = Laki-laki yang menjadi berita menyenangkan bagi kebaikan menyeluruh

Bonaro = Teman, sahabat

Bratajaya = Tingkah laku terpuji (Jawa)

Budair = Melangkah; berjalan cepat

Budair Sabilillah = Laki-laki yang melangkah cepat menuju jalan Allah

Buhairil = Samudra; lautan

Bukhari = Nama periwayat hadist (imam bukhari)

Bukhari Hafizhuddin = Bukhari yang sebagai pemelihara agama

Bunyan = Bangunan

Bunyanuddin Al-Matin = Laki-laki penghuni bangunan agama yang kuat

Buraidah = Kesegaran

Buraidun = Dingin; sejuk

Buraidun Mahfudh = Laki-laki yang terjaga berhati dingin

Burairah = Berbakti, berbuat baik

Burairah Azad Rahmani = Laki-laki yang berbakti dengan berzuhud dan penyayang

Burhan = Fakta; bukti; dalil

Burhanuddin Annail = Laki-laki yang pemberi sebagai fakta tentang kebenaran agama

Busrain = Sejuk

Busrain Buraidah = Laki-laki memiliki perjalanan hidup dengan kesejukan hati dan kesegaran raga

Bustan = Taman; kebun

Bustan Ibadir Rahman = Taman hamba-hamba Allah Yang Maha Pengasih

Caesar = Kaisar, pemimpin

Calief, Khalifah : Penerus pemimpin (Arab)

Candra : rembulan (Jawa)

Candra Dhawy = Rembulan yang bersinar

Charemon = Semangat bergembira

Charemon Abdul Hafiz = Laki-laki yang memiliki semangat bergembira menjadi hamba Allah yang terpelihara

Chiko = Panah

Chiko Abdul Qohar = Laki-laki yang seperti panah menjadi hamba Allah yang perkasa

Cleine = Terkenal

Cleine Thanos Al Faruq = Laki-laki yang terkenal mulia sebagai pembeda antara yang haq dengan bathil

Dadi = Jadi

Dadi Harja Harimurti = Anak laki-laki yang menunjukkan jalan kebaikan demi keselamatan hidup

Dadi Priya Prayitna = Laki-laki yang selalu waspada dalam menghadapi tantangan hidup

Dafa, Daffa : Pembela, orang yang punya pertahanan yang kuat Pembela (Arab)

Daffa = Banyak memiliki pertahanan diri (Arab)

Daffa = Penjaga; pengawal

Daffa Arya Ghossan = Pembela kebenaran bagi siapa saja dan akan selalu memberikan kesejukkan di mana pun dia berada

Daffa Bunyanuddin = Laki-laki yang sebagai penjaga bangunan agama

Daffa Hafizh = Banyak memiliki pertahanan dri dan memelihara sesuatu

Daliman = Laki-laki gesit

Daliman Pramana Prasetya = Laki-laki gesit dan waspada yang setia terhadap janji (komitmen tinggi)

Danadyaksa = Penjaga kemamkmuran

Danadyaksa Hernando Yusuf = Laki-laki yang menjadi penjaga kemakmuran, gagah berani serta terkenal ketampanannya

Danah = Batu mulia

Danial = Berpengetahuan, bijak, hikmat

Danial Wijaya Ramadhan = Laki-laki yang hikmat dengan ketenangan di dalam bulan yang suci

Darka = Cinta damai (Jawa)

Dary = Orang yang arif (Arab)

Dary Hamidudin = Orang yang arif dan agamanya terpuji

Demetrio = Penutup bumi

Demetrio Izzudin Ardani = Laki-laki yang menjadi penutup bumi yang suci dan penuh kemuliaan agama

Dhafir = Menang; juara

Dhafir Tsabit = Laki-laki yang mendapatkan kemenangan tangguh (tak terkalahkan)

Dhahir = Menolong; membantu

Dhahir Tamam = Laki-laki yang gemar menolong dengan sempurna

Dhaifullah = Tamu Allah

Dhaifullah Al-Basyir = Sebagai tamu Allah yang mengantarkan berita menyenangkan mengenai agama

Dhaifullah Al-Muhtaram = Sebagai tamu Allah yang terhormat

Dhamirus = Langsing; semampai; proporsional

Dhamirus Safwan = Laki-laki yang langsing sebagai rekan dekat sekali

Dhawy : bersinar (Arab)

Dhayfullah = Tamu Allah

Dhia = Cahaya, sinaran

Dhiau = Pancaran cahaya; nur; sinar

Dhiau = Pancaran nur; cahaya; sinar

Dhiau Al-Haq = Laki-laki yang memancarkan nur kebenaran

Dhiauddin Al-Munir = Laki-laki yang memancarkan cahaya agama yang terang

Dhiaulhaq = Sinar, cahaya haq

Dhiaulhaq Faqih Arrahman = Laki-laki yang paham dengan cahaya haq dari Yang Maha Pengasih

Dhiaurrahman = Cahaya dari Yang Maha Pengasih

Dhiaurrahman = Sinar, cahaya yang pengasih

Dhiaurrahman Zahid Hamizan = Laki-laki yang memiliki sinar yang pengasih, pintar, kuat dan tampan serta menjauhkan diri dari

Dhiyaulhaq = Sinar kebenaran

Din = Agama

Din = Balasan, anugerah, ketaatan

Din Fahmi Fakhrudin = Laki-laki yang memahami ketaatan agama dan membanggakan

Dzaka = Pandai; pintar; cerdas

Dzaka Anis Al-Karim = Laki-laki yang pandai, ramah dan mulia

Dzakawan = Harum baunya (Arab)

Dzakawan Raihan = Pohon yang sedap baunya dan harum semerbak

Dzaki = Cerdas, pandai

Dzaki Buhairil Ma’arif = Laki-laki yang pintar menpunyai berilmu banyak bagaikan samudra

Dzaki Ibadurrahman = Laki-laki yang pintar dari para hamba Allah Yang Maha Pengasih

Dzaki Misdaq Mu’tashim = Laki-laki cerdas yang jujur bertutur dan mampu menjaga dari perbuatan dosa

Dzaki Rahmatullah = Laki-laki pintar yang memperoleh barokah Allah

Dzakwan = Harum semerbak; wangi

Dzakwanu = Wangi; harum semerbak

Dzakwanul Karim = Laki-laki yang baunya wangi semerbak dan mulia

Dzaky = Cerdas, pandai (Arab)

Dzaky Dzulhilmi Abdurrohman = Laki-laki yang cerdas dan penyabar serta menjadi hambanya Yang Maha Pengasih

Dzaky Sayyaf = Ahli pedang yang cerdas

Dziban = Pencegah; penghalau

Dziban Hatim = Laki-laki pencegah kesesatan untuk mensucikannya

Dzihni = Akal; nalar, rasio

Dzihni Labib Salim = Laki-laki yang berakal sehat dan selamat dari penyimpangan berpikir

Dzikra = Dari kata Dzikir, artinya mengingat Allah SWT.

Dzil = Mempuyai; memiliki

Dziyab = Kaya harta benda

Dziyab Mahasin = Laki-laki kaya harta gemar berbuat kebaikan dengan hartanya

Dzu = Memiliki; mempunyai

Dzubyanul = Haus; dahaga

Dzubyanul Arif Bililmi = Laki-laki yang bijaksana yang haus dengan ilmu

Dzul = Mempunyai; memiliki

Dzul Kirom Al-Munawwar = Laki-laki yang mempunyai kemuliaan dengan pancaran cahaya

Dzulfadli = Yang memiliki kelebihan

Dzulfadli Salim Hauzan = Manusia laki-laki yang memiliki kelebihan dan terhindar dari bencana

Dzulfikar = Nama pedang Rasullullah SAW

Dzulfikar Al-Husam = Laki-laki bagaikan pedang Rasullullah SAW yang tajam

Dzulfikar Thufail = Laki-laki bagaikan pedang Rasullullah SAW yang Halus

Dzulhannan = Penuh; banyak kasih sayang

Dzulhannan Mubarak = Laki-laki yang penuh kasih sayang dan dirahmati

Dzulhijjah = Bulan Dzulhijjah

Dzulhijjah Mufid Khairuddin = Laki-laki yang dilahirkan pada bulan Dzulhijjah yang memberi manfaat dan kebaikan agama

Dzulhilmi : Penyabar, penyantun

Dzulhilmi = Penyabar, penyantun

Dzulhilmi Rizqy Abdurrohman = Seorang penyabar dan penyantun dan merupakan Hamba-Nya yang Maha Pengasih serta dapat dimudahkan

Dzulqa’dah = Bulan Dzulqa’dah

Dzulqa’dah Muti At-Taysir = Laki-laki yang dilahirkan pada bulan Dzulqa’dah yang mendatangkan kemudahan

Dzumalin = Kaya harta

Dzumalin Rahim = Laki-laki yang kaya harta dan pengasih

Eep = Tampan, rupawan

Eep Yusran Sa’idan = Laki-laki tampan yang dilimpahkan kemudahan jalan menuju kebahagiaan

Efendi = Kebahagiaan dan kecintaan

Efendi Mufid Mu’tashim = Laki-laki dengan kebahagiaan dan kecintaan suci yang dapat memberikan manfaat

Eliyanta = Berjiwa besar (Jawa)

Emyr = Mulia (Latin)

Emyr Salim Hauzan = Manusia yang mulia dan terhindar dari bencana

Erabbani, Rabbani : 1) Hebat. Luar biasa (Afrika). 2) Karena Allah semata-mata (Arab)

Fachry : Bersahaja

Fadhaililah = Anugrah; karunia; rahmat Allah

Fadhailur = Keutamaan; Karunia; anugrah

Fadhil : Mulia

Fadhilah = Keutamaan

Fadhilah Faida Fauziyah = Laki-laki yang memperoleh keutamaan, kebahagiaan serta kesuksesan hidup

Fadhilul = Keutamaan; mulia

Fadhilul Amal = Laki-laki yang mempunyai keutamaan beramal

Fadhlan = Keutamaan

Fadhlan Arkhan Fathurrahman = Laki-laki yang memiliki keutamaan dan memuliakan menjadi pembuka kejayaan Yang Maha Pengasih

Fadhlan Nabil Mutawakkil = Laki-laki yang cerdik dan bertawakal serta mendpatkan keutamaan

Fadhlur = Karunia; anugrah

Fadhlur Rahman Al-Kausar = Laki-laki yang memperoleh karunia banyak dari Yang Maha Pengasih

Fadhlurrahman = Keutamaan dari Allah, anugerah Ar-Rahman

Fadhlurrahman Adskhan = Laki-laki yang ksatria mendapatkan keutamaan dari Allah

Fadhlurrrahman = Keutamaan dari Allah (Arab)

Fadhly = Anak terakhir

Fadhly Amalul Arifin = Laki-laki menjadi anak terakhir yang bijaksana dan suka beramal

Fadholi = Keutamaan; kelebihan

Fadholi Tamam = Laki-laki yang punya keutamaan sempurna

Fadil = Mulia

Fadil Mahfuzh Murtadha = Laki-laki mulia yang terpelihara dari dosa dan mendapat restu

Fadli = Kelebihanku

Fadli Akram I’tisham = Laki-laki mulia yang memiliki kelebihan dan berpegang teguh pada kebenaran

Fahim = Mengerti; memahami; mengetahui

Fahim Hayatuna = Laki-laki yang dapat mengerti tentang kehidupan kami

Fahman = Pengertian; pemahaman

Fahman Abadan = Laki-laki yang punya pengertian selamanya

Fahmi = Pemahaman; pengertian

Fahmi Amaluddin = Laki-laki yang mempunyai pemahaman terhadap amal agama

Fahreza = Ksatria

Fahrudin = Kebanggaan agama (Arab)

Fahrudin Rahmat = Kebanggaan agama adalah kebaikan dan kenikmatan dari Allah

Faida = Keuntungan

Faiq = Unggul; terdepan

Faiq Muntasir = Laki-laki yang unggul lagi menang

Fairburn = Anak yang tampan (Teutonic)

Fairburn Ibni = Anak laki-laki yang tampan

Fairel : Putra yang berani (Welsh)

Fairel Atharizz Calief = Putra pemberani, tulus dan kuat, penerus keluarga

Fairuzt = Batu permata

Fairuzt Zulfadli Rabbani = Laki-laki yang bagaikan permata mempunyai kelebihan selalu teringat kepada Rabb-Nya

Faisal = Pemisah antara haq dan batil (Arab)

Faisal Hamdan Haritsah = Laki-laki pemberani dan terpuji senantiasa mampu menyelesaikan persoalan

Faisal Jadilah = Pemisah antara haq dan batil yang tinggi dan mulia

Faisal Zihni Dhiyaulhaq = Laki-laki yang menjadi pemisah antara haq dan bathil serta kekuatan akalku mendapat sinar kebenaran

Faishal = Pemisahan haq dan batil; hakim

Faishal Imamul Hakim = Penguasa yang bijaksana bisa memisahkan antara haq dan batil

Faishal Munadi = Hakim yang menyerukan kepada kebaikan

Faiz = Menang (Arab)

Faiz Junaid Jufri = Tentara yang menang bagaikan singa

Faiz Kamaluddin = Laki-laki yang mendapat kemenangan dalam kesempurnaan agama

Faiz Kenzie Hamizan = Laki-laki pemimpin yang bijaksana mendapat kejayaan juga cerdas, kuat, tampan

Faiz Syarif = Laki-laki yang memperoleh kemenangan yang mulai

Faizan = Pemimpin

Faizan Akbar Ramadhan = Laki-laki yang menjadi pemimpin besar dan lahir pada bulan Ramadhan bulan yang suci

Fajar = Waktu fajar, pagi hari (Arab)

Fajar Faiz Fauzan = Laki-laki memiliki cahaya yang menemani kehidupan menuju kejayaan dan keberhasilan

Fajar Rawikara = Berkas sinar matahari pada pagi hari

Fajari = Waktu fajar

Fajari Khairullah = Waktu fajar dijadikan sebagai kebaikan dari Allah

Fajri = Waktu fajar, cahaya

Fajri Syahdan Naufal = Laki-laki yang mendapatkan cahaya kebenaran dan gemar memberikan pertolongan

Fakhir = Istimewa

Fakhir Hafuza Latief = Laki-laki yang teristimewa menjadi pemberi semangat serta lembut dan menyenangkan

Fakhir Muhammad Mumtaz = Laki-laki yang sangat terpuji menjadikan kebanggaan istimewa

Fakhri = Kebanggan

Fakhri Ali Azadi = Anak laki-laki yang memiliki sifat mulia dengan suatu kebebasan dan kebanggaan yang dimilikinya.

Fakhri Jauhari Al-Islami = Laki-laki yang menjadi kebanggaan bagai permataku yang beragama Islam

Fakhril = Kebangaan

Fakhruddin = Kebanggaan; kebesaran agama

Fakhruddin = Keindahan agama

Fakhruddin Mumtaz = Laki-laki istimewa yang menjadi kebanggaan agama

Fakhrudin = Kebanggaan agama

Fakhry : Kemegahanku, kebanggaan

Fakhry Zahran Rabbani = Kemegahan dan Keindahan semata-mata karena Allah SWT

Fakih = Ahli hukum

Fakih Abdul Salam = Laki-laki yang menjadi ahli hukum dan hamba yang selamat

Falahuddin = Kejayaan; kesuksesan; keberhasilan

Falahuddin Mumtaz = Laki-laki istimewa yang memelihara kejayaan agam

Falih = Beruntung; sukses

Falih Ubaidillah = Laki-laki yang beruntung sebagai hamba Allah

Faqih = Ahli fiqih (Arab)

Faqih Asyraf Hafuza = Laki-laki yang mengerti dan lebih mulia menjadi pemberi semangat

Faqih Fakhril Fahreza = Laki-laki ksatria yang mudah mengerti lingkungan dan menjadi kebanggaan orang lain

Faqih Luqman Syakib = Laki-laki yang mendapat jalan terang dalam pemahaman dan suka memberikan kebaikan

Faqih Tamim = Ahli fiqih yang memiliki daya cipta sempurna

faqihu = Paham pengetahuan; ilmu; ahli fiqih

Faqihul = Ahli fiqih; paham ilmu agama

Faqihul Hakim = Laki-laki ahli fiqih yang bijaksana

Farhan = Berceria; bergembira; senang

Farhan Abadan = Laki-laki yang selalu berceria

Farhan Jauhari Sirajuddin = Anak yang selalu riang gembira, menjadi permata hati orang tua dan bisa menjadi cahaya bagi agamanya

Farhan Saadan Rahmani = Laki-laki yang berbahagiaan menjadi kesayanganku dan selalu bergembira

Farhat = Kebahagiaan

Farhat Fadil Fawwaz = Laki-laki mulia yang kelak menuai kebahagiaan dan kesuksesan hidup

Farid = Yang istimewa

Farid Ardiman = Laki-laki yang tegak bagikan gunung dan tidak ada bandingannya

Farid Irfan Hakim = Laki-laki yang sebagai perhiasan ilmu dengan bijaksana

Faris : Satria berkuda

Faris = Cerdas; pintar; pandai

Faris = Luar biasa, tiada tara, berpikiran luas

Faris Dzulkhairil Muna = Laki-laki cerdas yang memiliki cita-cita terbaik

Faris Ghaisan Rabbani = Laki-laki yang senatiasa alim juga rupawan serta arif dan saleh

Fariz = Luar biasa, tiada tara, berfikir luas

Fariz Fauzi Firaz = Laki-laki yang berfikir luas dan tajam menyongsong masa depan bahagia dan jaya

Fariz Naufal = Pemuda luar biasa yang tampan dan dermawan, berfikiran luas

Fariz Naufal Rabbani = Laki-laki pemuda tampan dan dermawan yang berpikiran luas serta arif dan saleh

Farjana = Baik, pandai, cerdas

Farjana Majid Azizan = Laki-laki yang memiliki kecerdasan juga dihormati, mulia dan kuat

Farras = Pintar; cerdas; pandai

Farras Hazim = Laki-laki pintar yang bercita-cita luhur

Farrel = Pemberani

Farrel Bimo Bonaro = Laki-laki memiliki rasa persahabatan tinggi, pemberani dan perkasa

Faruq = Pembeda antara haq dan bathil

Faruq Abdul Hafiz = Laki-laki yang menjadi pembeda antara haq dan bathil dengan hamba yang memelihara

Faruq Aminullah = Laki-laki yang menjadi pembeda haq dan batil atas amanah dari Allah

Farzana = Bijak dan pandai, cerdas

Fashih = Fasih bercakap; lancar berlogat

Fasih = Fasih berkata; berbicara

Fasih faqihuddin = Laki-laki yang fasih berkata dan mempunyai pemahaman pengetahuann

Fathi = Pembuka

Fathi Sabilul Muttaqin = Laki-laki pembuka jalan bagi orang-orang yang bertaqwa

Fathian = Kemenangan

Fathian Akbar Fathurrahman = Laki-laki yang mendapat kemenangan terbesar untuk pembuka kejayaan dari Yang Maha Pengasih

Fathin = Cerdas (Arab)

Fathir : Pencipta

Fathir Ahmad Azzamy = Pencipta/penemu yg berakhlak mulia dan mempunyai kebulatan tekad yg kuat

Fathul = Pembuka kejayaan

Fathul Islam = Pembuka kejayaan Islam

Fathurrahman = Pembuka kejayaan Yang Maha Pengasih

Fathurrahman = Pembuka kejayaan Yang Maha Pengasih

Fathurrahman = Pembuka kejayaan Yang Maha Pengasih

Fathurrahman = Pembukaan, kejayaan Allah yang maha pengasih

Fatih = Pemenang (Arab)

Fatihuddin Fawwas = Laki-laki yang menundukan suatu wilayah demi kejayaan agama

Fattah = Pembuka (dari Asmaul Husna Al-Fattah)

Faustin = Beruntung

Fausto = Beruntung

Fauzan = Kemenangan; keunggulan

Fauzan Adli Azhim = Laki-laki yang mendapat kemenangan dengan adil dan agung

Fauzan Ahnaf Fathul Islam = Laki-laki dengan kemenangan yang berpegang teguh terhadap ajaran agama sebagai pembuka ajaran Islam

Fauzan Akbar = Kemenangan besar

Fauzi = Keunggulan; Kemenangan

Fauzi Naif Fathurrahman = Laki-laki yang memiliki kemenangan tinggi sebagai pembuka kejayaan dari Yang Maha Pengasih

Fauzi Nur Rahman = Laki-laki yang punya keunggulan dengan cahaya dari Yang Maha Pengasih

Fauziyah = Kemenangan

Favian = Laki-laki pemberani

Favian Fahman Firaz = Laki-laki pemberani yang berfikir tajam dan mudah memahami jalan kehidupan

Fawwas = Kejayaan; Kemenangan

Fawwaz Jalaluddin = Laki-laki yang senantiasa unggul dalam kemuliaan agama

Fayyadh : Orang yang mulia (Arab)

Fayyadh Pratama = Orang yang mulia dan paling ulung

Fayyadh Rifqi Muhammad = Saudara yang baik adalah orang yang mulia dan terpuji

Faza : Mekar, musim semi (Arab)

Faza Akbar Ramadhan = Laki-laki yang lahir pada bulan ramadhan di musim semi yang berjiwa besar

Fidel = Setia, bisa dipercaya (Latin)

Fidel Ibni = Anak laki-laki yang setia dan bisa dipercaya

Fikri = Pemahaman; pemikiran

Fikri Aulia = Laki-laki yang punya penalaran tinggi

Fikri Hanif Muslimin = Laki-laki yang mempunyai pemahaman yang benar dari golongan muslim

Fikri Nazril Naufal = Laki-laki yang berfikir dengan baik, pemaaf dan suka memberikan pertolongan

Fillio = Pemimpin yang baik hati

Fillio Farzana Averroes = Laki-laki yang menjadi filosof Islam pemimpin yang baik hati serta bijak dan cerdas

Firaz = Berfikir tajam

Firdaus = Surga yang tinggi

Firdaus Jamal = Laki-laki yang semoga jadi penghuni surga indah

Firiham = Hujan ritik-rintik; gerimis berkepanjangan

Firjatullah = Kelapangan rezeki dari Allah (Arab)

Fisabilillah = Di jalan Allah

Fritz = Penguasa yang baik hati (Jerman)

Fritz Rif’at = Penguasa yang baik hati dan tinggi martabatnya

Fuad = Hati; benak

Fuad Abdul Ghani Muthmain = Seorang hamba Allah yang kaya dan berhati damai

Furqan = Pembeda haq dan batil

Furqan Bahauddin = Laki-laki yang menjadi pembeda haq dan batil sebagai keindahan agama

Galang = Membuat, mendirikan (Jawa))

Galang Bangkit Ramadhan = Membuat kejayaan yang tegak pada bulan Ramadhan

Ghaffar = Pengampunan; pertobatan

Ghaffaruddin Mahud = Laki-laki yang terpuji memperoleh pengampunan dosa dalam agama

Ghaffarullah = Allah Yang Maha Pengampun

Ghaisan = Rupawan

Ghaisan Ahmad Altamis = Seorang panglima rupawan yang punya sifat terpuji

Ghaitsul = Hujan deras; lebat

Ghaitsul Mubarakah = Laki-laki bagaikan hujan deras yang membawa karunia

Ghali = Paling bernilai; amat berharga

Ghali Ibadurrahman = Laki-laki yang paling bernilai dari para hamba Allah Yang Pengasih

Ghalib = Unggul; menang

Ghalib Munawwir = Laki-laki yang unggul dan bercahaya

Ghaly = Berharga, mahal (Arab)

Ghaly Majdudin Rafif = Kemuliaan agama yang berharga dan berakhlak baik

Ghandur = Pemuda rupawan; tampan; bagus

Ghandur Zainuddin = Seorang pemuda yang rupawan laksana permata agama

Ghani = Kaya, mewah (Arab)

Ghani Hasib = Berketurunan mulia dan kaya

Ghani Marwan Hanan = Laki-laki kaya yang mendapat karunia dengan cara benar

Ghayyas = Hujan deras; lebat

Ghayyas Ma’arif = Laki-laki yang berilmu luas bagaikan hujan deras

Ghazali = Rusa; kijang yang bagus;indah; nama Ulama Islam

Ghazali Zain = Laki-laki bagaikan rusa yang bagus menjadi permata

Ghazi = Pejuang; prajurit; tentara

Ghazi Assuja = Seorang laki-laki pejuang yang pemberani

Ghazir = Berlebihan; berlimpah

Ghazir Marzuq Amin = Laki-laki yang menjaga amanah berlebihan dikasih rezeki

Ghazy = Pejuang (Arab)

Ghazy Irham = Pejuang yang mengasihi orang lain

Ghirrid = Pintar bercakap; berkata; berbicara dalam pidato

Ghirrid Al-Bassam = Laki-laki yang pintar bercakap dan senantiasa bersuka ria

Ghiyats = Suka membantu; penolong

Ghiyats Ahmad Fawwaz = Laki-laki yang suka membantu terpuji lagi beruntung

Ghofirullah = Pemberi ampunan Allah

Ghofirullah Fawwaz = Laki-laki yang berbahagia memperoleh ampunan Allah

Ghofran = Pemaaf / penyabar

Ghonim = Keuntungan; kebahagiaan

Ghonim Musthafa Adli = Laki-laki terpilih yang beruntung dan adil

Ghossan : Memberikan kesejukkan (Arab)

Ghufran = Dapat ampunan

Ghufran Rabby Ar-Rahman = Laki-laki yang mendapat ampunan Tuhan Yang maha Pengasih

Ghulam = Pemuda

Ghulam Muizuddin = Seorang pemuda yang menjadi kemuliaan agama

Ghurub = Tenggelam; terbenam

Ghushun = Macam-macam; cabang

Ghushun Ni’amillah = Lali-laki yang mendapat macam-macam nikmat Allah

Gibran = Yang paling pandai

Gibran Ahmad Ramadhan = Anak yang terpandai yang lahir di bulan ramadhan dan sifatnya terpuji

Gunther = Prajurit yang giat (Anglo Soxon)

Gunther Hanif = Prajurit yang giat dan berperang teguh pada Islam

Habbab = Maha Pengasih

Habib = Kesayangan; kekasih

Habib = Yang tercinta

Habib Hasyim Husaini = Laki-laki tercinta dan pemurah selalu berbuat kebaikan untuk dirinya dan orang lain

Habibi = Kekasihku, kesayanganku (Arab)

Habibi Habbab = Anak laki -laki kesayangan yang diciptakan sang maha pengasih.

Habibi Qurrotu Aini = Laki-laki kesayangan yang menjadi penyejuk mata

Habibi Zayan = Kekasihku yang sangat elok wajahnya

Habibillah = Kekasih Allah

Hadaya = Hadiah; Kado pemberian

Hadaya Mufida = laki-laki yang berfaedah sebagai hadiah (Karunia Allah)

Hadi = Penunjuk jalan

Hadi Hadwan Hafiz = Laki-laki yang tenang dan tanggung jawab dan menjadi penunjuk jalan hidup yang benar

Hadif = Yang lurus

Hadil = Penuntun; petunjuk; pengarah jalan

Hadil Mahasin = Laki-laki yang sebagai penuntun jalan kebenaran

Hadrian = Pria dari lautan (Latin)

Hadwan = Ketenangan

Hadwan Harsa Haryaka = Laki-laki yang hidupnya tenang, gembira dan senantiasa berbuat mulia

Hady : Menunjukkan ke jalan kebaikan

Hadyen = Tepia lembah bukit berpadang rumput (Inggris)

Hadza = Ini

Hadza AbduhuYasykur = Laki-laki ini yaitu hamba-Nya yang selalu bersyukur

Hadza Masy’alul Ibad = Laki-laki ini yang selalu membakar dosa (menginsafkan) para hamba Allah

Hafidz = Memelihara

Hafidzuddin = Pemelihara, penghafal

Hafidzuddin Al Gazali = Laki-laki yang filosof Islam al ghazali pemelihara agama

Hafiz = Tanggung jawab

Hafizh : laki-laki penghafal Al-Qur’an (Arab)

Hafizh = Merwat; memelihara; menjaga

Hafizh Mahardika = Laki-laki penghafal Al-Qur’an yang berbudi luhur

Hafizh Prataya = Laki-laki penghafal Al-Qur’an yang terpercaya

Hafizh Syadi Ismallah = Laki-laki penghafal Al-Quran yang senang melantunkan nama-nama Allah

Hafizh Zikri Alif = Laki-laki yang lembut dan ramah menjadi penghafal Al quran serta selalu mengingat Allah.

Hafizhuddin = Pemelihara; penjaga; merawat agama

Hafuza = Pemberi semangat

Haidar = Berani, singa

Haidar Aziz = Laki-laki bagaikan singa yang perkasa

Haidar Mujahid Liwaiun Nasari = Laki-laki yang laksana singa sebagai pejuang panji kemenangan

Haikal = Akar yang besar dan subur

Haikal Anindito Argani = Laki-laki yang bagai pohon yang besar dan subur sempurna serta berani menghadapi bahaya

Hajar = Berpendidikan

Hajidullah = Bertahajud kepada Allah

Hajiduz = Senang shalat tahajud

Hajiduz Zaman = Laki-laki yang senang shalat tahajud sepanjang hari

Hakim = Arif; bijaksana

Hakim Tahiyyah = Laki-laki bijaksana yang menjaga kehormatannya

Halim = Suka menolong; membantu

Halimun = Kabut

Halimun Hamun Humayun = Laki-laki yang suci bagi kabut dan penyayang senantiasa hidupnya bahagia

Hamani = Pemberi semangat

Hamani Bariq Azizan = Laki-laki yang mulia menjadi pemberi semangat dan memiliki cahaya yang kemilau

Hamdan = Memuji; menyanjung; memuja

Hamdan Hisyam Haikal = Laki-laki makmur, pemurah, terpuji dalam tindakan dan perilakunya

Hamdan Samah = Laki-laki yang tenggang rasanya suka memuji nama Allah

Hamdi = Pujian; sanjungan

Hamdi Azmi Syakur = Pujian kekuatan hati bagi orang yang bersyukur

Hamdun = Pujian; sanjungan

Hamdun Karim = Laki-laki mulia yang menjadi pujian

Hamid = Yang Maha Terpuji

Hamid Abdul Karim = Laki-laki yang menjadi hamba Allah yang terpuji dan maha mulia.

Hamid Syarifuddin = Laki-laki yang menyanjung untuk kemuliaan agama

Hamidudin = Agamanya terpuji (Arab)

Hamidullah = Memuji Allah

Hamizan = Cerdas, kuat, tampan

Hammadi = Pemuja; pemuji; penyanjung

Hammadi Harun Hawari = Laki-laki mulia dan setia yang mensyukuri karunia Tuhan

Hammadi Rabbal Ulya = Laki-laki yang senang memuja Tuhan Yang Maha Tingga

Hammam = Memiliki keinginan kuat; besar; keras

Hammam Amanullah = Laki-laki yang memiliki keinginan kuat di jalan Allah

Hammam Nur Musthafa = Laki-laki yang memiliki keinginan besar sebagai sinar orang yang terpilih

Hammamun = Punya keinginan besar; kemauan keras

Hamud = Memuji; memuja; menyanjung

Hamun = Jatuh cinta

Hamzah = Kuat

Hamzah Mu’min Mu’tashim = Laki-laki yang kuat dan beriman tindakannya selalu mampu menghindari dosa

Hanafi = Imam Hanafi

Hanafi Hamzah = Imam Hanafi yang Kuat

Hanafi Muhadzdzib = Imam Hanafi yang memiliki akhlak terpuji

Hanafi Musthafa Kamil = Pengikut imam Abu Hanafi yang terpilih dan sempurna

Hanan = Kasih sayang; penyayang

Hanan = Rezeki

Hanan Dzulhilmi = Laki-laki yang memiliki rasa kasih sayang dan kesabaran

Hanan= Karunia; rezeki; berkah

Hanbali = Nama ulama; Imam Hanbali

Hanbali Faqihul Hakim = Pengikut Imam Hanbali faham dengan ilmu agama dan bijak

Hanbali Marwan = Hanbali orang imam yang benar

Hanif = Benar; Lurus; teguh beragama

Hanif Arkan Khairul Anam = Laki-laki muslim yang teguh dan lurus serta memuliakan adalah sebaik-baiknya manusia

Hanifan = Benar; lurus dalam beragama

Hanifan Musliman = Laki-laki muslim yang benar dalam menjalankan agama

Hannan = Kasih sayang; menyayangi

Hannan Habibillah = Laki-laki yang menjadi kekasih Allah dengan penuh kasih sayang

Haqqun = Benar

Harimurti = Sinar matahari

Harith = Kuat, berusaha

Harith = Kuat, selalu berusaha

Haritsah = Pemberani

Harja = Selamat

Harraz = Yang amat warak

Harsa = Kegembiraan

Hartanta, Hartanto : Berjiwa kaya (Indonesia)

Harun = Mulia

Haryaka = Dimuliakan

Hasan = Baik, bagus

Hasan = Kebaikan; kebagusan

Hashif : Berakal dan mempunyai pendapat yang bagus

Hasib = Berketurunan mulia (Arab)

Hasib = Berketurunan mulia (Arab)

Hasib Nalar = Berketurunan mulia dan berakal budi

Hassan = Bagus, yang membuat sesuatu menjadi baik (Arab)

Hassan = Baik; bagus; indah

Hassan Ikhwan Ma’rufi = Laki-laki yang baik dan membuat sesuatu menjadi baik

Hassan Sa’dan = Laki-laki yang baik dan berbahagia

Hasyim = Pemurah; pemberi

Hasyim Maimun = Laki-laki yang pemurah dan di karuniai

Hatim = Suci; murni

Hatim Shubhi Azhim = Laki-laki terlahir suci di pagi yang Agung

Hauzan = Mahluk manusia (Arab)

Hawari = pengikut setia; loyal

Hawari Maksum = Pengikut setia yang selalu terpelihara kehormatannya

Hawwas = Yang bersemangat

Haya = Kehidupan

Hayah = Kehidupan

Hayatuna = Kehidupan kami

Hayyan = Hidup

Hayyan Mufida = Laki-laki yang senantiasa hidup (produktif) dan bermanfaat

Hazig = Cerdas, cerdik

Hazig Hazim Gibran = Laki-laki yang memiliki kecerdasan, bijak dan yang paling pandai

Hazim = Bercita-cita luhur; orang yang teliti

Hazim Hamidudin = Berkemauan keras dan terpuji agamanya

Hazim Sadid Al-Karim = Laki-laki yang selektif, tepat dan mulia

Helmy = Sabar dan berakal

Helmy Musthafa = Laki-laki pilihan yang selalu sabar

Hernando = Gagah berani, suka berpetualang

Hibatullah = Karunia; anugrah Allah

Hibatullah Al-Musyaffa = Laki-laki yang di karuniai dan mendapat pertolongan Allah

Hibban = Pengikut imam Hibban

Hibban Ahsanulkarim = Laki-laki pengikut imam Hibban yang lebih bagus dan mulia

Hidayat = Petunjuk

Hidayat Khairul Kamil = Laki-laki sempurna yang mendapat petunjuk terbaik dari Allah S.W.T

Hidayatullah = Petunjuk Allah

Hidayatullah Al-Uzhma = Laki-laki yang mendapat petunjuk Allah Yang Maha Agung

Hilal = Bulan sabit (Arab)

Hilal Argene = Bulan sabit yang berwarna keperakan

Hilal Makarim = Laki-laki bagaikan bulan sabit yang penuh kemuliaan

Hirawan = Berlian

Hirawan Hajar Haikal = Laki-laki cemerlang yang berpendidikan dan kaya dengan kreatifitas serta gagasan berlian

Hishon = Pemberani

Hishon Fatihuddin = Laki-laki pemberani yang menaklulkan suatu wilayah demi agama

Hisyam = Kemurahan

Hisyam Nizar = Laki-laki yang pemurah hati dengan sedikit berbicara — banyak bekerja

Hubbu = Menyukai; mencintai

Huda = Petunjuk

Hudallah = Petunjuk Allah

Hudallah Ad-Dawam = Laki-laki yang senantiasa tetap mencari petunjuk Allah

Humadi = Terpuji

Humadi Hamud = Laki-laki terpuji yang selalu memuji

Humam = Pemberani lagi tinggi cita-citanya (Arab)

Humam = Singa; raja rimba

Humam Mudzaffar = Laki-laki bagaikan singa yang senantiasa unggul

Humayun = Beruntung

Huntara = Berasal dari udara (Jawa)

Husaini = Kebaikanku

Husamu = Pedang yang tajam

Husamu = Pedang yang tajam

Husamul Ghalib = Laki-laki bagaikan pedang yang tajam selalu unggul — dalam peperangan

Husni = Bagus; indah

Husni Jauhari Sirajuddin = Laki-laki yang indah permataku menjadi lentera agama

Husni Mubarak = Laki-laki bagus yang di anugrahi

Hussain = Baik

Hussain Hanif Huwaidi = Laki-laki teguh dan baik yang memegang jalan kebenaran

Huwa = Dia

Huwa Wulida Firiham = Laki-laki yang dilahirkan pada saat hujan rintik-rintik yang berkepanjangan

Huwaidi = Kembali kepada yang benar

Huwaidi Muthahhar = Laki-laki yang kembali ke jalan benar dan disucikan

I’timad = Sandaran; pegangang

I’timad Ibadil Kiram = Laki-laki yang menjadi sandaran hamba-hamba-Nya yang mulia

I’tisham = Berpegang teguh

Ibad = Hamba-hamba Allah

Ibadillah = Para hamba Allah

Ibadu = Hamba Allah

Ibadullah = Hamba Allah

Ibadullah Thufail = Hamba Allah yang lemah lembut

Ibni = Anak laki-laki (Arab)

Ibni Badruddin Wanasim = Anaku laksana bulan purnama agama (memancarkan cahaya iman) memberi kesejukan bagai angin sepoi-sepoi

Ibni Humam = Anak laki-laki yang pemberani lagi tinggi cita-citanya.

Ibni Pramudya Bratajaya = Anak laki-laki yang bijaksana dan tingkah lakunya terpuji

Ibni Rafif = Anak laki-laki yang berakhlak baik

Ibni Sakhiy = Anak laki-laki yang murah hati

Ibnu = Anak

Ibnu Abdil Jadid = Anak laki-laki dari hamba-Nya yang baru

Ibnu Abdun Khasyi’ = Anak laki-laki dari hamba-Nya yang Khusyuk

Ibnu Azmi Abduh = Anak laki-laki dari hamba-Nya yang memiliki kesungguhan hati

Ibnu Fathul Islam = Laki-laki yang menjadi bapak kedokteran yang membuka kejayaan Islam

Ibnu Shina = Bapak kedokteran

Ibrahim = Nama nabi Ibrahim as

Ibtisam = Senyuman; tawa lembut

Ibtisam Khalillurrahman = Laki-laki yang murah senyum sebagai kekasih Allah Yang Maha Pengasih

Ifat = Menyucikan, senantiasa menjaga diri (Arab)

Ifat Fadhlurrahman = Keutamaan dari Allah yang senantiasa menjaga diri (menyucikan)

Ihsan = Baik

Ihsan = Kebaikan

Ihsan Muhammad Maimun = Laki-laki mempunyai kebaikan yang amat terpuji dan dikaruniai

Ihsan Rasyid Ridhwan = Laki-laki yang jiwa raganya sehat mencintai kebaikan dan memperoleh keridaan Tuhan

Ihsanuddin Zuhdi = Laki-laki yang punya kebaikan kepada agama dan rendah hati

Ihsanul = Kebaikan

Ijlal = Terhormat, mulia

Ijlal Najihul Amal = Laki-laki yang terhormat sukses dalam pekerjaannya

Ijlal Rasyid Azfar = Laki-laki yang unggul serta mulia dan bijaksana

Ikhbar = Menyampaikan berita (Arab)

Ikhbar Shaqr Akhdan = Sahabat yang menyampaikan berita dan tajam penglihatannya

Ikhlashul = Ikhlas; tanpa pamrih; imbalan

Ikhlashul Amal = Laki-laki yang ikhlas dalam perbuatan

Ikhwan Ma’rufi = Laki-laki yang baik (Arab)

Ikram = Kehormatan

Ikram Nabil Naufal = Laki-laki terhormat yang memiliki kepandaian dan senantiasa mengulurkan pertolongan

Ikramul = Memuliakan

Ilham = Perlambang; isyarat yang baik (petunjuk)

Ilham Zufar = Laki-laki yang memperoleh wahyu dengan keberanian

Ilmany = Pengetahuan; ilmu; pemahaman

Ilmy = Ilmu

Iltizam = Menggenggam dengan erat

Imadi = Bantuan, pertolongan

Imadi Ikram Iltizam = Laki-laki berkeyakinan tinggi dan terhormat selalu memberikan pertolongan

Imaduddin = Tiang agama

Imaduddin Abdulmajid = Hamba Allah Yang Maha Mulia yang mendirikan tiang agama

Imaduddin Qawim = Laki-laki yang memperkokoh tiang agama

Imam = Pemimpin ,teladan (Arab)

Imam Ardiona = Pemimpin (teladan) yang memiliki keteguhan jiwa

Imam Ayatullah Khumaini = Laki-laki yang menjadi pemimpin berwawasan luas dengan berpegang kepada ayat-ayat Allah

Imam Bratajaya = Pemimpin (teladan) yang memiliki tingkah laku terpuji

Imam Mahdi Mubasyir = Laki-laki teladan yang mendapat petunjuk dan membawa kabar gembira

Imamu = Pemimpin

Imamuddin = Pemimpin; tokoh agama

Imamul = Pemimpin; penguasa

Imamul Alamin = Laki-laki pemimpin alam semesta (khalifah)

Imamul Umam Al-Hakim = Laki-laki yang memimpin umat dengan bijaksana

Iman = Iman; keyakinan; kepercayaan

Imanuddin = Keyakinan; keimanan agama

Imanul = Iman; keyakinan

Imanul Muttaqin = Laki-laki yang mempunyai keimanan sebagai orang bertaqwa

Imran = Nama ayahanda Siti Maryam as

Imran Adib Al-Hakim = Imran yang beradap dan bijaksana

Imran Barrudin = Pemimpin yang berbakti pada agama

Imran Eliyanta = Pemimpin yang berjiwa besar

Imtinan = Teringat kebaikan; bagus

Imtinan Habibuddin = Laki-laki yang menjadi kesayangan pada agama selalu teringat akan kebaikan

Imtiyaz = Keistimewaan; kekhususan

Imtiyaz Insan Kamil = Laki-laki yang punya keistimewaan sebagai manusia sempurna

Indarabbih = Dihadapan Tuhannya

Indrawan = Berkepribadian baik

Indrawan Najib Naufal = Laki-laki yang cerdas, mulia serta suka memberikan pertolongan

Insan = Manusia

Insyirah = Kebahagiaan; kegembiraan

Insyirah Munawwar = Laki-laki yang memiliki pancaran cahaya kebahagiaan

Iqbal = Nama punjangga muslim

Iqbal Abiya = Pujangga muslim yang mulia jiwanya

Iqbal Firjatullah = Pujangga muslim yang mempunyai kelapangan rejeki dari Allah

Iqbal Hakim = Laki-laki pujangga muslim yang bijaksana

Irawan = Pengorbanan, keselamatan

Irawan Mishbah Khalifa = Laki-laki berpengabdian tinggi dan menjadi teladan serta pelita bagi kehidupan manusia

Irfan = Berilmu; berpengetahuan

Irfan Amwaluddin = Laki-laki yang berilmu menjadi harta agama

Irfan Bandarsyah = Tempat berguru ilmu agama dan pengetahuan

Irfan Najdah Nasrullah = Laki-laki yang berani dan berpengetahuan serta mendapat kemenangan hidup dari Allah

Irfanul = Ilmu; pengetahuan

Irhab = Berpikir tajam (Arab)

Irhab Qushayyi = Berpikir tajam dan jauh pemikirannya

Irham = Mengasihi orang lain (Arab)

Irsyadul = Petunjuk

Irsyadul Ibad = Laki-laki yang menjadi petunjuk bagi para hamba Allah

Irwansyah = Sebuah surat, alamat, pertanda

Irwansyah Ilham Ismawan = Laki-laki bijaksana yang mendapat petunjuk menjadi pertanda hidup baik dan bahagia

Isam = Terjaga; terpelihara

Isam Samih = Laki-laki yang terjaga dan bertoleransi

Isamuddin = Pegangan agama

Isamuddin Islah Istiqomah = Laki-laki yang memelihara jalan lurus dan agamanya demi kedamaian hidup

Islah = Kebaikan, kedamaian

Islah Lutfi Majid = Laki-laki yang baik dan mulia yang mencintai kedamaian

Islam = Agama yang selamat

Ismallah = Nama-nama Allah

Ismatu = Sanggup; kuat; mampu menjahui maksiat

Ismatu Dzakwan = Laki-laki yang sanggup menjahui maksiat dan harum namanya

Ismatun = Memelihara; menjaga; merawat

Ismawan = Teguh, bijaksana

Istaz = Pendakwah agama (Arab)

Istaz Qasim Maulana = Pendakwah yang elok dan dihormati

Istiqomah = Jalan lurus

Isyrafullah = Pantauan; pengawasan Allah

Isyrafullah Khair = Laki-laki yang memperoleh pantauan terbaik dari Allah

Isyraq = Cahaya; sinar

Isyraq Irsyadul Malik = Laki-laki yang memancarkan cahaya petunjuk Allah Yang Maha Menguasai

Iyadul = Sulit; sukar

Iyadul Qawim = Laki-laki yang kuat pendiriannya dan sulit ditundukan

Izwar = Teguh, tangguh, tak mudah menyerah

Izwar Zahid Zuhair = Laki-laki yang tangguh dan sederhana serta mempunyai jalan hidup yang penuh cahaya

Izzatullah = Kehormatan; kebanggaan Allah

Izzatullah Karim = Laki-laki mulia yang memelihara kehormatan Allah

Izzuddin = Kemuliaan agama

Izzuddin Al Islami = Laki-laki yang memiliki kemuliaan agama Islam

Izzuddin Dhayfullah = Laki-laki yang menjadi tamu Allah memelihara kemuliaan agama

Izzudin = Kemuliaan agama

Izzuhu = Kemuliaan; kehormatan

Izzuhu Bahauddin = Laki-laki yang punya kemuliaan pribadinya sebagai keindahan agama

Izzuhu Syuruq Amaluhul Ghurub = Laki-laki yang kemuliaan pribadinya muncul dari pancaran cahaya dan perbuatannya tenggelam bagai

Izzul = Kemuliaan

Izzul Islam = Kemuliaan Islam

Jabari = Berani

Jabari Mushlih Mu’tashim = Laki-laki yang berani dan konsisten berpegangan pada kebaikan dan kebenaran

Jadid = Baru, mengawali

Jadid Isam Ma’shum = Laki-laki yang baru dilahirkan dalam keadaan terpelihara dan suci

Jadid Rafid Syadid = Laki-laki yang pemberani dan penolong serta berjiwa pembaharu

Jadid Raihan Al Hakim = Laki-laki yang mengawali sesuatu dengan harum dan bijaksana

Jadilah = Tinggi dan mulia (Arab)

Jahandar = Pemilik dunia

Jahandar Nabha Nurmala = Laki-laki yang sehat dan bersemangat dalam menjaga kelestarian bumi

Jailul = Generasi; calon penerus

Jailul Mustaqbal Al-Marju = Laki-laki generasi depan yang diharapkan

Jaisyullah = Tentara; prajurit Allah

Jaisyullah Al-Jasir = Laki-laki bagai tentara Allah yang pemberani

Jaiz = Boleh; diijinkan

Jaiz Mahbubuddin = Laki-laki yang diridha’i (diperbolehkan) dan disukai agama

Jalalu = Keagungan; kemuliaan

Jalaluddin Wafi = Laki-laki yang menjadi keagungan agama yang menyempurnakan

Jalaludin = Kemuliaan; suci terpuji agama

Jalil = Hebat

Jalil Munif Muntashir = Laki-laki yang hebat dan berjaya yang mendapat kedudukan tinggi

Jalilah = Mulia; agung

Jalilah Uyunuha = Wanita yang memiliki pandangan matanya mulia

Jam’anullah = Dua pasukan Allah

Jam’anullah Khair = Laki-laki yang menjadi dua pasukan Allah terbaik

Jamaane = Lahir pada hari selasa (Swahili)

Jamaane Fatih = Pemenang yang lahir pada hari selasa

Jamal = Tampan dan gagah (Arab)

Jamal Ammar = Kuat imannya, tampan, dan gagah

Jamal Arya = Bangsawan yang ,tampan, dan gagah

Jamal Waliudin Wafiq = Laki-laki tampan yang taat dan cinta agama untuk kebaikan hidup manusia

Jamalu = Keindahan; bagus

Jamaluddin Ahmad Wafir = Laki-laki terpuji yang menghiasi keindahan agama dengan banyak kebaikan

Jamaluddin Al-Lami = Laki-laki yang dengan keindahan agama melalui pancaran cahaya

Jami = Kelompok; golongan; penghimpun

Jami Ni’amillah = Laki-laki yang dalam kelompok memperoleh banyak kenikmatan Allah

Jamil = Indah

Jamil Ihsan Makarim = Laki-laki yang berakhlak indah, baik dan mulia

Jamil Yervant = Raja penguasa yang tampan dan gagah

Jannah = Surga

Jasim = Badan; fisik

Jasim Mu’afa Ar-Rasyiq = Laki-laki yang berbadan sehat dan kuat

Jasir = Keberanian

Jasir Syihab = Laki-laki yang pemberani bagaikan meteor

Jaud = Kebaikan

Jaud Al-Kazhim = Laki-laki yang berbuat kebaikan dan dapat menahan diri perbuatan buruk

Jaudullami = Kebaikan

Jauhar = Permata; perhiasan; mahkota

Jauhar Aslam Ayman = Laki-laki yang mulia bagai permata, untuk mencari kebahagiaan dan keselamatan hidup

Jauhari = Permataku

Jauharul = Permata; perhiasan

Jauharul Ulum = Laki-laki yang menjadikan permata dengan bermacam-macam ilmu

Javier = Terang atau cahaya (Arab)

Jawad = Murah hati

Jawad Dzil Ghina = Laki-laki pemurah yang mempunyai kekayaan

Jawad Murfid Murtada = Laki-laki yang murah hati dan suka menolong serta mencintai perbuatan yang diridhai Tuhan

Jawahiru = Perhiasan; permata

Jawahiruddin Ulwan = Laki-laki yang mulia menjadikan perhiasan agama

Jawwad = Pemurah

Jazlan = Gembira

Jazlan Mishbah Naja = Laki-laki yang menjadi cahaya pembawa keselamatan dan kebahagiaan hidup

Jibril : Malaikat Jibril (Arab)

Jibril As-Sharim = Laki-laki bagaikan Jibril yang pemberani

Jihad = Berjuang; sungguh-sungguh

Jihad Fisabilillah = Laki-laki yang berjuang di jalan Allah

Jinan = Taman; kebun; pekarangan

Jinan Al-Hadi = Laki-laki bagaikan taman yang penuh kesejukan

Jiyad = Kelebihan; kebolehan

Jiyadul = Baik; bagus

Jiyadul Haq = Laki-laki baik yang berpegang pada kebenaran

Jubran = Nama Sastrawan

Jubran Hubbuttaysir = Jubran yang mencintai kemudahan

Jubran Nahidul Islam = Jubran yang penyelamat dan baru beranjak besar

Jufri Hadyen = Singa di tepian lembah bukit berpadang rumput

Jufri Zorina = Singa yang makmur dan bahagia

Juhairu = Suara lantang; vokal (tentang kebenaran)

Juhairu Thariq = Laki-laki yang lantang (menyuarakan kebenaran) bagaikan ketukan pintu di malam hari

Jumadil Ula = Bulan Jumadil Ula

Jumadil Ula Haya Tamam = Laki-laki yang dilahirkan pada bulan Jumadil Ula yang dalam kehidupan sempurna

Jumadits Tsani = Bulan Jumadits Tsani

Jumadits Tsani Khairullah = Laki-laki yang dilahirkan pada bulan Jumadits Tsani yang mendapat kebaikan dari Allah

Junaid = Pasukan; tentara

Junaid Waliuddin = Laki-laki yang menjadi pasukan pelindung agama

Junaid Zufar Crisann = Tentara yang pemberani

Junaidi = Prajurit; pasukan; tentara

Jundi = Pasukan; prajurit; tentara

Jundi Sururullah = Laki-laki yang menjadi pasukan kemenangan Allah

Jundullah = Pasukan; Prajurit; tentara Allah

Jundullah Al-Hail = Laki-laki yang menjadi pasukan yang disegani

Jundullah Al-Khalish = Laki-laki bagai prajurit Allah yang ikhlas mengabdikan hidupnya

Jundullah Al-Mahdi = Laki-laki bagai prajurit Allah yang memperoleh wilayah

Kafi = Sermpurna, lengkap (Arab)

Kafi Rijal = Anak laki-laki yang sempurna

Kafil = Menjaga; merawat; memelihara

Kafil Khatibul Umam = Laki-laki yang menjaga penyeru umat — dalam kebaikan

Kaili = Mendambakan kemakmuran

Kaili Khazim Khairullah = Laki-laki yang mendapat kebaikan dari Allah yang makmur dan bijaksana

Kalantara = Jarak waktu (Jawa)

Kalantara Qashid = Jarak waktu yang menuju pada kemudahan

Kamal = Kesempurnaan (Arab)

Kamal Wirawan = Kesempurnaan pahlawan yang gagah perkasa

Kamalu = Kesempurnaan; keistimewaan

Kamaluddin = Kesempurnaan; melengkapi agama

Kamaluddin Al-Barisy = Laki-laki yang mendapat kesempurnaan agama yang terang

Kamaluddin Hidayat = Laki-laki yang punya kesempurnaan agama dan mendapat petunjuk

Kamalunniam Khairul Insan = Laki-laki manusia terbaik yang punya kesempurnaan nikmat

Kamil = Memiliki sifat-sifat baik dan sempurna (Arab)

Kamil Khalqillah = Laki-laki sebagai ciptaan Allah yang sempurna

Kamil Sajana = Orang bijaksana yang memiliki sifat-sifat baik

Kan’an = Menyatukan; mengumpulkan; menghipun

Kan’an Fadhailur Rabby = Laki-laki yang menyatukan keutamaan dari Tuhan

Kanigara = Bunga matahari (Jawa)

Kanigara Quratu’ain = Bunga matahari yang sedap dipandang mata

Kanzun = Simpanan; tabungan

Kanzun Tsamin = Laki-laki punya simpanan bernilai

Karami = Kemuliaanku

Karamullah = Kemuliaan Allah

Kareem = Diambil dari asmaul husna yg artinya Pemurah

Kareem Mustafa = Semoga menjadi anak yangg pemurah seperti Rasulullah SAW

Karim = Mulia

Karim Abdul Jalil = Laki-laki hamba Allah Yang Maha Suci dan mulia

Kariman = Mulia

Karimullah = Kemuliaan Allah

Katsira = Beragam; banyak

Katsiran = Berlimpah ruah

Kazhimun = Menahan diri; menolak diri

Kazhimun Nafsi = Laki-laki yang sanggup menahan diri dari hawa nafsu

kemewahan

Kenzie = Pemimpin yang bijaksana

Keven = Tampan (Irlandia)

Keven Hafizh = Laki-laki penghafal Al’Qur’an yang tampan

Khabir = Tahu secara pasti; mengerti sebenarnya

Khabir Abdurrauf = Laki-laki yang tahu pasti sebagai hamba Allah Yang Maha Mengasihi

Khadiu = Murah hati; rendah hati

Khadiul Ihsan = Laki-laki yang murah hati senantiasa berbuat kebaikan

Khai = Kebaikan

Khair = Paling; sangat baik

Khairan = Kebaikan; kebagusan

Khairan Juhairul Khattab = Laki-laki yang menjadi orator lantang penyeru jalan kebaikan

Khairan Katsira = Laki-laki punya kebaikan yang beragam

Khairi = Kebaikanku

Khairi Ismatun Awwaly = Kebaikanku yang utama adalah kesanggupan untuk memelihara diri dari maksiat

Khairil = Sebaik-baiknya; terbaik

Khairu = Kebaikan

Khairuddin = Kebaikan agama

Khairuddin Anwar = Laki-laki yang memancarkan sinar kebaikan agama

Khairuddin Wasilun Azhim = Laki-laki yang sebagai penghubung untuk kebaikan agama yang agung

Khairudin = Kebaikan agama

Khairul = Kebaikan

Khairul Anam = Sebaik-baiknya manusia

Khairul Anis Al-Khalish = Laki-laki yang mejadi sebaik-baik rekan yang ikhlas

Khairullah = Kebaikan dari Allah

Khairullah Nabhani = Laki-laki yan mendapat kebaikan dari Allah yang mulia

Khairullah Syafaatullah = Laki-laki yang mendapatkan kebaikan dari Allah dan pertolongan-Nya

Khairun = Kebaikan; kebagusan

Khairun Mubarak = Laki-laki yang selalu melakukan kebaikan dan dianugrahi

Khairusshabri Mu’azhzham = Laki-laki pemilik sebaik-baik kesabaran yang agung

Khairy = Banyak kebaikan (Arab)

Khairy Darka = Banyak kebaikannya dan cinta damai

Khaizuran = Ketua, pemimpin

Khaizuran Khairul Fahmi = Laki-laki yang menjadi pemimpin yang baik dan mengerti

Khalaf = Anak yang baik; bagus

Khalaful = Anak yang baik; pengganti

Khalaful Manaf = Laki-laki anak yang baik mengungguli dari lainnya

Khaldun = Abadi; langgeng; tokoh Islam

Khaldun Ahmad Mumtaz = Laki-laki istimewa yang selalu abadi melakukan hal-hal terpuji

Khalifa = Teladan

Khalillu = Kekasih; kesayangan

Khalilur Rahman = Laki-laki yang menjadi kesayangan Allah Yang Maha Pengasih

Khalis = Keikhlasan; ketulusan

Khalisuddin Dzaki = Laki-laki yang pandai dan selalu ikhlas dalam beragama

Khalqillah = Ciptaan; buatan Allah

Khasyi = Khusyuk; serius; fokus

Khasyi Hafizhush Shalah = Laki-laki yang khusyuk dan selalu merawat shalatnya

Khasyi’ = Khusyuk; fokus ibadah

Khasyi’ullah = Khusyu’ kepada Allah

Khasyi’ullah Ibrahim = Laki-laki yang selalu khusyuk kepada Allah bagaikan nabi Ibrahim as

Khathir = Tanggap; cepat tahu; paham

Khathir Ma’arif = Laki-laki yang tanggap akan ilmu yang di dapat

Khaththab = Penyeru; orator; berpidato

Khaththabuddin = Laki-laki yang menjadi penyeru ke jalur agama

Khatibu = Penyeru; penghimbau

Khatibul = Orang berpidato; berkhotbah; berorasi

Khatibul Umam Al-Isyrafy = Laki-laki yang berpidato selalu memantau umat

Khawas = Beramal dengan hati ikhlas (Melayu)

Khazim = Dapat menahan amarah, sabar, bijak

Khazinun = Kekayaan; harta

Khazinun Katsiran = Laki-laki yang punya kekayaan berlimpah ruah

Khiar = Pilihan yang terbaik

Khidir = Nama seorang nabi Khidir as

Khidir Insan Kamil = Laki-laki bagaikan nabi Khidir menjadi manusia sempurna

Khoiran = Kebaikan

Khoirulamin Islam = Laki-laki yang baik serta dapat dipercaya dan selamat

Khosyi’ = Orang yang khusyuk dalam shalat (Arab)

Khumaini = Berwawasan luas

Labib = Cerdas; cerdik; pandai; pintar

Labib Haqqun Mubin = Laki-laki yang pemberani terhadap kebenaran yang nyata

Labib Musthafa Kamil = Laki-laki cerdas sebagai orang pilihan yang sempurna

Lafifu = Halus; lembut

Lafifuddin Mu’tasham = Laki-laki yang punya kehalusan agama dan terjaga dari dosa

Lami = Memancarkan; berkilau

Lami Wajhun Nur = Laki-laki yang berparas memancarkan cahaya

Lamya = Berkilau; memancar

Lamya Jauhar Ni’am = Laki-laki yang mendapat kenikmatan bagai kilauan permata

Lamya Najmuddin = Laki-laki yang bagai berkilauan bintang dalam agama

Lateef = Menyenangkan

Lateef Nohan = Laki-laki yang bahagia dan menyenangkan

Lathif = Lemah lembut (Arab)

Lathif Adam Fathin = Pria lemah lembut yang cerdas

Latief = Lembut dan menyenangkan

Laudza’i = Cerdas; pandai; pintar

Laudza’i Muaddab = Laki-laki yang cerdas lagi beradab

Layyin = Halus; lembut

Layyin Fakhruddin Fashih = Laki-laki yang halus dan fasih bercakap menjadi keindahan agama

Litahajjudih = Dengan shalat tahajud

Liwaiun Nasari = Panji kemenangan

Liwaun = Panji

Liwaun Nasari Al Islami = Laki-laki yang menjadi simbol panji kemenangan agama Islam

Lukman = yang bijaksana

Lukman Abdul Hakim = Laki-laki yang seperti Lukman menjadi hamba yang bijaksana

Lulu = Perhiasan; permata

Lulu Fuad Mutala’il = Laki-laki yang laksana perhiasan hati yamg bersinar

Luqman = Orang sholeh yang bijaksana yang kisahnya diabadikan dalam Alquran

Luqman Abdulhakim = Orang bijaksana yang senantiasa menjadi hamba Allah Yang Maha Bijaksana

Luqmanul = Orang yang Adil dalam Al-Quran

Luqmanul Hakim = Laki-laki yang adil dan bijaksana

Lutfi = Lembut, baik

Lutfi Khawas = Orang yang lembut dan beramal dengan ikhlas

Luthfi = Halus; lembut

Luthfi Al-Huwaidi = Laki-laki halus kembali ke jalur yang benar

Luthfy : Lemah lembut

Ma’arif = Berilmu; berpengetahuan; kebijaksanaan

Ma’lum = Dikenal; diketahui

Ma’lum Ikramul Hamidullah = Laki-laki yang dikenal selalu memuliakan dan memuji Allah

Ma’mun = Damai; aman; tentram

Ma’mun Zhiyaullah Azhim = Laki-laki yang dikasih rasa damai dengan pancaran sinar Allah (iman) yang agung

Ma’rifatullah = Ilmu; pengetahuan kedekatan dengan Allah

Ma’rifatullah Al-Mushaddaq = Laki-laki amanah yang punya ilmu kedekatan dengan Allah

Ma’ruf = Kebaikan

Ma’ruf Sirajuddin = Laki-laki yang dikenal sinar penerang agama

Ma’shum = Suci; terpelihara dari dosa

Ma’shum Mumtazur Rahman = Laki-laki yang terjaga dari dosa atas keistimewaan dari Yang Maha Pengasih

Madji = Kemuliaan (Arab)

Mafatihuddin = Kunci permasalahan; persoalan agama

Mafatihuddin Sadid = Laki-laki yang tepat sebagai pembuka kunci permasalahan agama

Mahardika = Berilmu, berbudi luhur (Jawa)

Mahasin = Banyak kebaikan

Mahasin Khaizuran = Laki-laki yang menjadi pemimpin kebaikan

Mahasin Tamam = Laki-laki yang memberikan kebaikan sempurna

Mahasinu = Kebaikan

Mahawira = Pahlawan besar

Mahawira Mahija Mahib = Laki-laki pribumi yang menjadi pahlawan besar yang karismatik

Mahbub = Digemari; disukai; dicintai

Mahbub Junaidi = Laki-laki menjadi prajurit yang disukai

Mahbubu = Disukai; dicintai

Mahdi = Mendapat petunjuk

Mahdi Al-Hakim = Laki-laki bijaksana yang mendapat petunjuk dari Allah S.W.T

Mahdiyatullah = Laki-laki yang memperoleh petunjuk Allah

Maheswara = Raja besar

Maheswara Mubarak = Laki-laki yang menjadi pemimpin besar yang diberkati

Mahfudh = Terjaga; terpelihara; terawat

Mahfuzh = Terpelihara

Mahfuzh = Terpelihara; terawat; terjaga

Mahfuzh Ilham Al-Ghazi = Laki-laki pejuang yang terpelihara oleh perlambang baik

Mahib = Orang yang karismatik

Mahija = Putra bumi

Mahira = Dari kata mahir, artinya cerdas, pinter

Mahira Dzkira = Supaya menjadi anak yang senantiasa mengingat Allah SWT agar terhindar dari Dosa

Mahiruddin = Pintar; pandai; cerdas dalam agama

Mahiruddin Marzuq = Laki-laki yang pintar dalam agama dan mendapat keberkahan

Mahmud = Teladan; terpuji

Mahmud Ziyaduddin = Laki-laki terpuji yang punya kebolehan dalam beragama

Mahrus = Menjaga; memelihara; merawat

Mahrus Aliyyu = Laki-laki yang menjaga ketinggian (akhlaknya)

Mahud = Terpuji; mulia

Maimun = Dikaruniai; diberkahi; dianugrahi

Maimun Musthafa Al-Haq = Laki-laki pilihan yang benar dan dikaruniai

Maisan = Bintang yang terang cahayanya (Arab)

Maisan Huntara = Bintang yang terang cahayanya berasal dari udara

Majdi = Kemuliaan

Majdi = Mulia; terpuji

Majdi Jamal = Laki-laki yang mulia dan bagus

Majdi Kamaluddin = Laki-laki muli yang punya kesempurnaan agama

Majdi Khosyi’ = Kemuliaan orang yang khusyukdalam shalat

Majdi Mushoddiq = Laki-laki yang mulia penuh percaya diri

Majduddin = Kemuliaan agama

Majduddin Aimanullah = Laki-laki berada di pihak Allah dengan kemuliaan agama

Majid = Di hormati

Majid Sa’dan Samih = Laki-laki mulia dan bertenggang rasa penuh kebahagiaan

Makarim = Banyak kemuliaan

Makarim Mulud Mubarak = Laki-laki mulia yang dilahirkan banyak karunia

Maksum =Terpelihara; terjaga Kehormatanya

Malik = Berdaulat, raja yang berkuasa

Malik Wibowo = Raja yang berkuasa, berkekuatan, bersinar, arif dan bijaksana

Malik, Maleek, Maleeq, Malek, Maliq, Malique, Mallik : Berdaulat, raja yg berkuasa (Arab)

Malikul = Menguasai; sumber

Malikul Ihsan Huwaidi = Laki-laki yang menjadi sumber kebaikan untuk kembali kepada kebenaran

Maliq = Salah satu nama asmaulhusna, yang artinya sang Raja

Maliq Javier = Laki-laki laksana raja yang selalu memancarkan cahaya terang

Mamduh = Disanjung; dipuji

Mamduh Zahiduddin = Laki-laki yang disanjung karena kemurahan hati dalam beragama

Manaf = Dapat memenanginya; mengungguli lainnya

Manaf Irfanul Hakim = Laki-laki bijaksana mempunyai ilmu yang tinggi

Mansur = Diunggulkan; dimenangkan

Mansur Ihsanul Karim = Laki-laki mulia yang selalu diunggulkan dalam kebaikan

Maqamul = Tempat; wadah

Marie = Terjaga; terpelihara; terawat

Marie Alauddin = Laki-laki yang terjaga oleh kemuliaan agama

Marsallah = Tambatan hati; pelabuhan Allah

Marsallah Maqamul Ibad = Laki-laki yang senantiasa di hatinya ada Allah sebagai tempat para hamba

Marwan = Benar; lurus; baik

Marwan Karamullah = Laki-laki yang lurus (akhlaknya) menjadi kemuliaan Allah

Marzuq = Diberi anugrah; dikasih rezeki

Marzuq = mendapat keberkahan; rezeki; mikmat

Marzuq Ridwanussalam = Laki-laki yang diberi anugrah dan mendapat ke ridha Allah Yang Maha Damai

Mas’ud = Bahagia; gembira; senang

Mas’ud Litahajjudih = Laki-laki yang senantiasa bahagia dengan shalat tahajudnya

Masy’alul = Menghanguskan; membakar

Masyhur = Terpandang; tersohor; terkenal

Masyhur Khairil Jiyad = Laki-laki yang terpandang karena mempunyai kebolehan terbaik

matahari barat-timur selalu berputar

Maulana : 1) Gelar kehormatan untuk Nabi 2) Pelindung, penolong 3) Nama keluarga

Maulana = Dihormati (Arab)

Maulana Yusuf Alauddin = Tuanku yang paling tampan dan memiliki kemuliaan agama

Maulud = Kerlahiran

Maulud Bakri Aziz = Laki-laki yang terlahir di pagi hari yang agung

Mauludu = dilahirkan

Mauluduhu Ujab = Laki-laki yang kelahiranya mempunyai keanehan

Mauludul Mubarak Ramdhani = Laki-laki yang dikaruniai terlahir pada bulan suci Ramadhan

Mauludurrajab Azhim = Laki-laki yang dilahirkan pada bulan Rajab yang agung

Mauludus Shubhi Ahmad = Laki-laki terpuji yang dilahirkan waktu subuh

Mazru’il = Dibekali; ditanami

Mazru’il Hasan Mubarak = Laki-laki yang dibekali kebaikan dan karunia

Miftahu = Kunci; perantara

Miftahuh = Perantara; kunci

Miftahurrahman Ash-Shofi = Laki-laki bening (tanpa cacat) sebagai perantara berkah dari Yang Maha Pengasih

Minal = Dari

Misbah = Penerangan; pelita cahaya

Misbahu = Sinar; cahaya

Misbahu Shudur = Laki-laki yang menyinari bagi setiap hati orang-orang

Misbahuddin = Laki-laki yang menerangi cahaya agama

Misbahuddin Al-Bahir = Laki-laki yang indah menerangi cahaya agama

Misdaq = Jujur bertutur

Mishbah = Pelita, lampu

Moussa : Nabi Musa

Mu’afa = Selamat; aman; sehat

Mu’afa Mukhtarullah = Laki-laki yang selalu selamat menjadi pilihan Allah

Mu’azhzham = Agung

Mu’inul = Membantu; menolong

Mu’inul Awwabin = Laki-laki yang membantu orang untuk pengampunan

Mu’min = Beriman

Mu’min Al-Wafir = Laki-laki beriman yang komplit kebaikannya

Mu’minin = Orang-orang beriman

Mu’tasham = Terjaga; terpelihara; terawat dari dosa

Mu’tashim = Terjaga; terpelihara dari dosa

Mu’tashim Billah = Laki-laki yang selalu terjaga dari dosa karena ke dekatannya dengan Allah

Mu’tashim Ibadillah = Laki-laki yang terjaga dari dosa oleh para hamba Allah

Mu’ti = Mendatangkan; menghadirkan; memberikan

Mu’tittaysir Nurullah = Laki-laki yang mendatangkan kemudahan dengan cahaya Allah

Muaddab = Beradap; tatanan hidup

Muammar = Berumur lama; panjang

Muammar Tamimun Indarabbih = Laki-laki yang umurnya lama dan teguh dihadapan Tuhannya

Muballigh = Penyeru; penyampai ajaran Agama

Muballigh As-Sadad = Laki-laki penyeru ajaran agama yang tindakannya tepat

Mubarak = Anugrah; berkah; karunia

Mubarak Alauddin = Laki-laki yang dikaruniai kemuliaan agama

Mubarakah = Karunia; berkah; anugrah; rahmat

Mubasyir = Pembawa kabar gembira

Mubasyirusyaraf Abduh = Hamba Allah yang selalu memberi berita baik dengan mulia

Mubin = Nyata; jelas; terang

Mublighul = Penyampai; penyeru; penyebar ajaran agama

Mublighul Mahasin = Laki-laki yang penyampai kebaikan agama

Mublighul Makarim = Laki-laki penyeru ajaran kemuliaan agama

Mudrik = Berilmu; berakal; memahami

Mudrik Syarfurrahman = Laki-laki berilmu yang memperoleh kemuliaan dari Yang Maha Pengasih

Mudzaffar = Kemenangan; keunggulan

Mudzaffar Ridhallah = Laki-laki yang mendapat kemenangan yang diridhai Allah

Mufid = Faedah; kegunaan; manfaat

Mufid = Memberi manfaat

Mufida = Berfaedah; berguna; bermanfaat

Mufiduddin Miftahuh = Laki-laki yang menjadi perantara pemberi faedah kepada agama

Muflih = Berhasil; sukses; jaya

Muflih Saifuddin = Laki-laki yang berhasil menjadi pembela agama Islam

Mufrih = Menyenangkan; menggembirakan

Mufrihuddin Al-Ma’shum = Laki-laki yang terjaga dari dosa dan selalu menyenangkan bagi agama

Muhadzdzib = Memiliki akhlak terpuji (Arab)

Muhajirullah = berpindah; merantau; hijrah ke jalan Allah

Muhajirullah Al-Muntazhar = Laki-laki yang berpindah ke jalan Allah selalu dinanti kehadirannya

Muhamad Adaby = Anak laki-laki laksana rasul Allah yang selalu berperilaku baik dan beradab

Muhammad : Nama rasul sang pembawa risalah kebenaran

Muhammad Abduhul Khathab = Laki-laki sangat terpuji berpidato sebagai hamba Allah

Muhammad Adib Ansharri = Anak yg baik budinya dan penyayang kepada sesama.

Muhammad Afdhalush Shalah = Laki-laki sangat terpuji yang mengedepankan sembahyang

Muhammad Anshary Amrullah = Laki-laki yang sangat terpuji memperoleh pertolongan dan perintah Allah

Muhammad Athif Sirajuddin = Laki-laki sangat terpuji yang memiliki belas kasih sebagai pancaran cahaya agama

Muhammad Atik Salam = Laki-laki sangat terpuji yang pemurah dan selamat

Muhammad Bagas Wicaksono = Laki-laki yang memiliki sifat sangat terpuji yang kuat dan teguh serta bijaksana

Muhammad Basim Nuri = Laki-laki sangat terpuji yang memancarkan sinar dari senyumannya

Muhammad Bassam Nazih = Laki-laki sangat terpuji yang selalu tersenyum dan bersih dari noda

Muhammad Bukhari Alim = Laki-laki sangat terpuji bagai imam bukhari yang berilmu

Muhammad Fattah = Semoga anak ini menjadi anak yang bisa membuka pintu rahmat dan rejeki

Muhammad Ghani Ilmy Hanan Rochimat = Anak lelaki yang kelak jadi orang kaya akan ilmu dan rezeki serta penyayang.

Muhammad Ghofran Pradana = Anak pertama yang penyabar dan pemaaf

Muhammad Harith Irfan = Sang pembawa risalah kebenaran yang kuat dan bijaksana

Muhammad Iman Kamil = Laki-laki sangat terpuji yang punya iman sempurna

Muhammad Iqbal Azzahir = Laki-laki sangat terpuji bagai Iqbal yang gemilang

Muhammad Irfan Arsyad = Pengikutnya Nabi Muhammad yang berilmu pengetahuan dan selalu diberi petunjuk oleh Allah Swt.

Muhammad Irfan Nafian = Laki-laki sang pembawa risalah yang memiliki pengetahuan bermanfaat

Muhammad Jamil Wasim = Laki-laki sangat terpuji yang indah dan tampan

Muhammad Kamilulbayan = Laki-laki sangat terpuji menjadi penerangan yang sempurna

Muhammad Ma’shum Tsaqib = Laki-laki sangat terpuji yang terjaga dari dosa yang tepat

Muhammad Nabih Hakim = Laki-laki sangat terpuji yang pandai, mulia dan bijaksana

Muhammad Najib Bariq = Laki-laki sangat terpuji yang mulia dan bersinar

Muhammad Naufal = Anak yang tampan, dermawan lagi terpuji

Muhammad Naufal Zuhdi Makarim = Muhammad laki-laki yang tampan yang memiliki sifat zuhud & berakhlaq mulia.

Muhammad Nawwaf Mahfuzh = Laki-laki sangat terpuji yang memunculkan kelebihan dan terjaga

Muhammad Rafif Sava = Anak soleh yang berpembawaan tenang dan menjadi pengikut Nabi Muhammad SAW

Muhammad Rajil Mahasin = Laki-laki sangat terpuji yang selalu mengharapkan kebaikan

Muhammad Ramadhan = Anak laki-laki seperti sang pembawa risalah kebenaran yang lahir pada bulan ramadhan

Muhammad Rasyid Ridha = Laki-laki sangat terpuji yang memperoleh petunjuk dan restu Allah

Muhammad Rayyan = Laki-laki yang akan memperoleh pintu surga seperti muhammad

Muhammad Said Munir = Laki-laki sangat terpuji yang berbahagia dan memancarkan cahaya

Muhammad Sharimul Karim = Laki-laki sangat terpuji dan mulia yang pemberani

Muhammad Sujaul Karim = Laki-laki sangat terpuji dan mulia yang pemberani

Muhammad Yasir Bayanuhu = Laki-laki sangat terpuji yang selalu gampang menerangkan sesuatu

Muhammad Yazid Ilmany = Laki-laki sangat terpuji yang senantiasa bertambah pengetahuannya

Muhammad Yusran Alim Muhsin = Laki-laki sangat terpuji yang berilmu mendapat kemudahan dalam bertindak kebaikan

Muhammad Zhafran Aqila = Orang yang beruntung karena menggunakan akalnya (panjang akalnya)

Muharam = Bulan Muharam

Muharam Muktamar Kariman = Laki-laki yang dilahirkan pada bulan Muharam sebagai tempat pertemuan yang mulia

Muhsin = Bertindak; berbuat kebaiakan

Muhsin = Bertindak; berbuat kebaikan

Muhsin = Yang berbuat kebaikan

Muhsin Mutawakkil = Laki-laki yang senang berbuat kebaikan dan tawakal

Muhsin Zuhdi = Laki-laki yang senantiasa bertindak kebaikan dan rendah hati

Muhtaram = Dihormati; disegani; sungkan

Muhtaram Kariman = Laki-laki yang dihormati dan dimuliakan

Muhyiddin = Menghidupkan agama

Muhyiddin Mahasinurrabb = Laki-laki yang menghidupkan ajaran agama dan amal kebaikan dari Allah

Muinul = Membantu, menolong

Muizuddin = Kemuliaan agama

Mujahid = Pejuang, prajurit (Arab)

Mujahid Hajidullah = Laki-laki pejuang yang selalu shalat bertahajud kepada Allah

Mujahid Munib = Pejuang yang kembali ke jalan Allah

Mujahiddin Al Karami = Laki-laki yang menjadi pejuang agama itu kemuliaanku

Mukhlishul = Orang yang tulus; ikhlas

Mukhlishul Mahbubu Rabbihi = Laki-laki yang tulus untuk dicintai Tuhannya

Mukhtar = Pilihan

Mukhtar Imaduddin = Laki-laki pilihan yang mendirikan tiang agama

Mukhtarullah = Pilihan Allah

Mukminin = Orang yang beriman

Muktamar = Tempat pertemuan

Mulud = Kelahiran

Mumtaz = Istimewa; khusus

Mumtazu = Istimewa; khusus; special

Munadhil = Pejuang (Arab)

Munadhil Parahita = Pejuang yang memerhatikan kesejahteraan orang lain

Munadi = Menyeru; mengajak; menghimbau

Munadikhair Annajih = Laki-laki terbaik yang menjadi penyeru yang berhasil

Munawir = Mengikuti latihan militer

Munawir Jundullah = Seorang anggota mengikuti latihan militer untuk menjadi pasukan Allah

Munawwar = Bercahaya; bersinar

Munawwir = Bercahaya; bersinar

Munawwir Al-Hatim = Laki-laki yang memberi cahaya (kebaikan) dengan murni

Mundzirul = Pemberi nasehat; peringatan

Mundzirul Awwabin = Laki-laki yang memberi nasehat bagi orang yang bertobat

Munib = Kembali ke jalan Allah (Arab)

Munibur = Kembali ke jalan-Nya

Munibur Rahman = Laki-laki yang kembali ke jalan-Nya Yang Maha Pengasih

Munif = Berkedudukan tinggi

Munifun = Kedudukannya tersohor; terkenal

Munifun Aliyul Wafi = Laki-laki yang tinggi kedudukannya terkenal serta kesempurnaan

Munir = Bercahaya; bersinar

Munir Hammamun Najah = Laki-laki yang selalu bersinar keinginan besar untuk berhasil

Muntashir = Yang menang

Muntazhar = Ditunggu kedatangannya; dinanti-nanti

Munzir = Pemberi nasehat; peringatan; saran

Munzir Tsaqib = Laki-laki pemberi nasehat yang tepat pada sasararan

Muqsith = Berbuat adil (Arab)

Muqsith Munadhil = Pejuang yang berbuat adil

Muqsith Nadir = Berbuat adil, indah dan elok

Muradullah = Kehendak Allah

Murfid = Berjiwa penolong; membantu

Murfid = Penolong (Arab)

Murfid Ifat = Penolong yang senantiasa menjaga diri (menyucikan)

Murtada = Diridhai, direstui

Musa’idul = Membantu; menolong

Musa’idul Ibad = Laki-laki yang membantu urusan para hamba-Nya

Mushaddaq = bisa diamanahkan; dapat dipercaya

Mushaddaq Bi’Ilmihi = Laki-laki yang bisa diamanahkan karena ke ilmuannya

Mushaddiq = mempercaya; membenarkan

Mushaddiq Imanuddin = Laki-laki yang mempercayai sepenuhnya atas keyakinan agama

Mushlih = Yang memperbaiki

Mushoddiq = Yang mempercayai

Mushoddiq Raqib Izzul Islam = Laki-laki yang mempercayai dan menjaga kemuliaan Islam

Muslihu = Memperbaharui

Muslihuttahsin Nawwarulhuda = Laki-laki yang memperbaharui perbaikan dan menjadi pemberi tuntunan petunjuk Allah

Muslim = Orang Islam

Muslim Karimullah = Laki-laki yang muslim sebagai pertanda kemuliaan Allah

Muslimin = Orang-orang Islam

Mustafa = Nama ayahnya. Nama lain dari Nabi Muhammad

Mustaghfirullah = Memohon ampunan Allah

Mustaghfirullah Ar-Rahman = Laki-laki yang selalu memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Pengasih

Mustajab = Terkabul; direstui do’anya

Mustajab Malik = Laki-laki pemimpin yang terkabul doanya

Mustajab Rabbani = Laki-laki yang dikabulkan do’anya atas sifat ke Tuhanannya

Mustaqbal = Masa depan

Musthafa = Pilihan

Musthafa Al-Ma’lum = Laki-laki pilihan yang menjadi populer

Musthafa Hadi Al-Karim = Laki-laki pilihan sebagai jalan petunjuk yang mulia

Musyaffa = Dikasih pertolongan; diberi Syafaat

Musyaffa Ikramuddin = Laki-laki yang dikasih pertolongan dari memuliakan agama

Musyriful = Pemantau; pengawas; pengontrol

Musyriful Haq Billah = Laki-laki sebagai pemantau kebenaran yang hanya karena Allah

Mutala’il = Bersinar; berkilau; bercahaya

Mutaqim = Lurus; lempeng

Mutaqim Rajab Al-Mutawakkil = Laki-laki yang lahir di bulan rajab lurus (benar) tindakannya dan bertawakal

Mutawakkil = Bertawakal

Mutawakkil Alaih Rahman = Laki-laki yang bertawakal kepada Allah Yang Maha Pengasih

Mutawakkil Maimun Karim = Laki-laki yang bertawakal, dirahmati dan mulia

Mutawalli = Mengerjakan; menangani urusan; jabatan

Mutawalli Khairut Tamam = Laki-laki yang mengerjakan setiap urusan dengan baik dan sempurna

Muthahhar = Disucikan; bersih dari noda

Muthahhar Syarifuddin = Laki-laki yang disucikan atas kemuliaan agama

Muthi = Patuh; taat

Muthi’ Abdul Malik = Laki-laki yang patuh beribadah sebagai hamba Allah Yang maha Menguasai

Muthi’ilaih Rahim = Laki-laki yang patuh kepada Allah Yang Maha Penyayang

Muthliqul = Pemberi; pengasih sesuatu

Muthliqul Makarim = Laki-laki yang pemberi pada beberapa kemuliaan

Muthmain = Damai; tentram; tenang

Muti = Mendatangkan; memberikan

Muttaqin = Orang yang bertakwa; taat beribdah

Muwaffaq = Memperoleh petunjuk; taufik

Muwaffaq Alimul Karim = Laki-laki yang memperoleh petunjuk, cerdas dan mulia

Muzakki = Membersihkan diri; mengeluarkan zakat

Muzakki Basyir = Laki-laki yang membersihkan diri (dosa) dan menjadi pengantar berita gembira

Muzakki Hanif = Muslim yang teguh dalam mengeluarkan zakat

Muzakki Taufiqillah = Laki-laki yang membersihkan diri (dosa) atas petunjuk dari Allah

Na’im = Kenikmatan

Na’imurrahman Mubarak = Laki-laki yang dikaruniai kenikmatan dari Yang Maha Pengasih

Nabha = Bergerak

Nabhan = Mulia, terkenal (Arab)

Nabhan Nurul Huda = Laki-laki mulia lagi tersohor yang menjadi cahaya petunjuk

Nabhan Radinka = Mulia (terkenal) dan bahagia

Nabhani = Mulia; agung

Nabih = Cerdas; pandai lagi mulia

Nabih Basyir = Laki-laki cerdas lagi mulia yang menjadi pengantar berita gembira

Nabil : terhormat (Arab)

Nabil = Cerdas; pandai lagi mulia

Nabil Abimanyu = Terhormat dan tidak takut kesulitan

Nabil Amin = Laki-laki pandai lagi mulia yang bisa amanahkan

Nabil Fayyadh Bahtiar = Laki-laki yang mulia serta terhormat dan sejahtera

Nabil Hadrian = Pria terhormat dari lautan

Nadhif = Bersih

Nadhif Abqari Pranaja = Anak laki-laki yang bersih dan pintar sekali

Nadil = Wadah; tempat berkumpul; bertemu

Nadil Ulum Annafis = Laki-laki yang menjadi wadah berkumpulnya berbagai ilmu-ilmu yang bernilai

Nadimun = Kawan; teman

Nadimun Halim = Laki-laki yang setia kawan suka menolong

Nadir = Indah dan elok (Arab)

Nadir = Jarang

Nadir Ulumuhul Musthafa = Laki-laki yang ilmunya terpilih dan jarang orang memilikinya

Nafian/Nafi = Yang bermanfaat

Nafil = Tambahan; sampingan (sunnah)

Nafil Khairil Hanif = Laki-laki yang senantiasa melakukan amal tambahan (sunnah) dengan sebaik-baiknya jalan agama yang lurus

Nafis = Bernilai; berharga

Nafis Ahmad Ma’ruf = Laki-laki yang bernilai, terpuji dan penuh kebaikan

Nafsi = Hawa nafsu

Nahid = Memasuki masa dewasa

Nahid Salamul Hayah = Laki-laki yang baru memasuki dewasa dengan selamat (terhindar dari pergaulan buruk) dalam kehidupannya

Nahidul = Anak baru beranjak besar; remaja

Naif = Tinggi

Naif Ulumudin = Laki-laki yang terlihat kemampuannya dalam ilmu-ilmu agama

Nail = Gemar mengasihi; suka memberi

Nail = Yang suka memberi

Nail Fadhaililah = Laki-laki yang gemar mengasihi mengharap anugrah Allah

Nail Rabani = Semoga menjadi orang yg ikhlas memberi karena Allah SWT

Nailu = Gemar mengasihi; suka memberi

Nailul Khair Nabih = Laki-laki yang pandai lagi mulia gemar memberi yang terbaik

Nailun = Memperoleh; mendapat

Naja = Selamat

Najah = Berhasil; sukses

Najdah = Berani

Najhmuddin = Bintang agama

Najhmuddin Harraz Al Ikhtiari = Laki-laki yang ibarat bintang agama yang amat warak pilihanku

Naji = Berhasil; sukses

Naji Minal Balwa = Laki-laki yang selamat dari musibah berbahaya

Najib = Cerdas, mulia

Najib Akmal Zakwan = Laki-laki yang memiliki keturunan mulia, sempurna serta cerdas dan harum baunya

Najib Amwaluddin = Laki-laki yang cerdas yang menjadikan agama sebagai hartanya

Najibuddin Abdul Aziz = Laki-laki yang mengutamakan agama Islam sebagai hamba Allah Yang Maha Perkasa

Najid = Gagah berani

Najid Aushaf Rahmani = Laki-laki yang menjadi kesayanganku gagah berani dan mempunyai sifat-sifat baik

Najih = Sukses; selamat; berhasil

Najih Mumtaz Abdul Majid = Laki-laki yang sukses dan istimewa sebagai hamba Allah Yang Maha Suci

Najihul = Sukses; berhasil

Najm = Bintang; perhiasan; mahkota

Najmi = Bintang

Najmi Al-Lami = Laki-laki yang bagaikan bintang berkilau (pancaran iman)

Najmu = Bintang

Najmuddin = Bintang agama

Najmuddin Jawwad = Laki-laki perumah yang selalu menjadi bintang agama (Budi pekerti agamis)

Najmuddin Malik = Raja yang selalu menjadi bintang agama (budi pekerti agamis)

Najwan = Kemenangan; berhasilan

Najwan Azhim Muntazhar = Laki-laki sebagai pengantar kemenangan besar yang ditunggu kedatangannya

Nalar = Berakal budi (Jawa)

Nandana = Anak laki-laki (Jawa)

Naqib = Pemimpin, kepela

Naqib Ibni Humam = Anak laki-laki pemberani tinggi cita-citanya dan pantas menjadi pemimpin

Narayana, Narendra, Nareswara : 1) Pria, orang kuat, orang yg berkuasa (Sansekerta). 2) Raja (Indonesia)

Narendra Erabbani Hartanto = Pria, orang kuat, orang yg berkuasa karena Allah dan berjiwa kaya

Nasari = Kemenangan

Nash = Karang yang terjal

Nash Nashif = Laki-laki yang selalu siap menghalau hambatan demi tercapainya keadilan

Nashif = Bijak; arif; adil

Nashif Khairul Anis = Laki-laki bijak yang menjadi kawan terbaik

Nashifuddin Al-Ulya = Laki-laki yang menegakkan keadilan agama yang tinggi

Nashifuddin Majdi = Laki-laki yang membantu agama dengan mulia

Nashifuddin Syuja’ = Laki-laki yang membela agama dengan pemberani

Nashih = Setia; loyal

Nashih Musthafa = Laki-laki terpilih yang selalu setia

Nashiru = Membela; membantu; menolong

Nashiru = Membela; membantu; menolong

Nashiru = Membela; membantu; menolong

Nashiruddin Annuril Khai = Laki-laki yang menolong agama dengan pancaran cahaya kebaikan

Nasir = Pertolongan

Nasrullah = Kemenangan dari Allah

Naufal : Pemuda yg tampan dan dermawan (Arab)

Nawwaf = Memunculkan; menonjolkan

Nawwaru = Memberi tuntunan; cahaya

Nazhirul Asrofi : Penerang dalam islam

Nazih = Bersih dari noda; suci; murni

Nazril = Baik, sempurna, pemberi ampun

Ni’am = Nikmat; karunia; anugrah

Ni’amillah = Kenikmatan banyak dari Allah

Nizar = Sedikit berbicara

Nohan = Merasa bahagia

Nu’man = Kenikmatan; keberkahan; anugrah

Nur = Cahaya; sinar; pelita

Nurdaffa = Cahaya pembela, orang yang punya pertahanan yang kuat

Nurmala = Bebas penyakit, sehat

Nurul = Cahaya; sinar

Nurullah = Cahaya; sinar Allah

Nurwahid = Cahaya utama, pertama

Omar : Anak pertama, berumur panjang, yg memakmurkan (Arab, Timur Tengah)

Otilie = Pahlawan keberuntungan (Ceko)

Parahita = Memperhatikan kesejahteraan orang lain (Jawa)

Pradana = Pertama

Pradipta = Cahaya cemerlang, anak pertama

Pradipta, Pradipto : Cahaya, cemerlang, anak pertama (Jawa)

Pramana = Waspada, mawas diri

Pramudya = Bijaksana, baik (Jawa)

Pranaja = Anak laki-laki

Prasetya = Berjanji

Pratama : Putra pertama (Indonesia)

Pratama = Paling ulung (Jawa)

Pratama = Putra pertama

Prataya = Terpercaya (Jawa)

Prayitna = Berhati-hati, waspada

Priya = Laki-laki

Purnama = Rembulan

Qashid = Menuju pada kemudahan (Arab)

Qasim = Elok (Arab)

Qauluh = Ucapannya; perkataannya

Qawim = Kokoh; kuat; tangguh

Qohar = Yang Maha Perkasa

Quentin = Mendambakan masa depan

Quratu’ain = Sedap dipandang mata (Arab)

Qushayyi = Jauh pemikirannya (Arab)

Rabani = Allah SWT

Rabbal = Tuhan

Rabbani : Selalu teringat pada Rabb-Nya, dari Allah SWT.

Rabbihi = Tuhannya

Rabby = Tuhan

Radinka = Bahagia, senang bermain (Teutonic)

Rafid = Penolong

Rafie = Tinggi dan mulia

Rafif = Anak yg soleh

Rafli = Perasaan pada keadilan tuhan, berhasil dengan baik, cerdas dan beruntung

Rahim = Yang Maha Pengasih; pemberi

Rahman = Yang Maha Pemurah; Pengasih (asmaul husnna)

Rahmani = Kesayanganku

Rahmat = Kebaikan dan kenikmatan dari Allah (Arab)

Rahmatullah = Rahmat; barokah Allah

Raihan = Pohon yang sedap baunya (Arab)

Raja = Harapan; asa

Rajab = Bulan Rajab

Rajendra = Sangat tampan

Rajil = Mengharapkan; menginginkan

Ramadhan : Bulan Ramadhan bulan yang suci

Ramazan = Ramadhan

Ramdhani = Bulan suci Ramadhan

Rangkaian Nama Bayi Laki Laki Islami Modern dan Artinya

Ransi = Berotak brilian

Raqib = Penjaga, pengawal

Rasyid = Bijaksana

Rasyiqul = Gagah; kekar; kuat

Rawikara = Berkas sinar matahari (Jawa)

Rayyan = Pintu surga bagi orang-orang yang berpuasa (Arab)

Reyhan = Bunga yang beraroma wangi

Reza : Raja

Ridauddin = Ke ridhaan agama

Ridha = Restu; izin; ridha

Ridhallah = Ridha; restu; ijin Allah

Ridhwan = Keridhaan

Ridwan = Nama malaikat penjaga surga; dapat ridha Allah

Rif’at = Tinggi martabatnya (Arab)

Rifid = Penolong

Rifqi = Kawan pendamping, saudara baik (Arab)

Rijal = Anak laki-laki (Arab)

rizki

Rizqi = rezeki; kenikmatan

Rizqy : Rezeki

Rochimat = Penyayang

Sa’dan = Berbahagia; senang; gembira

Sa’idan = Beruntung, bahagia

Sa’udiyah = Kebahagian; kesuksesan

Saadan = Kebahagiaan

Sabilillah = Jalan Allah

Sabilul = Jalan

Sadid = Selalu betul; benar

Saeful = Pedang

Saeful Islam = Pedang Islam

Safwan = Rekan dekat sekali; teman; kawan akrab

Saguna = Laki-laki

Said = Bahagia; senang

Saif = Pedang

Saifu = Pedang; pembela

Sajana = Orang yang bijaksana (Jawa)

Sakha : 1) Berkah Tuhan. 2) Berhasil dengan baik, cerdas dan beruntung

Sakha = Dermawan

Sakhi : murah hati (Arab)

Sakhiy = Murah hati (Arab)

Salahuddin : Nama pejuang

Salamu = Selamat; keamanan

Salim = Terhindar dari bencana (Arab)

Samah = Tenggang rasa; toleran

Samih = Tenggang rasa; toleransi

Sava = Tenang

Sayyaf = Ahli pedang (Arab)

Sayyid = Pemimpin

Shafwan : Sahabat atau cinta kasih

Shalah = Sembahyang; shalat

Shalihin = Orang yang shaleh

Shaqr = Tajam pengelihatannya (Arab)

Sharimu = Pemberani

Sharkan = Kemuliaan

Shubhi = Pagi

Shudur = Hati; benak; qolbu

Siddik = Yang membenarkan

Sidqi = Benar, Betul

Sirajuddin = Lentera agama

Sujau = Pemberani

Sulthan : Yang memberi kuasa

Sururullah = Kemenangan; kegembiraan Allah

Surya : Matahari (India, Indonesia, Jawa)

Syadi = Melantunkan; bersenandung; bersuara merdu

Syadid = Kuat, pemberani

Syafaatullah = Pertolongan-Nya

Syafi = Penyembuh; pemberi pertolongan

Syahdan = Yang melihat kebenaran

Syaiban = Awan bersalju

Syakib = Yang memberi balasan kebaikan

Syakur = Bersyukur

Syamil = Menyeluruh

Syammasullah = Pelayan kepada Allah

Syaraf = Kemuliaan

Syarfur = Kemuliaan

Syarif = Kemuliaan

Syarifuddin = Kemuliaan agama

Syauqi = Kerinduan-ku

Syihab = Meteor; bintang

Syuja’ = Pemberani

Syuruq = Muncul; terbit

Tahiyyah = Kehormatannya

Tamam = Sempurna

Tamim = Memiliki daya cipta sempurna (Arab)

Tamim = Teguh; kuat; tangguh

Taufiqillah = Petunjuk Allah

Taufiqu = Karunia; Anugrah

Tauhid = Keyakinan murni pada ke esaan Allah

Thariq = Ketukan pintu di malam hari

Thufail = Lemah lembut; halus

Tristan = Gagah berani

Tsabit = Konsisten; tetap

Tsabit Qeis : Nama sahabat Nabi Muhammad yg diberi gelar juru bicara umat Islam

Tsamin = Bernilai; berharga

Tsaniy, Tsany : Yg kedua

Tsaqib = Ucapannya tepat; jitu

Tsaubatul = berkumpul; bergabung kembali

Ubaid = Hamba Allah

Ubaidillah = Hamba Allah

Uinseann = Penahluk, pemenang (Irlandia, Latin)

Ujab = Kelebihan; kemampuan: keunggulan

Ulum = Berbagai ilmu

Ulumudin = Ilmu-ilmu agama

Ulumuhul = Ilmu-ilmunya

Ulwan = Mulia; tinggi derajatnya

Ulya = Derajat yang tinggi; utama

Umam = Umat; masyarakat; kaum

Uyunuha = Pandangan matanya

Virendra : Mulia dan pemberani

Wafi = Sempurna; lengkap

Wafiq = Maslahat

Wafir = Banyak; Lengkap amal perbuatan baik

Wahab = Yang Maha memberi

Wahid = Yang Maha Esa; Tunggal

Wahyudi = Selalu mendapat berkah

Wajhun = berparas; berwajah; bermuka

Wali = Pelindung; penolong

Waliuddin = Penuntun; penolong agama

Waliudin = Berpegang kepada agama

Wanasim = Angin sepoi-sepoi

Wasilun = Penghubung; perantara; wasilah

Wasim = Rupawan; tampan; indah

Wasim = Tampan; rupawan

Wibowo : Berkekuatan, bersinar, arif dan bijaksana

Wicaksono = Bijaksana

Wijaya = Kemenangan

Wiratama/Perwira : Prajurit (Indonesia) + Utama : Yg terpenting, yg memiliki keutamaan

Wirawan = Pahlawan gagah perkasa (Jawa)

Wulida = Dilahirkan

Yahya : 1) Nama nabi (Arab) 2) Diberikan oleh Allah (Mesir)

yang membawa kebahagiaan buat rakyatnya

Yaqdhan = Orang yang terjaga (Arab)

Yasir = Gampang; mudah

Yasykur = Bersyukur

Yazid = Bertambah

Yervant = Raja penguasa (Armenia)

Yudistira, Yudhistira, Yudhistiro : Teguh, kokoh (Sansekerta)

Yusran = Kemudahan

Yusran = Kemudahan; gampang

Yusuf = Nabi Yusuf As yang terkenal dengan ketampanannya

Yusuf = Yang paling tampan

Zaahirulhaq = Pendukung yang haq, benar

Zahid = Rendah hati, sederhana

Zahidin = Orang-orang yang zuhud; rendah hati; sungguh-sungguh beribadah

Zahidu = Murah hati; rendah hati (Zuhud)

Zahirul = Cermelang; gemilang

Zahran : Bunga, Keindahan, berseri, cantik

Zain = Mahkota; perhiasan

Zainuddin = Permata; perhiasan; mahkota agama

Zainul = Mahkota; perhiasan

Zaki = Suci

Zakwan = Yang cerdas dan harum

Zaman = Zaman; peradaban

Zayan = Sangat elok wajahnya (Arab)

Zeroun = Bijak dan terhormat (Armenia)

Zhafran = Orang yang beruntung

Zhiyaullah = Pancaran; kilauan sinar; cahaya Allah

Zihni = Kekuatan akalku

Zikri = Mengingat Allah

Ziyad = Keistimewaan; kelebihan; keunggulan

Ziyadu = Kebolehan; kelebihan

Zorina = Makmur dan bahagia (Slavia)

Zufar = Keberanian; sanggup menghadapi

Zuhair = Keindahan; bersinar; bercahaya

Zuhdi = Kesungguhan; ketekunan beribadah; rendah hati

Zulfadli = Yang mempunyai kelebihan

Nama untuk Anak Perempuan

‘Aziizah : Yang Mulia

Aalinarrohman/Alina, Aalina : 1) Terang (Sansekerta) 2) Mulia (Arab) + Rohman : 1) Nama belakang ayahnya 2) Penyayang

Abadiyah = Abadi; selamanya

Abidah = Tekun beribadah

Abidah Bassamah = Wanita yang tekun beribadah dan murah senyum

Abqariah = Berilmu; cerdas

Adawiyah = Nama seorang wanita sufi

Adawiyatul = Adawiyah (nama tokokh sufi)

Adawiyatul Rahmah = Wanita Adawiyah (perempuan sufi) yang penuh kasih sayang kepada sesama

Adeeva Afsheen Myesha = Karunia kehidupan yang bersinar seperti bintang di langit yang menyenangkan

Adeeva, Adiva : 1) Menyenangkan, sedap, lemah lembut (Arab) 2) Sopan santun, baik budi (Hebrew)

Adelia = Mulia

Adeline = Mulia dan damai (Inggris)

Adiba = Beradab, berpengetahuan

Adiba Shakila Atmarini = Perempuan cantik rupawan yang berpengetahuan dan memiliki ketajaman hidup

Adibah = Beradab

Adibah Abqariah = Wanita beradab yang cerdas

Adibah Asilah = Wanita beradad yang halus budi pekertinya

Adibah Saidah = Wanita beradab yang penuh kebahagiaan

Adibah Ufairah = Perempuan yang beradab dan pemberani

Adila = Pantas, tepat, adil

Adila Nisa Ardani = Perempuan yang memiliki rasa adil dan suci

Adilah = Adil (Arab)

Adilah Anisah = Wanita adil yang ramah dalam pergaulan

Adira Azzahra = Seorang mulia yang memiliki kekuatan besar yang sangat baik dan cerdas

Adira, Adirah, Adeera, Adyra, Adeerah, Adyrah, Adeira, Adeirah, Adiera : Seorang mulia yang memiliki kekuatan besar (Hebrew / Arabic)

Adonia = Cantik

Adonia Najma Orlin = Perempuan yang cantik bak bintang yang berkilau kemasan

Adresia = Tanda, fenomena

Adresia Hayatul Hikam = Perempuan yang dapat membaca dan menyikapi fenomena kehidupan dengan bijaksana

Afanin = Daun yang lembut

Afanin Huriyah Huwaida = Perempuan bagai bidadari surga yang lembut ibarat daun yang lembut

Afifa Nahda Rafanda = Wanita santun yang menjaga kesuciannya sehingga menjadi wanita (orang) mulia

Afifa, Afifah : Suci, murni, yang mensucikan diri, yang baik (Arab)

Afifah = Harga diri (Arab)

Afifah Adawiyah = Wanita Adawiyah (wanita sufi) yang punya harga diri

Afifah Fitri = Putri yang benar-benar suci

Afiqa = Sangat berpengetahuan, cerdas

Afiyah = Sehat; segar

Afiyah Salimah = Wanita yang sehat dan selamat

Afnan = Pohon yang berbuah

Afnan Faizah = Wanita yang mendapat kemenangan dan banyak memberi manfaat ( bagaikan pohon berbuah)

Afrah = Kegembiraan; kesenangan

Afrah Aliyah = Wanita berkedudukan tinggi yang penuh kegembiraan

Afsheen : Bersinar seperti bintang di langit (Arab)

Ahimsa = Kedamaian

Ahlam = Harapan; impian

Ahlam Athiyah = Wanita yang mendapat anugerah untuk memiliki cita-cita

Ahlam Maimanah = Wanita pemberi berkah yang punya cita-cita

Ahsanul = Lebih baik

Aida Rahsetia Islami = Perempuan yang beruntung karena memiliki ketaatan kepada aturan agama

Aidah = Berhari raya

Aidah Al-Fiyah = Perempuan dengan beraneka ragam sifat yang kembali bersih pada hari raya

Aidah Salimah = Wanita yang merayakan hari raya dan selamat

Aila : 1) Keteguhan, kebijaksanaan, pengaruh dan kekuasaan (Indonesia) 2) Pohon oak (Inggris-Amerika) 3) Pembuka cahaya (Arab)

Ailani : Pemimpin yang bijaksana

Ailatu = Keluarga

Ainayya : Mata yang indah

Ainayya Fathiyyaturahma = Berkat mata yang indah yang membawa kebahagiaan

Aini = Mata

Ainin = Mata

Ainiyah = Tak berubah (Arab)

Ainuha = Matanya

Ainuha Suraiya = Wanita bermata terang laksana bintang

Ainun Mahya = Mata yang bersinar (Arab)

Aisha : Nama istri Nabi Muhammad

Aisha Syifa Aalinarrohman = Aisha si obat penerang kedua orang tuanya dan juga penyayang

Aisya = Istri Nabi (Arab)

Aisya Faiha = Istri Nabi yang banyak kelebihannya

Aisyah : Istri Rasulullah SAW yang punya sifat ramah, pandai & baik

Aisyah Aila Varisha

Aisyah Alifah = Wanita bagaikan istri rasulullah yang memiliki sifat ramah tamah

Aisyah Ayudia Inara = Semoga menjadi seorang perempuan yang baik, cantik, pintar, berkharisma, rendah hati dan tidak sombong sehingga kelak dia dapat berguna untuk orang2 yang ia cintai.

Aisyah Nuha Zahira = Anak perempuang yang baik, pintar dan cantik

Aisyah Silmi Afiqa = Perempuan yang sangat berpengetahuan degan hidup bahagia dan selamat

Ajibah = Mengagumkan

Akifa : Wanita yang raji beritikaf di masjid

Akifa Naila = Wanita yang rajin beritikaf di masjid dan suka memberi

Akifah = Rajin beritikaf

Akifah Nailah = Wanita yang rajin beritikaf dan suka memberi

Al-Ahwal = Keadaan; situasi

Al-Aliyah = Tinggi; hormat

Alayya Gavaputri = Anak perempuan yang berderajat luhur

Alayya, Alayyah : Yang berderajat luhur (Arab)

Al-Azmina = Zaman; masa

Al-Azminah = Zaman; masa

Al-Bakhitah = Keberuntungan; mujur

Al-Basyariyyah = Umat manusia

Alda = Keberunrungan

Alesha : Selalu di lindungi Allah (Arab). Beruntung

Alesha Zahra = Bunga mawar yang selalu di lindungi Allah

Alfa = Seribu

Al-Fadiyah = Menyelamatkan; tebusan

Al-Fauziah = Kemenangan

Al-Fiyah = yang memiliki sifat ribuan

Al-fiyah Hasna Kamila = Perempuan yang memiliki sifat ribuan, cantik dan sempurna

Al-Hayah = Hidup

Al-Hikmah = Hikmah

Alifa : Anak pertama

Alifa Hibatillah = Anak pertama, anugrah dari Allah

Alifa Naufalyn Fikria Rabbani = Anak yg dermawan yang suka berpikir & cerdas, suka berdzikir & selalu ingat kepada Allah

Alifah : Rendah hati, pandai bergaul (Arab)

Alifah = Ramah dalam bersahabat

Alifah Alfa Kamala = Wanita yang ramah tamah dalam bersahabat punya seribu kesempurnaan

Alifah Alfi Kamali = Wanita yang ramah tamah dalam bersahabat punya seribu kesempurnaan

Alifah Barizah = Wanita yang ramah dan menonjol kepandaiannya

Alifah Basyirah = Perempuan ramah yang selalu menyampaikan kabar gembira

Alifah Burairah = Perempuan ramah yang berperilaku baik

Alika Naila Putri = Putri yang sukses & jujur

Alika, Alikha, Alikah, Alesa : 1) Yang tercantik (Afrika) 2) Bangsawan (Hawai) 3) Kebahagiaan, kehormatan & pernikahan, kecantikan (Indonesia) 4) Cinta (Arab)

Alilatul = Memakai wewangian

Alilatul Barizah = Wanita yang harum dan menonjol kepintarannya

Al-Ilmiah = Ilmu pengetahuan; bersifat ilmu

Alimah = Pandai; cerdas; berilmu

Alita = Mulia

Alita Watsiqah Bari’ah = Perempuan yang memiliki kemuliaan dan kepercayaan diri yang memancarkan kecantikan

Aliyah = Tinggi; agung

Aliyah Saifanah = Wanita yang agung dan berani membela kebenaran (laksana pedang)

Aliyah, Aliyyah, Alia, Alia : Agung, bangsawan, mulia, tinggi, derajat sosial yang tinggi (Arab)

Aliyyah Nabila Zahra = Keturunan bangsawan yang mulia, tinggi derajatnya seperti bunga yang sedang mekar

Al-Jannah = Surga

Al-Karimah = Mulia

Al-Majidah = Mulia

Almasah = Batu mulia

Almasah Basimah = Perempuan bagaikan batu mulia yang memancarkan senyum

Almeera : Putri (Arab)

Almira, Almeera, Almeira, Almiera, Almyra, Almirah, Almeerah, Almeirah, Almierah : Putri, anak perempuan yang dilahirkan untuk menjadi bangsawan (Inggris)

Al-Muna = Cita-cita

Al-Qulub = Hati

Al-Rahmah = Kasih sayang

Alula : Yang pertama (Arabic)

Alula Farzana Ayunindya = Gadis cantik pertama yang diberi kelebihan, bijak dan pandai

Alya = Tempat yang tinggi; mulia

Alya Azizah = Wanita mulia yang memiliki derajat tinggi

Alya Azizah Tamamah = Laki-laki yang berkedudukan mulia, pemberani dan sempurna

Alya Dewina Maryam = Kemulian wanita yang tegar dan tabah, cantik seperti dewi

Alya Jazila Islami = Perempuan yang mempunyai ketinggian dalam bijak ucapannya dan selamat

Alya Mukhbita = Wanita yang tinggi derajatnya dan berakhlak mulia

Alyssa : Bangsawan yang tercantik penuh dengan kebenaran

Amadia = Sederhana nan Alim

Amal = Perbuatan; akhlak

Amal Fitriyah = Wanita yang berakhlak suci

Amani = Cita-cita; harapan

Amani Ahlam = Wanita yang mempunyai cita-cita dan harapan

Amani Ahsanul Majidah = Wanita yang mempunyai cita-cita mulia terbaik

Amani Yusriyah = Wanita yang dimudahkan mengejar cita-cita

Ambar Rukma = Semerbak harum wangi (Jawa)

Ambar Rukma Qatrunnanda = Tetesan embun yang semerbak harum mewangi

Amelia = Rajin dan bersemangat (Melayu)

Aminah = Dapat dipercaya (Arab)

Aminah = Meyakinkan; dapat dipercaya

Aminah Anisah = Wanita yang dapat dipercaya dan ramah dalam pergaulan

Aminah Anisah = Wanita yang dapat dipercaya dan ramah dalam pergaulan

Amira = Putri agung (Arab)

Amira Ainun Mahya = Putri agung dengan mata yang bersinar

Amirah = Pemimpin; ratu

Amirah Afifah = Wanita pemimpin yang menjaga harga diri

Amjad = Mulia

Amjad Athifah = Wanita mulia yang pengasih

Ana = Saya

Ana Athiyah Fahriyah = Saya sebagai wanita yang diberi anugerah kebanggaan oleh Allah

Anbari = Wangi-wangian

Anbari Hasanah = Wanita yang harum lagi penuh kebaikan

Anbiyaa : 1) Para nabi 2) Diambil dari surat AL-QUR’AN ke 21 yang dimana dia lahir jam 9 malam

Anbiyaa Khaliluna

Andini = Istri yang disayangi

Anindita : Seorang yang tanpa kekurangan dan tanpa cacat (Jawa)

Anindita Keisha Zahra = Seorang putri yang tanpa kekurangan dan tanpa cacat dan memiliki akhlak seperti putri Rasulullah SAW.

Anindya = Sempurna (Jawa)

Anindya Fauziah = Kemenangan yang sempurna

Aniq = Cantik dan mungil (Arab)

Aniq Cahya Dewi = Wanita yang bersinar, cantik dan mungil

Aniq = Cantik dan mungil (Arab)

Aniqah = Wanita yang cantik (Arab)

Anisa = Perempuan (Arab)

Anisa Hayfa = Perempuan yang rupawan

Anisa Ramadhani = Anak perempuan yang lahir di bulan Ramadhan

Anisa Ufairah = Perempuan yang pemberani

Anisah = Ramah dalam pergaulan; teman

Anisah Bahirah = Wanita yang ramah dalam pergaulan dan indah di pandang mata

Annisa : Anak Perempuan

Annisa Ayu = Wanita yang cantik

Annisa Faiha = Anak perempuan yang memiliki banyak kelebihan

Annisa Kasturi Naim = Anak perempuan penghuni surga yang harum bagai bunga kasturi

Annisa Widyawati = Wanita yang banyak ilmunya dan cantik

Ansaria = Penolong

Aqila = Yang baik, yang mulia

Aqilah = Yang baik, yang mulia

Aqra = Membaca

Aqra Nabiha = Perempuan yang pintar membaca situasi

Ardani = Suci

Ardhani = Suci

Ariqah = Berakhlak mulia

Ariqah Fatinah = Wanita yang baik budi yang menarik hati

Ariqah Mahmudah = Wanita yang baik budi lagi terpuji

Arka : Cahaya matahari

Arsyfa : Mulia (Arab)

Asiah = Obat; istri Fir’aun

Asiah Buraidah = Wanita Kalem yang menjadi obat

Asilah = Halus budi pekerti

Asilah Fadiyah = Wanita lemah gemulai yang menyelamatkan

Askanah : wanita baik hati (Arab)

Askanah Havika = Wanita baik hati yang terkasih

Asla = Gemulai; halus

Asla Abqariah = Wanita yang gemulai lagi pandai

Asma = Menyuarakan lantang ; lebih nyaring

Asma Adibah = Wanita beradab yang lantang menyuarakan kebenaran

Asmahan = Nama tokoh wanita

Asmahan Athirah = Wanita Asamahan yang harum baunya

Asy’abiyah = Bangsa

Athaleta, Atha : Anugerah (Arabic) + Letha : Truthful (Inggris)

Athifah = Belah kasih; pengasih

Athifah Mahmudah = Wanita terpuji yang penuh belas kasih

Athirah = Harum baunya

Athirah Badi’ah = Wanita yang harum dan indah dipandang mata

Athirah Laha Afaf = Wanita harum yang menjaga harga diri

Athiyah = Anugerah; karunia

Athiyyah Hasanah = Wanita yang selalu memberikan kebaikan

Atika : Pemurah

Atika Balqis Azizah = Ratu mulia yang pemurah

Atika Zahra Ratifa = Anak perempuan yang berakhlak baik, pemurah dan berseri-seri

Atikah = Pemurah; murni

Atikah Marhamah = Wanita yang pemurah lagi penyayang

Atmarini = Ketajaman hidup

At-Tahiyyah = Kehormatan

Aufa = Setia

Aufa Ahimsa Ardhani = Anak perempuan yang berperilaku setia, berhati suci dan penuh ketentraman

Aulia : Mulia

Awanta = Didalam kemuliaan (Jawa)

Ayduha = Kedua tangannya

Ayduha Rudainah = Wanita yang menggunakan kedua tangannya untuk mengasihi orang lain

Aysha : Wanita soleha & terhormat

Aysha Ailani Arka = Pemimpin yang soleh & bijaksana, yg bisa menebarkan cahaya

Ayu = Cantik, elok (Jawa)

Ayudia : Cantik, Rendah hati

Ayunindya : Gadis cantik yang diberi kelebihan (Indonesia)

Azak = Cerdas (Arab)

Azalea : 1) Bunga, anggun (Yunani) 2) Demokrasi (Arab)

Azalea Khaliqa Dzahin = Anak yg anggun ciptaan Allah yg cerdik dan pandai

Azalia = Yang dilindungi

Azarine = Wanita yang agung (Teutonic)

Azhariah = Bunga-bunga

Azhariah Maisun = Wanita berwajah cantik laksana bunga-bunga

Azhimah = Mengagumkan

Azimah = Agung

Aziza = Mulia, indah (Arab)

Azizah = Kemuliaan; perkasa

Azizah Nur Su’ad = Wanitamulia yang memancarkan cahaya kebahagiaan

Azka : Lebih bersih, lebih sempurna (Arab)

Azka Syandana Rahman = Kebaikan yang lebih bersih & lebih sempurna dan mengalir terus

Azmina = Zaman; masa

Azminah = Zaman; masa

Azzahra : Sangat baik & cerdas

Az-Zahra : Suci, bunga, cantik

Badiah = Abadi; selamanya

Badrina = Bulan kami

Badrina Bussaina Mufidah = Perempuan yang memiliki kecantikan laksana rembulan bermanfaat menerangi malam hari

Badriyah = Bulan purnama

Badriyah Anisah = Wanita yang bercahaya laksana bulan purnama dan ramah dalam pergaulan

Bahijah = Kebahagiaan; keindahan

Bahijah Sadidah = Wanita yang selalu menggunakan kebahagiaan secara tepat

Bahirah = Cantik; indah

Bahirah Majidah = Wanita cantik yang mulia

Bahiyah = Cermelang; gemilang

Bahiyah Abqariyah = Wanita yang cemerlang dengan kepandaiannya

Bahjah = Kesenangan; keindahan

Bahjah Badiah = Wanita yang mengejar kasenangan abadi

Baitah : rumah yang indah (Arab)

Baitah Safinatunnajah = Rumah yang indah dan kapal penyelamat

Bakhitah = Beruntung

Bakhitah = Beruntung; mujur

Bakhitah Munirah = Wanita yang bersinar keberuntungannya

Balqis = Ratu istri nabi Sulaiman

Balqis Callista Maharani = Perempuan yang bagaikan Balqis sebagai ratu yang tercantik

Balqis Durratul Hikmah = Wanita yang penuh mutiara hikmah laksana ratu Balqiss

Balqis Fayruz Zaman = Ratu yang menjadi permata sepanjang zaman dan bagi orangtuanya

Banafsaj = Bunga yang harum dan indah menawan (Arab)

Barakatul = Berkah; rahmat

Barakatul Azminah = Wanita penuh berkah sepanjang masa

Bari’ah = Cantik

Bari’ah Maisun = Wanita mahir yang cantik

Barihah = Malam hari

Barizah = Menonjol kepandaian

Barizah Siddiqah = Wanita jujur yang menonjol kemampuannya

Barriyah = Umat manusia

Basamah = Tersenyum

Bashirah = Memiliki wawasan; padangan; berakal

Bashirah Fahimah = Wanita yang memiliki wawasan luas memahami

Basimah = Murah senyum

Basimah Adibah = Wanita beradab yang selalu tersenyum

Basma = Senyuman (Arab)

Basmah = Senyuman

Basmah Ajibah = Wanita yang memiliki senyuman mengagumkan

Basmaha = Senyumannya

Bassam = Murah senyum

Bassam Mardhiyah = Wanita yang memiliki senyuman tulus

Bassam Naflah = Wanita yang memiliki senyuman merekah bagaikan bunga matahari

Bassama = Selalu senyum

Bassama Adonia Zahida = Perempuan yang selalu tersenyum, cantik dan rendah hati

Bassamah = Murah senyum

Bassamah Azizah = Wanita mulia yang murah senyum

Basyhirah = Pemberi kabar gembira

Basyhirah Jaudah = Wanita yang selalu memberi kabar gembira dan menyenangkan hati

Basyirah = Pembawa kabar gembira

Bayati = Nisbah

Bayati Dinah Diyanah = Perempuan yang punya ketaatan pada agama dan kecintaan yang mulia bagai permata

Bayyinah = Bukti; dalil

Bayyinah Sadiqah = Wanita yang menjadi bukti dengan benar

Bella = Cantik (Latin)

Benicia : menyenangkan (Latin)

Benicia Askanah = Wanita baik hati yang menyenangkan

Bernice : pembawa kemenangan (Perancis)

Bernice Butsainah = Wanita yang cantik pembawa kemenangan

Bikrum = Gadis (Arab)

Bikrun : gadis (Arab)

Bikrun Nabilah = Seorang gadis yang mulia

Bikrun Sakhi = Gadis yang murah hati

Binti = Anak wanita

Binti Kamilia = Anak wanita yang sempurna

Binti Munaya = Anak wanita yang menjadi cita-citaku

Binti Nadirah Zakauha = Anak wanita yang memiliki kecerdasan jarang dipunyai orang

Binti Ruqayyah Azhimah = Anak wanita yang punya kemajuannya secara mengagumkan

Bintun = Anak wanita

Bintun Rabi’ah Bassamah = Anak wanita keempat yang murah senyum

Buraidah = Dingin; kalem

Burairah = Berbakti; berbuat baik

Burairah Sadidah = Wanita yang selalu berbakti dan tepat dengan perhitungannya

Bussaina = Cantik

Bustan = Taman; kebun

Bustanil Ilmiah = Wanita yang menjadi tempat tumbuh subur ilmu pengetehuan (kebun ilmu)

Busyra = Kabar gembira; senang

Busyra Mauludiyah = Wanita yang dilahirkan membawa kabar kegembiraan

Butsainah : wanita yang cantik (Arab)

Cahaya : sinar, terang (Jawa)

Cahaya Salsabila = Sinar dari mata air surga

Cahya Dewi = Wanita yang bersinar (Jawa)

Cahyaningsih = Cinta karena cahaya cermelang (Jawa)

Callista = Yang tercantik

Calya : Sempurna tanpa cacat (Jawa)

Calya Salsabila = Sempurna tanpa cacat bagai mata air surga

Candrasmurti = Setengah sinar rembulan (Jawa)

Chairunnisa Salsabila Putri = Anak perempuan yang paling cantik seperti musim semi

Chairunnisa, Khairunnisa : Gadis yang paling cantik

Chandra = Unggul terkenal

Chandra Shohwatul Islami = Perempuan yang unggul mengantarkan kebangkitan Islam

Chayra Fayyola Nadhifa = Putri yang memiliki pribadi yang baik dengan hati yang tulus dan bersih

Chayra, Khairah : Kebaikan (Arab)

Chika = Akrab, berdampingan, dekat

Chika Khansa Khalida = Perempuan yang baik dan selalu disenangi orang disekitarnya menjadi keabadian

Cintya = Cinta setia

Cintya Risqi Azalia = Anak perempuan karunia dari allah yang dilindungi dan memiliki cinta setia.

Cordelia : Gadis yg hangat & baik hati (Arab)

Cordelia Khansa Rafani = Wanita yg baik hati, hangat, bahagia dan kaya raya.

Da’amatul = Pilar; tiang

Da’amatul Azmina = Wanita yang menjadi pilar sejarah berbagai zaman

Da’iyah = Penyeru; juru dakwah

Da’iyah Fatinah = Wanita penyeru kejalan kebaikan yang menarik hati

Da’wah = Dakwah; seruan ceramah Islam

Da’wah Sadidah = Wanita yang mampu berdakwah secara tepat sasaran

Dafiyah = Hangat, hubungan

Dafiyah Diyanah Syauqiyyah = Perempuan yang memiliki rasa persahabatan tinggi dan cinta yang dalam terhadap agama

Daimah = Abadi; selamanya

Daimah Mahmudah = Wanita yang selalu tetap terpuji

Daiyah = Memanggil

Daliah = Gayung; ciduk air

Daliah Khalishah = Wanita yang sejati pembawa kehidupan bagai orang lain

Dalilah = Bukti; dalil; azas

Dalilah Shalihah = Wanita shaleh yang bisa membuktikan

Dalimah = Selamanya; terus menerus

Danah = Batu mulia

Daniah = Sederhana; buah mudah dipetik

Daniah Mu’nisah = Wanita sederhana yang menyenangkan hati

Daraha = Rumahnya

Darda = Mutiara kebijaksanaan

Darda Stina Azalia = Perempuan menjadi mutiara kebijaksanaan yang dilindungi dan disucikan

Dariah = Lemah lembut; halus

Dariah Basyirah = Wanita yang lembut pemberi kabar gembira

Dariah Jaudah = Wanita yang lembut menyenangkan hati

Darin = Nama bunga

Darini Athirah = Wanita yang harum laksana bunga darin

Dariya = Lemah lembut

Dawamah = Terus menerus; selamanya

Dawamah Munirah = Wanita yang terus menerus selalu memancarkan cahaya

Dewi = Ratu, cantik, bersih

Dewi Ratna Basmalah = Perempuan yang cantik bagai permata yang selalu memulai sesuatu dengan basmalah

Dewina : Cantik seperti dewi

Di’amah = Tiang, pilar

Dianah = Agama-agama

Dianah Al-Fadiyah = Wanita yang menjadi penyelamat agama-agama Allah

Dinah = Permata

Dini = Agamaku

Dini Danah Di’amah = Anak perempuan yang memuliakan agama sebagai pilar kehidupan bagai batu mulia

Disaya : Arah (Thailand)

Disaya Rajwa = Arah Harapan

Diyanah = Agama

Durrah = Mutiara

Durrah Al-Hikmah = Wanita yang penuh mutiara hikmah

Durrah Badi’ah = Wanita laksana mutiara yang indah

Durratul = Mutiara

Dzahin : Cerdik dan pandai

Dzaibah = Antisipasi; berjaga-jaga

Dzaibah Faridah = Wanita pertama yang mengantisipatif

Dzakiyah = Cerdas (Arab)

Dzakiyah Rafifah = Cerdas dan berakhlak baik

Dzulhijjah = Bulan Dzulhijjah

Earlyta Arsyfa Salsabila = Awal yang cantik menjadi anak yg mulia dan menjadi mata air surga

Earyta, Early : Awal + Lyta : Jelita, cantik

Eca = Tentram, damai

Eca Salima Salsabila = Perempuan yang bagai mata air yang memberikan perlindungan dan ketentraman

El-Abidah = Beribadah

El-Khuluq = Berakhlak; budi pekerti

Elvina = Ramah dan bijaksana (Melayu)

Elvina Bikrun = Gadis yang ramah dan bijakasana

Emilia = Rajin

Emilia Sulia Salvina = Perempuan berjiwa muda dan rajin yang selalu bijaksana dalam menyikapi persoalan

Fadhilah = Keutamaan, lebih utama (Arab)

Fadhilah Maisun = Wanita yang banyak keutamaan lagi cantik

Fadhilah Mumtazah = Wanita istimewa yang penuh keutamaan

Fadia = Melindungi orang lain

Fadia Inayah Istiqomah = Perempuan yang suka melindungi dengan ketulusan dijalan kebenaran

Fadiyah = Menyelamatkan; tebusan

Fadiyah Jalilah = Wanita agung yang menyelamatkan

Fadiyah Syafiqah = Wanita penuh belas kasih yang menyelamatkan

Fahima = Memahami

Fahimah = Memahami

Fahimah Jalilah = Wanita agung yang meiliki pemahaman luas

Fahriyah = Kebanggaan

Faiha = Banyak kelebihan (Arab)

Faiha Amelia = Rajin dan banyak kelebihannya

Faiha Nina = Anak permpuan yang banyak kelebihannya

Faiha’ = Banyak kelebihan (Arab)

Faihanah = Harum, wangi

Faiqah = Megungguli; mendahului

Faiqah Zihni = Wanita yang memiliki pemahaman mengungguli siapapun

Fairuz = Permata berwarna biru (Arab)

Fairuz Khalishah = Wanita sejati yang menjadi perhiasan

Faizah = Menang; unggul

Faizah Faihanah = Perempuan memiliki keharuman yang mendapatkan anugerah keberuntungan hidup

Faizah Mahmudah = Wanita terpuji yang mendapat kemenangan

Faizah Syarifah = Wanit yang memperoleh kemenangan yang mulai

Fakhirah : Yang baik atau bagus (Arab)

Fakhriyah = Kebanggaan

Fakhriyah Salimah = Wanita yang menjadi kebanggaan dan menyelamatkan

Fakhriyah Syu’ubah = Wanita yang menjadi kebanggaan banyak bangsa

Fakihah = Buah

Fakihah Ailatu Wiam = Wanita harmonis yang menjadi buah keluarga

Farah = Kebahagiaan; kesenangan

Farah Badiah = Wanita yang selalu menyenangkan setiap waktu

Farah Bahirah = Wanita yang riang dan indah

Farah Rabbany = Wanita penuh kebahagiaan dari nilai-nilai ketuhanan

Farahah = Bergembira

Farahah = Senang hatinya

Farhanah = Bergembira; senang

Farhanah Indarabbihi = Wanita yang bergembira di sisi Tuhannya

Faridah = Pertama; tunggal; permata yang mahal

Faridah Badi’ah = Wanita laksana permata yang indah

Faridah Maimunah = Wanita pertama yang diberkahi Allah

Faridah Nabilah Mufidah = Perempuan bagai permata yang kecerdasannya dapat memberikan manfaat untuk lingkungan

Faridah Samiyah = Wanita pertama yang punya kedudukan tinggi

Farihah = Gembira; senang

Farihah Bassamah = Wanita yang gembira dan murah senyum

Farihah Syawal Malihah = Wanita penuh gembira dan cantik yang dillahirkan pada bulan Syawal

Farizyah = Pilihan

Farzana : Bijak, pandai (Islamic)

Fathiya : Kemenangan

Fathiya Aulia Nisa

Fathiyah = Sukses; kemenangan

Fathiyah Al-Muna = Wanita yang sukses mengejar cita-cita

Fathiyyaturahma/Fathiyya, Fathiya : Kemenangan, kegembiraan, kebahagiaan(Arab) + Rahma : Kesetiaan, diberi banyak berkah (Indonesia)

Fatiin = Mengagumkan (Arab)

Fatimah = Nama putri Rasulullah SAW

Fatimah = Putri Rasullulah

Fatimah Fahima = Wanita Fatimah yang mudah memahami

Fatimah Shakila Khairina = Perempuan yang bagaikan putri Rasulullah yang cantik dan penuh kebajikan

Fatin = Mengagumkan; menarik hati

Fatin Mahbubah = Wanita yang mengagumkan dan dicintai

Fatinah = Mengagumkan; menarik hati

Fatinah Mani’ah = Wanita mulia yang mengagumkan

Fauzi : Kejayaanku

Fauziyah = Kemenangan (Arab)

Fauziyah Azizah = Kemenangan yang mulia

Fauziyah Mahfuzhah = Wanita terpelihara yang mendapat kemenangan

Fauziyah Majidah Islami = Perempuan yang memiliki kemenangan, mulia dan penuh keselamatan

Fayruz : Permata

Fayyola : Ketulusan (Afrika Selatan)

Fayza = Menang

Fayza Kulla Azmina = Wanita yang selalu menang setiap zaman

Felisha = Bahagia (Latin)

Felisha Bikrum Sakhi = Gadis bahagia dan murah hati

Fikrah = Pemikiran

Fikrah Ulya Sulaimah = Wanita yang memiliki pemikiran tinggi dan selamat (kesesatandan kerusakan)

Fikratuha = Pemikiran

Fikratuha Mudrikah = Wanita yang pemikirannya mudah dipahami

Fikria : Berpikir/cerdas,

Fikriyah = Pemikiran

Fikriyah Syamilah = Wanita yang memiliki pemikiran menyeluruh

Filail = Di malam

Finna = Lembut dan jujur

Finna Ziya Zulima = Perempuan yang lembut dan tenang penuh dengan cahaya kejujuran

Firdaus = Nama surga tertinggi

Firdaus Jamilah = Wanita cantik penghuni surga Firdaus

Firyal = Nama putri kerajaan Mesir

Firyal Adibah = Wanita beradab laksana Firyal

Fithri : Suci (Arab)

Fitri : Yang sebenarnya, yang sesungguhnya

Fitria = Bersih suci

Fitriayani = Anak yang suci (Arab)

Fitriya = Suci; fitrah

Fitriyah = Suci; murni

Fitriyah Hasanah = Wanita suci yang penuh kebaikan

Fredella = Pembawa kedamaian

Gadis = Wanita (Melayu)

Gadis Dzakiyah = Wanita yang cerdas

Gadis Rafifah = Wanita yang berakhlak baik

Gavaputri, Gava + Putri : Anak perempuan

Ghadah = Wanita yang lembut (Arab)

Ghalibah = Menang; mengalahkan

Ghalibah Mahmudah = Wanita terpuji yang mendapat kemenangan

Ghalin = Mahal (Arab)

Ghaliyah = Mahal

Ghina = Kekayaan

Ghina Qalbul Karimah = Wanita yang kaya hati serta mulia

Ghina Sya’ban Suhaimah = Wanita yang kaya dilahirkan pada bulan Sya’ban dengan membawa keberuntungan

Ghusun = Cabang; ranting pohon

Ghusun Hasanah = Wanita yang memiliki banyak cabang kebaikan laksana pohon beranting dengan daunnya

Gisela = Janji (Teotonic)

Gisela Aminah = Janji yang dapat dipercaya

Githa = Anugerah, hadiah, pemberian

Gwen Syareefa Putri = Anak perempuan yg cantik dan dimuliakan

Gwen, Gwyneth : Cantik (Wales)

Habibah = Kesayangan; kekasih

Habibah Wafiyyah = Wanita kesayangan yang sangat sempurna

Hafizhah = Menjaga; memelihara; penghafal

Hafshah = Nama istri Rasulullah SAW

Hafshah Hafizhah = Wanita yang menjaga kehormatannya laksana Hafshah

Haisha = Kehidupan

Haisha Hanum Hanania = Perempuan lembut yang hidupannya mendapat berkat dan karunia Allah

Hajar = Nama istri nabi Ibrahim as

Hajar Andini Rafifa Siti Hajar = Seperti istri nabi Ibrahim yang disayangi dan berakhlak baik

Hajar Muslimah = Wanita yang berserah diri kepada Allah laksana Hajar

Hajidah = Senang shalat tahajud

Hajidah Mahmudah = Wanita terpuji yang senang shalat tahajud

Hakimah = Bijaksana; arif

Hakimah Jamilah = Wanita Cantik yang bijaksana

Hakimah Tahiyyah = Wanita bijaksana yang menjaga kehormatannya

Halilah = Wanita keluarga

Halilah Tahiyyah = Wanita keluarga yang menjaga kehormatannya

Halimah = Berakal; santun

Halimah Kamilah = Wanita yang berakal sempurna

Halwa = Manis

Halwa Rabiul Awwal Raqiqah = Wanita yang manis dan lembut dilahirkan pada bulan Rabiul Awwal

Halwah = Manis

Halwah Qanita Raniah = Wanita yang manis yang mempesona dengan berbakti

Hamidah = Bertahmid (selalu memuji Allah)

Hamidah Jamilah = Wanita cantik yang selalu memuji Allah

Hana = Berada (Jawa)

Hana = Bunga (Jepang)

Hana = Mudah dapat rezeki

Hana Fairuz Marwah = Permata berwarna biru yang berada di Bukit Marwah

Hana Wardatul Jannah = Wanita yang mudah dapat rezeki dan menjadi bunga mawar surga

Hanan = Berkah; rezeki

Hanan At-Tahiyyah = Wanita penuh berkah yang menjaga kehormatannya

Hanania = Dikasihi Allah

Hanania Hanum Hapsari = Perempuan cantik dan lembut yang mendapat berkat dan anugerah Ilahi

Haniah = Mengucapkan salam; selamat

Haniah Hasanah = Wanita yang selalu mengucapkan salam kebaikan

Hanifa : Berbudi pekerti lurus atau berkepribadian baik (Arab)

Hanifah = Lurus, muslimah yang teguh

Hanifah = Lurus; jalur yang benar; teguh beribadah

Hanifah Hasya Hasibah = Perempuan muslimah yang teguh dan memiliki kesepurnaan dari keturunan yang terhormat

Hanifah Muslimah = Wanita muslim yang kokoh pendiriannya

Hanifah Muslimah = Wanita yang lurus dan berserah diri kepada Allah

Hanifah Salimah = Wanita muslim yang selamat

Hanum = Lembut

Hanunah = Penuh belas kasih

Hanunah Jamilah = Wanita cantik yang penuh belas kasih

Hapsari = Perhiasan, cantik

Haqiqiyah = Sebenarnya

Hasanah = Kebaikan

Hasanah Iklilah = Wanita yang menyandang mahkota kebaikan

Hasibah = Dari keturunan yang terhormat

Hasibah Kamilah = Wanita dari garis keturunan terhormat yang sempurna

Hasna = Cantik, indah (Arab)

Hasna Khayyirah = Wanita cantik yang baik hati

Hasna Maktika = Mutiara yang cantik

Hasna Salsabila Dzulhijjah = Wanita cantik laksana mata air surga yang dilahirkan pada bulan Dzulhijjah

Hasya = Kesempurnaan

Haura = Wanita yangberkulit putih (Arab)

Haura Humaira Ghadah = Wanita yang lembut berkulit putih yang berpipi merah

Havika = Terkasih (Hawai)

Hawa = Nama istri nabi Adam as

Hawa Nida Karimah = Hawa Anak perempuan yang punya seruan mulia

Hayat = Kehidupan

Hayatul = Hidup

Hayatun = Kehidupan

Hayatun Nufus = Wanita yang memiliki kehidupan jiwa

Hayfa = Rupawan (Arab)

Hazimah = Teliti, cermat

Hazimah Zainal = Wanita yang sangat teliti dan menjadi perhiasan

Hibatillah : Anugrah dari Allah SWT (Arab)

Hidayah = Petunjuk

Hidayah Nuria Islami = Perempuan yang mendapat petunjuk cahaya Tuhan sebagai keselamatan

Hikam = Bijaksana, adil

Hikari : Cahaya

Hikari Azzahra = Perempuan yang memancarkan sinar cahayanya yang berseri-seri

Hilalah = Bulan Sabit

Hilalah Basamah = Wanita yang selalu tersenyum laksana bulan sabit

Hindun = Sahabat wanita

Hindun Jamilah = Wanita yang cantik laksana Hindun

Hisanah = Cantik

Hisanah Husnul Khotimah = Anak perempuan yang cantik dengan kesudahan yang baik

Hisanah Iklilah = Wanita yang menyandang mahkota kecantikan

Hiyasatakunu = Menjadi bakal; calon

Hiyasatakunu Najmah = Wanita yang bakal menjadi bintang

Hiyasatakunu Wazirah = Wanita yang bakal menjadi menteri

Hulwah = Manis

Hulwah Nidaul Karimah = Wanita manis yang menyeru ke jalan kemuliaan

Hulwah Qanita Raniah = Wanita yang manis yang mempesona dengan berbakti

Humaimah = Wanita (Arab)

Humaira = Berpipi merah (Arab)

Humaira Jamilah = Wanita cantik yang berpipi kemerah-merahan

Huriyah = Bermata indah; elok; pengikut setia

Huriyah Lathifah = Wanita yang bermata indah dan lemah lembut

Husniah = Indah

Husniah Raniah = Wanita yang indah dan mempesona

Husnina = Kebaikan kamu

Husnu = Baik

Husnul = Baik

Husnul Khatimah = Wanita yang dapat mengakhiri sesuatu dengan baik

Husnul Khotimah Silmi Kaffah = Perempuan yang berakhir dalam keadaan baik dan selamat secara keseluruhan

Huwaida = Lemah lembut; halus perilaku

Huwaida Hasna Aqilah = Perempuan yang lemah lembut, cantik dan mulia

Huwaida Salimah = Wanita yang selamat dengan kelemah lembutannya

Ibnatu = Anak wanita

Ibnatu Su’ad Afiyah = Anak wanita yang selalu membahagiakan dan sehat

Ibnatu Suhaimah = Anak wanita yang menjadi keberuntungan

Ibnaty = Anak wanita

Ibnaty Ibtihaj Jannah = Anak wanita yang menjadi kesenangan dari surga

Ibnaty Jaudah Wajihah = Anak wanita yang cantik dan memiliki kedudukan

Ibnaty Raniah Muyassarah = Anak wanita yang mempesona dan dimudahkan urusan

Ibnaty Salsabila Lirabbiha = Anak wanita laksana mata air di surga milik Tuhannya

Ibnaty Sana Haqiqiyah = Anak wanita yang berderajat tinggi dengan sebenarnya

Ibnaty Sihamu Da’wah = Anak wanita yang bagai panah berdakwah Islam

Ibnaty Uzhmah Rasmiyyah = Anak wanita yang punya keagungan sebenarnya

Ibnaty Wadiatu Rabbi = Anak wanita yang menjadi titipan Tuhanku

Ibnaty Zamzamul Azminah = Anak wanita yang menjadi air zam-zamnya sepanjang zaman

Ibtihaj = Kesenangan

Ibtisam = Senyuman

Ibtisam Raniah = Wanita yang mempunyai senyuman mempesona

Iffah = Memiliki harga diri

Iffah Rasyadah Karimah = Wanita mulia yang menjaga harga diri mendapat petunjuk

Iftikhar = Kebanggaan

Iftikhar Umamah = Wanita yang menjadi kebanggaan umat

Ihtisyam = Martabat

Iis = Cantik, berbakat

Iis Fairuz Fakhriyah = Perempuan yang cantik bagai permata serta berbakat menjadi kebanggaan bagi keluarga dan masyarakat

Iklilah = Mahkota; permata

Iklilah Karimah = Wanita yang menyandang mahkota kemuliaan

Ikmal = Kemurnian

Ikmal Farizah Fauziyah = Perempuan pilihan yang menang senantiasa menjaga kesucian dirinya

ilahiyah = Ketuhanan

Ilene = Cahaya (Irlandia)

Ilene Lulu Mahdi = Cahaya mutiara yang menuntun ke jalan yang terang

Imra’ah = Wanita

Imra’ah Atikah = Wanita yang murah hati

Imra’ah Burairah = Wanita yang berbakti

Imra’ah Sakinah = Wanita yang tenteram

Imra’ah Suhaimah = Wanita yang lemah lembut

Imtiyaz = Pilihan

Inara : Berkharisma, pintar

Inas = Murni, suci

Inayah = Perhatian (Arab)

Inayah Sipta Renata = Perhatian istri adalah tanda yang penuh arti

Inayah Umamah = Wanita yang menjadi pelindung umat

Indana = Di sisi kami; menurut kami

Indana Halwah Raqiqah = Wanita yang manis dan lemah lembut di sisi kami

Indarabbihi = Di sisi Tuhannya

Indrani = Cantik (Jawa)

Indrani Dzakiyah = Cantik dan cerdas

Indriati = Hatinya cantik, mulia

Indriati Inas Imtiyaz = Perempuan pilihan yang hatinya mulia bercahaya dan senantiasa menjaga kesucian diri

Inez = Lembut (Yunani)

Inez Haura’ Sakhi = Wanita berkulit putih yang lembut dan murah hati

Insyirah = Berlapang dada; kegembiraan

Insyirah Basamah = Wanita yang selalu tersenyum dan berlapang dada

Intishar = Kemenangan

Intishar Khairiyyah = Wanita yang dapat kemenangan dengan cara kebaikan

Islam = Agama penyelamat

Islami = Keselamatan

Islamiyah = Islam

Istiqamah = Ketetapan hati; kuat pendirian

Istiqamah Mahmudah = Wanita terpuji yang berketetapan hati dalam agama

Istiqomah = Kelurusan, ketulusan

Istithah = Berkemampuan (Arab)

Istithah Bikrun Sakhi = Gadis yang berkemampuan dan murah hati

Izma = Teratas, terhormat

Izma Hasna Hazimah = Perempuan yang cantik dan cermat serta mendapat tempat terhormat

Izzah = Kemuliaan; kebanggaan

Izzah Azizah = Wanita perkasa yang memiliki kemuliaan

Izzah Naimah = Wanita halus yang memiliki kemuliaan

Izzah Rabiuts Tsani Salimah = Wanita yang mulia dilahirkan pada bulan Rabiuts Tsani dengan penuh kedamaian

Jahida = Penolong

Jahida Mufidah Mubayyinah = Perempuan yang dan penolong penerjemah serta memberikan kemanfaatan hidup

Jalilah = Agung

Jalilah = Keagungan

Jamil : Bagus, indah, cantik

Jamilah = Bagus; cantik

Jamilah Maharatuha = Wanita yang bagus kepintarannya

Jannah = Surga

Jarita = Seperti air

Jarita Ihtisyam Fauziyah = Perempuan yang pandai menjaga martabat dan hidupnya mengalir dan sukses

Jasmine : Bunga melati

Jasmine Nur Annisa = Perumpuan yang bercahaya dan berbau harum seperti bunga melati

Jaudah = Cantik

Jaudah Daimah = Wanita yang selalu menyenangkan setiap waktu

Jaudah Salimah = Wanita indah yang selamat (dunia-akhirat)

Jaudah Wafiyah = Wanita yang indah dan sempurna

Jauharah = Batu permata

Jauharah Bahirah = Wanita laksana permata yang indah

Jauharah Ghaliyah = Wanita laksana batu permata yang mahal harganya

Jauharah Jumadil Ula Nazihah = Wanita yang laksana batu permata dilahirkan pada bulan Jumadil Ula yang bersih dari noda

Jauharah Nazihah = Wanita sebagai mutiara yang bersih dari noda

Jazila = Bijak ucapannya

Jehan : Cantik (Afrika)

Jihan = Nama tokoh wanita (Urdu)

Jihan Faiha’ = Nama tokoh wanita yang banyak kelebihannya

Jihan Farahah = Wanita yang penuh gembira laksana Jihan

Jihan Makailah Fakhirah = Wanita terhormat pemberian Allah yang baik

Jinan = Surga

Jinan = Surga-surga

Jinan Daraha = Wanita yang menghuni rumah ditiap tingkatan surga

Juhainah = Taman; kebun

Juhainah Minjinani Rabbiha = Wanita yang menghuni taman surga dari Tuhannya

Juhairah = Lantang; nyaring suara

Juhairah Labibah = Wanita pandai yang lantang menyuarakan kebenaran

Jumadil Ula = Bulan Jumadil Ula

Jumadits Tsani = Bulan Jumadits Tsani

Jumadits Tsani Kamilah = Wanita yang sempurna dilahirkan pada bulan Jumadits Tsani

Jumanah = Mutiara

Jumanah Lia’ilatiha = Wanita yang menjadi mutiara bagi keluarga

Kaffah = Secara keseluruhan

Kahla = Mata yang sangat hitam (Arab)

Kahla Anisa = Perempuan dengan mata yang sangat hitam

Kaia = Bumi, dunia

Kaia Luvena Maysun = Perempuan yang cantik dan selalu dicintai alam dunia

Kalena = Murni

Kalifa = Suci

Kalifa Kalena = Perempuan suci yang terjaga kemurniannya

Kamala = Kesempurnaan

Kamila = Sempurna (Arab)

Kamilah = Sempurna

Kamilah Khalishah = Wanita yang asli sempurna

Kamilia = Pepohonan yang hijau; segar

Kamilia Wahidah = Wanita pertama yang selalu meyegarkan (awet muda)

Kana = Perhiasan tangan (Jawa)

Kana Ghalin = Perhiasan tangan yang mahal

Karimah = Kemuliaan

Karimah El-Khuluq = Wanita yang berakhlak mulia

Karimah Nadjah = Perempuan yang murah hati dan penuh kekuatan

Karimah Rafi’ah = Wanita yang memiliki tinggi derajatnya dan mulia

Kasturi : Bunga Kasturi

Kayasmini = Seperti bunga yasmin; melati

Kayasmini Basmaha = Wanita yang senyuman seperti bunga yasmin (melati)

Kaysa : Berani

Kaysha : Hidup dalam kebaikan dan bahagia

Kaysha Aziza = Hidup bahagia dan mulia

Kayyisah : Wanita Cerdik

Keisha : Putri

Kekira : Lovely one, satu yg tercinta (Hawai)

Kekira Athaleta Almeera Rahman = Satu yang tercinta anugerah seorang putri yg jujur dan pengasih

Kenes = Lincah dan menawan hati (Jawa)

Kenes Nisa = Wanita yang lincah, dan menawan hati

Khadijah = Nama istri Rasulullah SAW

Khadijah Azizah = Wanita Khadijah yang mulia

Khairina = Kebajikan

Khairiya : Baik hati

Khairiyah = Kebaikan

Khairiyah Khalidah = Wanita yang selalu berbuat kebajikan setiap waktu

Khairiyyah = Kebaikan

Khairunnisa = Terbaik; sebaik-baik wanita

Khairunnisa = Wanita terbaik

Khairunnisa Azizah = Wanita terbaik yang mulia (tangguh)

Khairunnisa Islami = Sebaik-baik perempuan yang menjadi selamat

Khairunnisa Rajab Mu’nisah = Wanita terbaik yang menyenangkan hati dilahirkan pada bulan Rajab

Khalida = Abadi

Khalidah = Setiap waktu; terus menerus; selamanya

Khalidah Mu’nisah = Wanita yang selalu menyenangkan hati setiap waktu

Khalifah = Pemimpin

Khalifah Khairunnisa = Wanita terbaik yang sebagai pemimpin

Khalilah = Kesayangan; kekasih

Khalilah Ulumuha = Wanita yang disayangi karena ilmunya

Khaliluna : Kekasih kami. Diambil dari tafsir surat AL-FATIHAH

Khaliqa : Ciptaan Allah (Arab)

Khalisah = Sejati; murni; asli

Khalisah Mu’nisah Ramadhani = Wanita sejati yang menyenangkan hati dilahirkan pada bulan Ramadhan

Khalishah = Jernih; murni

Khalishah Fikratuha = Wanita yang memiliki pemikiran murni

Khalwa = Indah; manis

Khansa : 1) Seorang pejuang wanita (Arab) 2) Sahabat nabi yang sabar 3) Wanita berhidung mancung

Khansa Adelia Naifah = Perempuan menjadi pejuang muslim yang mulia dan berkedudukan tinggi

Khansa Basamah = Wanita yang selalu tersenyum laksana Khansa

Khansa Kayyisah Jamil = Wanita yg cantik dan sabar seperti sahabat Nabi Muhammad yang memiliki kecerdikan

Kharidah = Anak gadis

Kharidah Bahirah = Wanita yang masih gadis dan cantik

Khasanah = Kebaikan

Khatibah = Ahli khotbah; pidato

Khatibah Juhairah = Wanita yang ahli berkhotbah dengan lantang

Khatimah = Berakhir; penutup

Khaulah = Nama seorang sahabat wanita

Khaulah Sahabiyah = Wanita yang menjadi sahabat Rasulullah laksana Khaulah

Khayla : Cantik

Khayla Almira Maritza = Putri Cantik yang mendapat berkah Allah

Khayyarah = Baik hati

Khayyarah = Terpilih

Khayyarah Alimah = Wanita yang baik hati dan berilmu

Khayyirah = Baik hati

Khayyirah Dalimah = Wanita yang selalu baik hati selamanya

Khazinah = Harta terpendam; karun

Khazinah Faiqah = Wanita yang luar biasa menjadi harta karun berharga

Khazinah Sa’ab = Wanita yang menjadi harta karun bangsa

Khotimah = Selesai

Khulaidah = Setiap waktu; terus menerus

Khulaidah Basamah = Wanita yang selalu tersenyum setiap waktu

Khuluqiyah = Akhlak; budi pekerti

Khuzaimah = Tali kendali

Khuzaimah Liummah = Wanita yang menjadi pemegang tali kendali umat

Kinantan = Bertubuh putih (Melayu)

Kinantan Amira = Putri bangsawan yang bertubuh putih

Krasiva : Cantik (Rusia)

Kulaimuha = Tutur katanya; perkataannya

Kulla = Setiap; seluruh

Kullu = Setiap; semua

Kyati = Nama yang harum (Jawa)

Kyati Nisa = Wanita dengan nama yang harum

Labibah = Cerdas; pandai

Labibah Munirah = Wanita yang cerdas dan memancarkan cahaya

Laela = Malam yang gelap (Arab)

Laela Adeline = Malam yang gelap, mulia, dan damai

Laela Najmu Munirah = Wanita yang bercahaya laksana bintang di malam hari

Laha Afaf = memiliki harga diri

Laila = Malam

Laila Muyassarah = Wanita yang dilahirkan pada malam dengan kemudahan

Laila Nisa Silmikaffah = Perempuan yang penuh kegembiraan dalam menjalankan Islam secara keseluruhan

Lailah = Malam

Lailah Majidah = Wanita yang dilahirkan pada malam yang mulia

Lam’aa = Berkilau

Lam’aa Raniah Jamilah = Wanita yang cantik berkilau dan mempesona

Lama’ah = Bercahaya; bersinar

Lama’ah = Berkilau

Lathifah = Lemah lembut; halus

Lathifah Alimah = Wanita lemah lembut yang pandai

Lathifah Habibah = Wanita lemah lembut yang cerdas

Lathifah Maysun = Wanita yang cantik dengan lemah lembut

Lathifah Mumtazah = Wanita lembut yang istimewa

Lavina = Disucikan

Lavina Roselani Hamidah = Perempuan yang bagaikan bunga mawar surga yang disucikan dan selalu bertahmid

Layanah = Halus; gemulai

Layanah Khuluqiyah = Wanita yang halus budi pekertinya

Layyana = Lemah gemulai

Lia’ilatiha = Bagi keluarga

Liazminah = Untuk setiap masa

Liljannah = Di Surga

Linazharin = Dipandang

Lirabbiha = Milik Tuhannya

Lisan = Bibir

Liummah = Untuk umat

Liwalidayha = Kedua orang tuanya

Lu’lu = Permata; mutiara

Lu’lu Bahirah = Wanita yang laksana permata indah

Lubna = Pandai; cerdas

Lubna Azizah = Wanita yang pandai dan mulia

Lulu = Mutiara (Arab)

Lum’ah = Berkilauan

Lum’ah Nibrah = Wanita yang berkilau laksana pelita

Luqyana = Pertemuan kami

Luqyana Khalwa = Wanita yang menjadikan pertemuan kami yang indah

Luqyana Mawaddah = Wanita yang menjadikan pertemuan kami penuh kasih sayang

Luqyana Wasilah = Wanita yang menjadikan pertemuan kami mendekatkan diri kepada Allah

Lutfiah = Kehalusan, kelembutan

Lutfiah Manarina Salma = Perempuan yang memiliki kelembutan dan cahaya petunjuk keselamatan

Luthfia : Lemah lembut (Arab)

Luthfia Fithri = Anak yang lemah lembut dan suci

Luthfiyah = Lemah lembut

Luthfya Mahdyah = Wanita yang lemah lembut dan mendapat petunjuk

Luthifiyah Malihah = Wanita yang lemah lembut dan cantik

Luvena = Tercinta

Ma’rifatuha = Pengetahuan; ilmu

Ma’rifatuha Rihab = Wanita yang memiliki pengetahuan luas

Maghfirah = Pengampunan

Maghfirah Abadiyah = Wanita yang dapat pengampunan abadi

Maharani = Ratu, permaisuri

Maharatuha = Kepintaran; kepandaian

Mahbubah = Dicintai; disenangi; disayangi

Mahbubah Khuluqiyah = Wanita yang disenangi karena akhlaknya

Mahdi = Menuntun ke jalan yang terang (Arab)

Mahdiyah = Mendapat petunjuk

Mahdiyah Suhaimah = Wanita yang mendapat petunjuk dan keberuntungan

Mahdyah = Petunjuk; hidayah

Mahfuzhah = Terpelihara; terjaga

Mahfuzhah Ulumuha = Wanita yang terpelihara ilmu pengetahuannya

Mahirah = Cerdas; pandai

Mahirah Lathifah = Wanita yang pandai lagi lemah lembut

Mahmudah = Terpuji

Mahmudah Jamilah = Wanita cantik yang terpuji akhlaknya

Maimah = Kenikmatan

Maimah Haqiqiyah = Wanita yang mendapat kenikmatan hakiki

Maimanah = Memberi berkah; anugerah; karunia

Maimanah Mahmudah = Wanita yang terpuji dengan penuh keberkahan

Maimanatul = Menyenangkan; gembira

Maimanatul Ahwal = Wanita yang selalu keadaannya menyenangkan

Maimunah = Diberkahi; dirahmati

Maimunah = Yang diberkahi Allah

Maimunah Jalilah = Wanita yang diberkahi Allah karena keagungannya

Maimunah Luthfiyah = Anak perempuan yang diberkati Allah S.W.T dengan sifat lemah lembutnya.

Maisarah = Ketenangan

Maisarah Nafsiyah Salimah = Wanita yang penuh ketenangan jiwa dan selamat

Maisun = Berwajah dan bertubuh cantik

Maisun = Cantik; indah

Maisun Khalwa Nisa = Wanita berwajah dan bertubuh cantik yang manis

Majidah = Mulia

Majidah Ulumuha = Wanita yang mulia karena ilmu pengetahuannya

Makaila : Pemberian Allah (Arab)

Maktika = Mutiara (Jawa)

Malihah = Cantik; indah

Malihah Azizah = Wanita cantik yang mulia

Malika Nahla = Ratu lebah

Malika Rafa Khairiya = Ratu yang baik hati

Malika, Malikah, Malyka, Maleeka, Maleika, Malieka, Maliika, Maleaka : Ratu (Arabic)

Manarina = Cahaya petunjuk

Mani’ah = Mulia; Kuat

Mani’ah Daimah = Wanita yang mulia untuk selamanya

Maqbulah = Dikabulkan do’a; permintaan

Maqbulah Farahah = Wanita yang dikabulkan do’anya dan selalu senang hatinya

Mar’ah = Wanita

Mar’ah Rasyiqah = Wanita yang berbadan ideal

Mardhiyah = Tulus; ikhlas; ridha

Mardhiyah Kamilah = Wanita yang mendapat keridhaan Allah yang sempurna

Mardiyah = Ridha dari Allah

Marhamah = Penyayang

Mariah = Nama istri Rasulullah SAW

Mariah Lama’ah = Wanita Mariah yang memancarkan cahaya

Maritza, Marissa, Maressa, Maricia, Marisabel, Marisha, Marisse, Maritza, Mariza, Marrissa : 1) Mendapat berkah Allah (Arab) 2) Wanita dari lautan (Latin)

Marwa = Berpikir hati-hati

Marwa Alya Sukainah = Wanita yang pemikirannya tinggi tentram hidupnya

Marwah = Bukit Marwah (Arab)

Marwah Jamilah = Wanita Marwah yang cantik

Maryam = Nama ibunda nabi Isa as

Maryam Lathifah = Wanita yang lemah lembut laksana Maryam

Maryam, Siti Maryam : Wanita yang tegar dan tabah, salah satu dari dua wanita yang dijamin masuk surga

Masyithah = Nama wanita penyisir rambut dimasa Fir’aun

Masyithah Hasanah = Wanita yang selalu berbuat kebaikan laksana Masyithah

Masyriqiyah = Timur

Mauludiyah = Kelahiran

Mawaddah = Kasih sayang; cinta kasih

Mawaddah Nuria Zahidah = Perempuan yang penuh cinta kasih, rendah hati dan mendapat cahaya Tuhan

Mawaddah Tsamarah = Wanita yang penuh cinta kasih dan memberi manfaat (berbuah)

Maysun = Cantik

Min Indi Rabbiha Di hadapan Tuhannya

Minjinani = Surga

Minniswati = Salah satu wanita

Minniswati Rajihah = Wanita yang salah satunya dapat diambil pertimbangannya

Misla = Seperti; bagaikan

Misla Yaqutillahi = Wanita yang seperti permata Tuhanku

Miyah = Air

Miyah Raiqah = Wanita yang laksana air jernih sekali

Mu’nisah = Teman menyenangkan

Mu’nisah Liazminah = Wanita yang menjadi teman menyenangkan untuk setiap masa

Muazarah = Pertolongan; bantuan

Muazarah Rububiyah = Wanita yang mendapat pertolongan dari Tuhan

Mubarakah = Berkah; anugerah

Mubayyinah = Penjelas, penerjemah

Mudhiah = Menyinari

Mudhiah Azminah = Wanita yang menyinari setiap masa

Mudia = Menyinari

Mudrikah = Dapat memahami; mengerti

Mudrikah Adibah = Wanita beradap yang dapat memahami

Mufidah = Bermanfaat, berguna

Mufidah Muthmainnah = Wanita yang selalu memberi manfaat dan tentram jiwanya

Muhajirah = Berhijrah; berpindah

Muhajirah Bashirah = Wanita yang berhijrah dan memiliki pandangan luas

Muharam = Bulan Muharam

Mukhbita = Berakhlak mulia; patuh

Mukminah = Wanita mukmin; beriman

Mukminah Azimah = Wanita mukmin yang agung

Mumtazah = Istimewa; khusus

Mumtazah = Luar biasa; istimewa

Muna = Cita-cita; harapan

Muna Ahsanul Karimah = Wanita yang mempunyai cita-cita mulia terbaik

Muna Yasirah = Wanita yang memperoleh kemudahan mengejar cita-cita

Munaha = Cita-citanya; harapannya

Munaha Naifah = Wanita yang memiliki cita-cita berkedudukan tinggi

Munaha Saninah = Wanita yang memiliki cita-cita naik jabatannya

Munaya = Cita-cita

Munibah = Bertaubat

Munibah Qanita = Wanita yang bertaubat dan taat beribadah

Munifah = Menonjol; kedudukan tinggi

Munifah Alimah = Wanita yang menonjol kepandaiannya

Munir = Bercahaya; bersinar

Munirah = Bercahaya

Munirah = Bercahaya; bersinar

Munirah Raniah = Wanita yang bercahaya dan mempesona

Muqsithah = Adil; bijak

Muqsithah Hasanah = Wanita yang berbuat adil dalam kebaikan

Muslimah = Berserah diri; wanita muslim

Muslimah = Wanita muslim

Muslimah Barizah = Wanita muslim yang menonjol kepintarannya

Mutala’liah = Berkilauan

Muthi’ah = Taat; berbakti

Muthi’ah Lathifah = Wanita yang taat beribadah dengan lemah lembut

Muthmainnah = Tenteram; damai

Muthmainnah = Tentram; tenang jiwa

Muthmainnah Silmi Kaffah = Perempuan yang tenteram mendapatkan keselamatan secara menyeluruh

Muthmainnah Suhaimah = Wanita yang tentram dan mendapat keberuntungan

Mutia : Taat

Muyassarah = Dimudahkan

Muznah = Berdandan rapi

Muznah Alimah = Wanita yang berdandan rapi dan berilmu

Myesha, Myisha, Myeisha, Myeshia, Myiesha, Myeasha, Mysha : 1) Lincah, bersemangat, seperti wanita (Arab) 2) Karunia kehidupan

Nabighah = Mulia; terkenal

Nabighah Rafifah = Wanita mulia yang tinggi derajatnya

Nabiha = Situasi

Nabihah = Cerdas; pandai; mahir

Nabihah Dariya = Wanita yang cerdas dan lemah lembut

Nabila : Keturunan bangsawan (Arab)

Nabilah = Cerdas; pandai; mahir

Nabilah = Mahir, cerdik (Arab)

Nabilah Aisyah Bella = Istri nabi yang cerdik dan cantik

Nabilah Amani = Wanita yang cerdas menngejar cita-cita

Nabilah Khairiyah = Wanita yang mengawali sesuatu dengan kebaikan

Nabilah Maisun = Wanita yang cantik dan cerdas

Nabilah Muharam Amani = Wanita yang cerdas yang memiliki cita-cita dan dilahirkan pada bulan Muharam

Nabilah Sunniyah = Wanita yang pandai dari pengikut ahli sunnah

Nabilah Zahirah = Wanita yang cerdas dan berkilau

Nada : 1) Harapan (Rusia) 2) Embun (Arab) 3) Pemberian (Timur Tengah)

Nada = embun

Nada Fitriya = Wanita yang suci laksana embun

Nada Razani = Wanita yang dipandang dari segala kemurahan hati dan kehormatannya

Nadhifa, Nadhif : Bersih

Nadia : Pertama, permulaan (Arab)

Nadia Azzahra Fauzi = Anak perempuan pertama yang cerdas dan selalu memperoleh kejayaan

Nadia Basma = Senyuman yg pertama

Nadiah = Awal mula sesuatu

Nadiah Hasanah = Wanita yang mengawali sesuatu dengan kebaikan

Nadiah Khasanah = Wanita yang mengawali sesuatu dengan kebaikan

Nadimah = Teman akrab; dekat

Nadimah Anisah = Wanita yang menjadi teman akrab yang ramah dalam pergaulan

Nadine : Harapan

Nadine ‘Aziizah = Harapan yang mulia

Nadine Salwa = Seorang wanita dengan segala harapan penuh yang menjadi pelipur lara

Nadine, Nadia, Nadja, Nadya, Naadiya, Nadie, Nadiyah, Nadea, Nadija : Yang penuh harapan (Slavic)

Nadira = Satu-satunya (Arab)

Nadira Ainiyah = Satu-satunya yang tak berubah

Nadirah = Jarang

Nadjah = Kekuatan

Nadya = Awal mula sesuatu yang mulia

Nadya Alyssa Azzahra = Bangsawan yang tercantik penuh dengan kebenaran yang penuh harapan luar biasa

Nadya Kamilah = Wanita yang mengawali sesuatu dengan kemuliaan dan kesempurnaan

Nafi’ah = Bermanfaat; berguna

Nafi’ah Ulumuha = Wanita yang bermanfaat ilmu pengetahuannya

Naflah = Bunga Matahari

Naflah Raniah = Wanita laksana bunga matahari yang mempesona

Nafsi = Jiwa

Nafsiyah = Jiwa

Nafsiyah Salimah = Wanita memiliki jiwa yang damai

Nahda : Mulia

Nahla : Lebah (arabic)

Naifah = Kedudukan tinggi

Naifah Majidah = Wanita yang berkedudukan tinggi dan mulia

Naila : Anugerah

Naila : Kesuksesan (Arab)

Nailah = Suka memberi

Nailah Adilah = Adil dan suka memberi

Nailah Ansaria = Wanita penolong yang suka memberi

Nailah Nihal = Wanita yang suka memberi minuman segar

Naim : Surga Naim

Naimah = Halus; lemah lembut

Naimah Mahmudah = Wanita yang terpuji berprilaku halus

Najah = Kesuksesan; keselamatan

Najah Asy’abiyah = Wanita yang menjadi simbol kesuksesan bangsa

Najibah = Mulia; bernilai; utama

Najibah Raniah = Wanita mulia yang mempesona

Najihah = Sukses; berhasil

Najiyah = Selamat

Najla = Bermata indah; baik keturunannya

Najla Fatinah = Wanita bermata indah yang menarik hati

Najla Muthi’ah = Wanita yang taat beribadah berasal dari keturunan yang baik

Najma = Bintang

Najma Rodhya Islami = Perempuan laksana bintang yang penuh keikhlasan dan keselamatan

Najmah = Bintang

Najmu = Bintang

Nashifah = Adil; bijak

Nashirah = Penolong

Nashirah Salima = Wanita yang menolong dengan selamat

Nasmah = Angin sepoi-sepoi

Nasmah Barihah = Wanita laksana angin sepoi-sepoi malam hari (membawa kesejukan)

Nasyiah = Perkembangan

Nasyiah Aminah = Wanita yang memiliki perkembangan yang meyakinkan

Nasyitha : Aktif, giat, atau rajin (Arab)

Nasyitha Naura Krasiva = Wanita cantik yang memiliki sifat rajin bagaikan bunga

Naufalyn : Dermawan

Naura = Bunga (Arab)

Naura Cahyaningsih = Bunga cinta karena cahaya cemerlang

Naurah = Bunga

Nawad = Awal mula sesuatu

Nawad Khairiyah = Wanita yang mengawali sesuatu dengan kebaikan

Nawal = Memperoleh sesuatu

Nawal Najdah = Wanita yang memperoleh sesuatu dengan bantuan

Nawal Syarif = Wanita yang memperoleh sesuatu dengan kemuliaan

Nazihah = Bersih dari noda

Nazihah = Bersih dari noda

Nazihah Salimah = Wanita yang selamat bersih dari noda keburukan

Nazma : Bintang (Arab)

Nazma Alifah = Bintang yang rendah hati

Ni’mah = Nikmat

Ni’mah Khalidah = Wanita yang mendapat nikmat terus menerus

Nibrah = Pelita

Nibras = Pemberani; ujung tombak; pelita

Nibras Masyriqiyah = Wanita yang pemberani dari timur

Nida = Seruan; panggilan

Nida Rabbaniyah = Wanita yang menjadi seruan menuju berketuhanan

Nidaul = Seruan

Nihal = Air minum dari mata air

Nihal Kamilah = Wanita yang sejuk , jernih dan menyegarkan laksana air minum dari mata air yang sempurna

Nikmah = Kenikmatan

Nikmah Sabiqah = Wanita yang lebih dahulu mendapat kenikmatan

Nina = Anak perempuan (Barat)

Nirwasita : Bijaksana (Sansekerta)

Nirwasita Zahwa Ramadhani = Perempuan cantik nan bijaksana yang lahir di bulan suci

Nisa = Perempuan

Nisa Aziza = Wanita mulia dan indah

Nisriinaa : Mawar putih

Nisriinaa Shiddiq = Anak perempuan yang jujur laksana mawar putih terindah yang menghiasi taman

Nisrina = Bunga mawar yang berwarna putih

Nisrina Iklilah = Wanita yang menyandang mahkota bunga mawar putih

Niswah = Para wanita

Nudah = Pelangi

Nudah Alya = Wanita laksana pelangi yang agung

Nudah Mahbubah = Wanita tersayang yang menampilkan cahaya indah (pelangi)

Nufaisah : Yang elok, yang berharga

Nufaisah Ramadhani = Anak yang berharga dan elok yang lahir di bulan Ramadhan

Nufus = Jiwa

Nuha : Intelek, pikiran (Arab)

Nur = Cahaya; sinar

Nur Aini = Wanita yang menjadi cahaya mataku (indah dipandang)

Nur Aini Fitria = Perempuan yang menjadi cahaya mataku yang bersih dan suci

Nur Azizah Dawamah = Wanita yang memancarkan cahaya kemuliaan yang tak pernah padam

Nur Fuha Mahfuzhah = Wanita bagai cahaya yang pekataannya (mulut) selalu terjaga

Nur Husnina Silmi Kaffah = Perempuan yang memiliki cahaya kebaikan kamu yang Islam secara keseluruhan

Nur Jannah = Wanita yang memancarkan cahaya surga

Nur Lama’ah = Wanita yang memancarkan cahaya berkilau

Nuri = Bercahaya; bersinar

Nuri Shafar Sakinah = Wanita yang bercahaya dilahirkan pada bulan Shafar dengan tentram

Nuria = Cahaya, sinar Tuhan

Nuria Fredella Ulani = Perempuan bagaikan cahaya dari tuhan yang selalu riang gembira dan membawa kedamaian

Nurjannah = Cahaya surga

Nuzhatul = Rekreasi; menyenangkan

Nuzhatul Fikrah = Wanita yang dapat menyenangkan pikiran

Odelina = Kaya raya (Prancis)

Odelina Askanah = Wanita baik hati dan kaya raya

Orlin = Berkilau keemasan

Padali = Bunga cempaka

Padali Sewagati = Perempuan bagai bunga cempaka, setia yang sangat dicintai

Parisya = Perisai, pelindung

Parisya Shafiyah = Perempuan yang memiliki pelindung diri yang jernih

Putri = Anak perempuan

Qaidah = Pemimpin

Qaidah = Pemimpin (Arab)

Qaidah Mahbubah = Wanita pemimpin yang dicintai (rakyat; bawahan)

Qaidah Sakinah = Pemimpin wanita yang memiliki jiwa yang semangat

Qalbu = Hati

Qalbuha = Hatinya

Qalbuha Muthmainnah = Wanita yang hatinya tenteram

Qamar = Bulan

Qamar Filail Mubarakah = Wanita yang laksana bulan di malam penuh berkah

Qamra’ = Cahaya rembulan (Arab)

Qamra’ Awanta = Cahaya rembulan di dalam kemuliaan

Qaniah = Merasa puas

Qaniah Mardiyah = Wanita yang merasa puas dengan rezeki didapat dari keridhaan Allah

Qanita = Berbakti (Arab)

Qanita Basimah = Wanita taat beribadah yang murah senyum

Qanita ilahiyah = Wanita yang taat beribadah kepada Tuhannya

Qanita Najiyah = Wanita yang taat beribadah untuk keselamatan (dunia dan akhirat)

Qanita Sajidah = Wanita yang taat beribadah dan selalu bersujud

Qanita Shabiyyah = Gadis kecil yang berbakti

Qanitah = Taat; berbakti

Qanitah Dawamah = Wanita yang taat beribadah terus menerus

Qariah = Pembaca Al-Qur’an (Arab)

Qariah Humaimah = Wanita pembaca Al-Qur’an

Qariah Maisun = Wanita pembaca Al-Qur’an yang cantik

Qaribah = Dekat

Qaribah Min Indi Rabbiha = Wanita yang dekat di hadapan Tuhannya

Qarirah = Pandangan yang sejuk (Arab)

Qarirah Kamila = Pandangan yang sejuk dan sempurna

Qarirah Raniah = Wanita yang pandangannya sejuk dan mempesona

Qasamah = Cantik; indah

Qasamah Huwaida = Wanita yang cantik dan lemah lembut

Qatrunnada = Tetesan embun (Arab)

Qatrunnada Hulwah = Wanita laksana tetesan embun yang manis

Qolbi : Hati

Qonitah = Taat, berbakti, shalat lama berdiri

Qonitah Zalfa Fatimah = Perempuan yang bagai Putri Rasulullah yang berbakti seperti berkulit mutiara

Qotrunnada = Tetesan embun

Qotrunnada Lutfiah Rafifah = Perempuan yang bagaikan tetesan embun yang lembut dan berakhlak baik

Qulaibah = Hati

Qulaibah Nazhifah = Wanita yang berhati bersih (dari iri dan dengki)

Qulubiha = Berhati

Qurratu = Pandangan; dilihat

Qurratu Ainin = Wanita yang sejuk dipandang oleh mata

Qurratu’ain = Enak; sejuk dipandang mata

Rabbani : Berdzikir

Rabbaniyah = Ketuhanan

Rabbaniyyah = Ketuhanan Allah

Rabbany = Ketuhanan

Rabbi = Tuhanku

Rabbiha = Tuhannya

Rabi’ah = Keempat

Rabiah = Keempat

Rabiah Adawiyah = Wanita yang anak keempat dilahirkan dalam keadaan prihatin

Rabiul Awwal = Bulan Rabiul Awwal

Rabiuts Tsani = Bulan Rabiuts Tsani

Radhiyah = Ridha

Radhiyah Mutala’liah = Wanita yang penuh keridhaan membuat orang kagum (berkilau)

Rafa : 1) Makmur, kaya, senang, keberuntungan, kebahagiaan, kemakmuran (Arab) 2) Jalan penghidupan yang tentram, merdeka, bahagia dan sempurna (Indonesia) 3) Wanita santun

Rafailah = Anggun

Rafailah Rahimah = Wanita yang anggun dan penuh belas kasih

Rafanda/Rafa : 1) Makmur, kaya, senang, keberuntungan, kebahagiaan, kemakmuran (Arab) 2) Jalan penghidupan yang tentram, merdeka, bahagia dan sempurna (Indonesia) 3) Wanita santun

Rafani : Bahagia serta kaya raya (Arab)

Rafi’ah = Derajatnya; martabat tinggi

Rafi’ah Maimunah = Wanita yang derajatnya tinggi dan diberkahi

Rafidatu = Pemberi pertolongan

Rafidatul Barriyah = Wanita yang menolong umat manusia

Rafifa = Istri yang berakhlak baik

Rafifah = Berakhlak baik (Arab)

Rafifah Asilah = Wanita berakhlak baik yang lemah gemulai

Rafilah = Anggun

Rafilah = Anggun (Arab)

Rafilah Ayu = Cantik dan anggun

Rafilah Raniah = Wanita anggun yang mempesona

Rahadatu = Kemakmuran

Rahadatul Hayah = Wanita yang memperoleh kemakmuran hidup

Rahidah = Lembut; halus

Rahidah Kulaimuha = Wanita yang lembut dalam tutur katanya

Rahifatu = Tipis

Rahifatul Lisan = Wanita yang berbibir tipis

Rahimah = Pengasih; belas kasih

Rahimaha = Kasih sayang

Rahimaha Kullu Sakhsiyah = Wanita yang disayangi oleh setiap orang

Rahma Nada Syahla = Kasih sayang kecerian mata yang kebiru – biruan

Rahma, Rahmi : Kasih sayang, belas kasih (Arab)

Rahmah = Kasih sayang

Rahmah Basyirah = Wanita penuh kasih sayang yang membawa kabar gembirara

Rahman : Pengasih (Arab)

Rahmuna = Kasih sayang

Rahmuna Githa Hanania = Perempuan yang dengan kasih sayang anugerah yang dikasihi Allah

Rahsetia = Patuh, setia

Raidah = Pemimpin

Raidah Rasyidah = Wanita pemimpin yang mendapat petunjuk

Raidah Shalihah = Wanita pemimpin yang shalehah

Raihanah = Tanaman yang harum

Raihanah = Wanita berjiwa baik (Arab)

Raihanah Fitriyah = Wanita suci yang harum laksana tanaman raihanah

Raihanah Jinan Ulya = Wanita berderajat tinggi yang laksana tanaman raihanan di surga

Raihanah Sakhi = Wanita yang berjiwa baik dan murah hati

Raiqah = Bening; jernih

Raiqah Qulubiha = Wanita yang berhati bening

Rajab = Bulan Rajab

Rajihah = Pertimbangan

Rajiyyah = Diharapkan

Rajiyyah Liwalidayha = Wanita yang diharapkan (kelahirannya) oleh kedua orang tuanya

Rajwa : Harapan (Arab)

Rakhshand : Cahaya

Rakhshandrina Kaysa Syifa = Penyembuh yang bercahaya dan berani

Ramadhani = Bulan Ramadhan

Ramizah = Orang yang terhormat

Ramizah Alya = Wanita terhormat yang tinggi derajatnya

Ramziyah = Lambang; isyarat

Ramziyah Mufidah = Wanita yang menjadi lambang pemberi manfaat

Ramziyah Rububiyah = Wanita yang menjadi lambang ketuhanan

Rania = Berdiri paling depan; Kerajaan (Sansekerta)

Raniah = Mempesona; menarik hati

Raniah Jamilah = Wanita yang cantik dan mempesona

Raninah = Gemerincing

Rannan = Terdengar; gemerincing

Rannan Sautuha Liljannah = Wanita yang akan terdengar suaranya di surga

Raqiqah = Lembut; halus

Raqiqah Athifah = Wanita yang lembut dengan belas kasih

Raqwan = Kemajuan

Raqwan Azizah = Wanita mulia yang ada perkembangan maju

Rasanah = Tempat persinggahan

Rasanah Niswah El-Abidah = Wanita yang menjadi tempat persinggahan para wanita ahli ibadah

Rasmiyyah = Sebenarnya; resmi

Rasyadah = Mendapat petunjuk

Rasyidah = Petunjuk

Rasyiqah = Berbadan; bertubuh ideal

Ratifa : Berakhlak baik

Ratna = Perempuan intan, permata

Raudhah = Taman; kebun

Raudhah Jinan Rihab = Wanita penghuni taman surga yang luas

Razani, Razan, Razaan : Keseimbangan, perasaan, kehormatan (Arab)

Razinatul = Sungguh-sungguh; serius

Razinatul Amani = Wanita yang sungguh-sungguh mengejar cita-cita

Renata = Istri (Jawa)

Riani : Gadis yang ceria, riang, gembira

Riani Mutia Azzahra = Gadis yang selalu ceria, taat dan suci/cantik

Rifa = Setuju; sepakat

Rifa Sautuha = Wanita yang disetujui suara pendapatnya

Rifdatu = Pemberi pertolongan

Rifdatul Basyariyyah = Wanita yang memberi pertolongan untuk umat manusia

Rifqoh = Sahabat

Rifqoh Jamilah = Wanita cantik yang bisa menjadi sahbat baik

Rihab = Luas

Risqi = Karunia dari Allah

Rizky : Pemberian Tuhan

Rizky Zhafira = Pemberian dari Tuhan, seorang wanita yangg sukses dan penuh kemenangan

Rodhiya = Ridho

Rodhiya Zaila Islami = Perempuan yang di ridho untuk menuju keselamatan

Rodhya = Ikhlas

Roselani = Bunga mawar surga

Rudainah = Kasih sayang

Ruqayyah = Kemajuan

Rusydah = Petunjuk jalan lurus

Rusydah Rasyadah Fatinah = Wanita yang menarik hati mendapat petunjuk dan menjadi petunjuk bagi yang lainnya

Ruwaidah = Teleten; berhati-hati

Ruwaidah Najihah = Wanita telaten (teliti) yang sukses

Sa’ab = Bangsa

Sa’adatul = Kebahagiaan

Sa’adatul Bakhitah = Wanita yang berbahagia dan mendapat keberuntungan

Sa’diyah = Kebahagiaan

Sa’diyah Saudah = Wanita yang cantik penuh kebahagiaan

Saarah = Istri Nabi Ibrahim as (Arab)

Saarah Amelia = Istri Nabi Ibrahim as yang rajin dan bersemangat

Sabiqah = Terlebih dahulu

Sabrina = Bidadari (Barat)

Sabrina Sakhi = Bidadari yang murah hati

Sadidah = Tepat sasaran; benar

Sadiqah = Benar

Safanah = Angin bertiup kencang

Safanah Fauziyah = Wanita yang membawa kemenangan dengan cepat laksana angin bertiup

Saffanah = Mutiara

Saffanah Shohwatul Islam = Perempuan yang laksana mutiara sebagai kebangkitan Islam

Safinah = Perahu, kapal (Arab)

Safinatunnajah = Kapal penyelamat (Arab)

Sahabiyah = Sahabat

Said = Bahagia

Saidah = Kebahagiaan

Saidah Mufidah = Wanita yang berbahagia dan memberi manfaat

Saifanah = Pedang

Sajidah = Bersujud

Sajidah Majidah = Wanita yang mulia selalu bersujud

Sakhi = Murah hati (Arab)

Sakhi Aniq = Murah hati, cantik dan mungil

Sakhi Cahya Dewi = Wanita yang bersinar dan murah hati

Sakhi Hafizhah = Perempuan penghafal Al-Qur’an yang murah hati

Sakhsiyah = Kepribadian

Sakhsiyah Layyana = Wanita yang berkepribadian lemah gemulai

Sakinah = Ketenangan, ketentraman

Sakinah Silmi Kaffah = Perempuan yang memiliki ketenangan hidup dengan cara Islam keseluruhan

Salamah = Keselamatan

Salamah Munirah = Wanita yang memancarkan cahaya keselamatan

Salima = Melindungi, pendengar yang baik

Salimah = Menyelamatkan

Salimah Basmah = Wanita yang memiliki senyum keselamatan

Salimah Zakiyah = Perempuan baik yang terhindar dari keburukan

Salma = Selamat

Salma Risqi Amadia = Perempuan karunia dari Allah yang selalu mendapat keselamatan, sederhana nan alim.

Salma Wafiyah = Wanita yang selamat secara sempurna

Salsabila = Mata air surga (Arab)

Salsabila Ayu Hanifa = Seorang gadis cantik (manis) yang berbudi pekerti lurus dan bagaikan mata air di surga

Salsabila Candrasmurti = Mata air surga yang setenang rembulan

Salsabila Qurratu’ain = Wanita yang laksana mata air di surga menyejukan mata

Salvina = Bijaksana

Salwa = Burung puyuh; makanan dari surga

Salwa Banafsaj = Madu dari bunga yang harum dan indah warnanya

Salwa Daiyah = Wanita yang merdu laksana burung puyuh memanggil

Samirah = Teman bicara; ngobrol

Samirah Anisa = Wanita yang menjadi teman enak diajak berbicara

Samiyah = Kedudukan

Samsyah = Matahari

Samsyah Mudia = Wanita laksana matahari yang menyinari (memberi petunjuk jalan kebaikan)

Sana = Derajat tinggi

Saninah = Naik jabatan; tingkatan

Saudah = Cantik; indah

Sausan = Bunga lili

Sausan Wafiyah = Wanita yang indah laksana bunga lili yang sempurna

Sautuha = Suaranya

Sautuha Raninah Qalbu = Wanita yang suaranya gemerincing di hati

Sayyidah = Pemimpin

Sayyidah Alimah = Wanita pemimpin yang pandai

Sayyidah Mumtazah = Wanita pemimpin yang luar biasa

Sayyidah Muqsithah = Wanita pemimpin yang adil

Sewagati = Pengabdian

Shabiyyah = Gadis kecil (Arab)

Shabiyyah Hasna = Gadis kecil yang cantik

Shafar = Bulan Shafar

Shafhah = Pemaaf (Arab)

Shafhah Aniqah = Wanita yang cantik dan pemaaf

Shafiyah = Jernih

Shakila = Cantik rupawan

Shalihah : Baik (Arab)

Shalihah= Shalehah; berakhlak baik

Shareefa : Terhormat (Arab)

Shareefa Jehan Amira = Semoga menjadi seorang putri yg cantik dan terhormat

Shavira Shalihah = Permata yang indah dan baik

Shavira, Saphire : Permata yang indah

Shiddiq : Jujur, salah satu sifat nabi Muhammad SAW.

Shifa, Syifa = Mengobati, menyembuhkan (Arab)

Shofi = Jernih

Shofi Aisyah Aqila = Perempuan yang seperti Aisyah yang jernih dan mulia

Shohwatul = Kebangkitan

Sholehah = Baik

Sholehah Silmi Kaffah = Perempuan yang baik dan selamat secara keseluruhan

Siddiqah = Jujur; dapat dipercaya

Sihamu = Panah

Silmi = Islam, selamat

Silmi Kaffah = Islam keseluruhan

Sipta = Tanda yang penuh arti (Jawa)

Sirin = Nama sahabat Rasulullah SAW

Sirin Khayyarah = Sirin adalah wanita yang terpilih

Siti = Perempuan

Siti = Wanita

Siti Hajar = Istri nami nabi Ibrahim AS

Siti Nurjannah = Perempuan yang bagaikan bercahaya surga

Siti Saidah Munirah = Wanita yang berbahagia dan memancarkan cahaya

Stina = Disucikan

Su’ad = Kebahagiaan

Su’datun = Bahagia

Su’datun Nafsi = Wanita yang berbahagia jiwanya

Suhailah = Suka mengalah

Suhailah Bassam Ariqah = Wanita yang suka mengalah, murah senyum dan berakhlak mulia

Suhaimah = Beruntung; mujur

Suhaimah = Lemah lembut; halus perilaku

Suhaimah Mahirah = Wanita cerdas yang mendapat keberuntungan

Sukainah = Tenang; tentram

Sukainah Basyirah = Wanita yang tenang pembawa kabar gembira

Sukainah Ulya = Wanita berkedudukan tinggi yang tentram hatinya

Sulaimah = Selamat; damai

Sulia = Muda

Sulthanah = Pemimpin; penguasa

Sulthanah Nashifah = Wanita pemimpin yang adil

Sumayyah = Kebanggaan

Sumayyah Jalilah = Wanita kebanggaan yang menjadi agung

Sunbulah = Tangkai yang berbuah; nama bintang

Sunbulah Islamiyah = Wanita yang menjadi tempat tumbuh kembangnya Islam

Sundusu = Sutera; halus

Sundusul Aliyah = Wanita berkedudukan tinggi yang halus

Sunniyah = Pengikut ahli sunnah

Sunyata = Kebenaran

Suraiya = Bintang

Sya’ban = Bulan Sya’ban

Syafiqah = Belas kasih

Syafiyah = Sehat; sembuh

Syafiyah Burairah = Wanita yang sehat dan berbakti kepada orang tua

Syahla : Yang memiliki mata kebiru-biruan (Arab)

Syahla’ = Mata yang kebiru-biruan (Arab)

Syahla’ Fitriyani Haura = Anak (wanita) yang suci berkulit putih dengan mata kebiru-biruan

Syakhsiyah = Kepribadian

Syakhsiyah Athifah = Wanita yang berkepribadian belas kasih

Syamilah= Menyeluruh

Syamiyah = Tahi lalat di wajah

Syamiyah Halwah Linazharin = Wanita yang memiliki tahi lalat enak (manis) dipandang

Syamma’ = Berhidung mancung (Arab)

Syamma’ Azarine = Wanita yang agung dan berhidung mancung

Syandana : Mengalir terus (Sansekerta)

Syareefa, Syarifa : Yang di muliakan (Arab)

Syarif = Kemuliaan

Syarifah = Kemuliaan

Syarifah Afifah = Wanita mulia yang welas asih

Syauqiyyah = Rindu, cinta

Syawal = Bulan Syawal

Syifa = Penawar; penyembuh

Syifa El-Fauziah = Wanita penyembuh yang memperoleh kemenangan

Syifa El-Rahmah = Wanita penyembuh yang memiliki belas kasih

Syifa Nisrina Putri = Mawar putih penyembuh/pengobat luka

Syifaul Qulub = Wanita yang menjadi penawar (obat) hati

Syu’lah = Pelita; lampu, penerang

Syu’lah Badi’ah = Wanita yang bagaikan pelita yang indah

Syu’ubah = Bangsa-bangsa

Tahani = Ucapan selamat

Tahani Khairiyyah = Wanita yang selalu mengucapkan salam kebaikan

Tahiyyah = Kehormatannya

Tahiyyah Majidah = Wanita yang memiliki kehormatan dan kemuliaan

Tajirah = Pebisnis; saudagar

Tajirah Bakhitah = Wanita pebisnis yang beruntung

Talina : Lembut

Talina Salamah Qolbi = Wanita yang berhati lembut dan selalu mendapatkan keselamatan

Tamamah = Pelengkap; penyempurna

Tamamah = Sempurna

Tamamah Mahmudah = Wanita pelengkap yang terpuji

Tamimah = Kuat; tangguh

Tamimah Luthfya = Wanita yang kuat dan lemah lembut

Taqiyyah = Bertaqwa

Taqiyyah Rabbaniyyah = Wanita yang bertaqwa dalam ketuhanan

Tasmirah = Permata yang indah (Arab)

Tasmirah Anisah Zakiyah = Gadis yang baik, murni, dan bersih seperti permata yang indah

Thallah = Cantik, harum (Arab)

Thallah Hana = Bunga yang cantik dan harum

Thifal = Lembut; halus

Thifal Mahdyah = Wanita lembut yang mendapat petunjuk

Thufailah = Lembut dan halus (Arab)

Thufailah Azka Fadhilah = Keutamaan yang lembut dan cerdas

Tiara : Mutiara/bersinar

Tiara Zahsy Salsabillla = Wanita laksana mutiara bersinar yang mengalir di salah satu sungai surga

Tsamara = Buah hati (Arab)

Tsamara Ufairah Azka = Buah hati yang pemberani dan cerdas

Tsamarah = Berbuah (memberi manfaat)

Tsana = Pujian

Tsana Hamidah = Wanita yang menjadi pujian karena selalu memuji Allah

Tuhfatul = Hadiah

Tuhfatul Jannah = Wanita yang dilahirkan sebagai hadiah dari surga

Ufairah = Pemberani; perkasa

Ufairah Kamilah = Wanita pemberani yang sempurna

Ulani = Riang gembira

Ulfa = Keramahan terhadap orang lain (Arab)

Ulfa Nabilah Santika = Cerdik dan ramah terhadap orang lain

Ulfah = Persahabatan

Ulfah Iklilah = Wanita yang menjadi mahkota persahabatan

Ulfairah = Pemberani (Arab)

Ulfairah Fatin = Pemberani yang mengagumkan

Ulumuha = Ilmu pengetahuannya

Ulya = Berkedudukan; tempat yang tinggi; utama

Ulya Zhafirah = Perempuan yang menang dan mempunyai posisi tinggi

Uma = Lambang keberanian

Uma Zakiyyah = Perempuan dengan lambang keberanian yang beruntung

Umairah = Nama wanita zaman dahulu (Arab)

Umairah Afifah = Tokoh wanita yang memiliki harga diri

Umamah = Umat; kaum

Umay = Harapan

Umay Fakhriyah = Perempuan yang menjadi harapan penuh kebanggaan

Umay Hayat Sunyata = Perempuan dengan harapan kehidupan yang penuh

Uzhmah = Keagungan

Varisha : Mulia

Wadiatu = Titipan

Wafiyyah = Sempurna; lengkap; merpati

Wahidah = Pertama; satu

Wajihah = Memiliki kedudukan

Wardatu = Bunga mawar

Wasilah = Pendekatan diri kepada Allah; perantara

Watsiqah = Percaya diri

Wazirah = Menteri

Wiam = Harmonis

Widyawati : banyak ilmunya dan cantik (Arab)

Yaqutillahi = Permata Tuhanku

Yasirah = Kemudahan

Yusriyah = Dimudahkan

Zahida = Rendah hati, tidak rakus dunia

Zahidah = Rendah hati, tidak rakus dunia

Zahira /Zahir : Yang cantik berseri (Arab)

Zahirah = berkilau

Zahra : Bunga mawar

Zahra, Zahrah, Zahraa, Zahre, Zahreh, Zahara, Zaharra, Zahera, Zahira : 1) Berkulit putih, bunga (Swahili) 2) Bunga yang sedang mekar (Arab)

Zahsy : Nama seorang perempuan ahli syurga (Zaenab Al Zahsy)

Zahwa : Cantik (Arab)

Zaila = Perempuan

Zainal = Perhiasan

Zakauha = Kecerdasannya; kepintarannya

Zakiyah = Murni, bersih (Arab)

Zalfa = Kulit mutiara

Zaman : Masa, waktu

Zamzamul = Air Zam-zam

Zhafirah = Yang beruntung, yang menang

Zihni = Pemahaman

Ziya = Cahaya

Zulima = Tenang

Artikel ini bermanfaat? Ditunggu ya komentarnya :p