no comments

Adzan: Uraian Lengkap Mengenai Kalimat Penanda Masuk Waktu Shalat (Bacaan, Doa Setelah Adzan, Keutamaan, Dll)

Adzan adalah seruan untuk melakukan shalat dengan bacaan yang sudah ditentukan. Adzan juga merupakan sebuah simbol atau pemberitahuan kepada masyarakat muslim bahwa sudah masuk waktu shalat. Bacaan adzan tidak boleh sembarangan karenaa sudah ditentukan oleh Rasul sendiri. Bacaan adzan pun harus dilakukan oleh manusia, tidak boleh hanya mengandalkan tape recorder, misalnya.

Sementara Iqomah adalah pemberitahuan kedua bahwa sebentar lagi shalat berjamaah akan segera dimulai. Bacaan adzan dengan iqomah hampir sama. Makanya iqomah disebut juga sebagai adzan yang kedua.

Itulah pengertian singkat dari adzan dan iqomah. Sekarang kita masuk ke topik sesuai judul, bacaan doa setelah adzan.

Bacaan Doa Setelah Adzan

Perlu diketahui bahwa setelah adzan selesai dikumandangkan, kita disunnahkan untuk membaca doa setelah adzan. Bacaan doa setelah adzan ini juga sudah ditentukan, tidak boleh sesuka hati.

Berikut bacaan doa setelah adzan adalah sebagai berikut:

اَللهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ
وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Artinya:

Artinya : “Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna, dan shalat yang tetap didirikan, kurniakanlah kepada Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah Ia pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan, sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang”

Jika kamu tidak kesulitan dalam melafal bahasa Arab, berikut bacaannya dalam huruf latin.

Allaahumma rabba haadzihid da’watit taammah, washshalaatil qaaimah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasy syarafa wad darajatal ‘aaliyatar rafii’ah, wab’atshu maqaamam mahmuudanil ladzii wa’adtah innaka laa tukhliful mii’aad, ya arhamar raahimiin.

Bonus:

Saya pikir tulisan ini akan sedikit sekali manfaatnya. Maka saya ingin memberikan dua bous. Pertama, bacaan menjawab adzan dan iqomah. Kedua, doa setelah iqomah.

1. Bacaan Menjawab Adzan dan Iqomah

 

Secara umum bacaan menjawab azan sama dengan bacaan adzan itu sendiri.

Misalnya, saat seorang muazzin mengucap اَللهُ اَكْبَر maka kita juga menjawab dengan bacaan yang sama, اَللهُ اَكْبَر. Secara umum seperti itu.

Namun ada dua bacaan yang dijawab dengan bacaan yang berbeda.

Pertama, ketika muadzzin membaca حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ  dan حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ, kita menjawab dengan لاحول ولاقوّة الاّ بالله.

Kedua, saat adzan shubuh dan muadzzin mengucapkan الصّلاة خير من النّوم, maka kita menjawab dengan صدقت وبررت وانا على ذلك من الشّاهدين.

Untuk iqomah, aturan menjawabnya juga sama yaitu dengan bacaan yang sama. Namun saat mudzzin mengucapkan قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ maka kita menjawab dengan أقامها الله وادامها وجعلني من صالحى . Bisa juga disingkat menjadi أقامها الله وادامها saja.

2. Doa Setelah Iqomah

Doa setelah iqomah juga sedikit berbeda dengan doa setelah adzan. Bacaan doa setelah adzan adalah sebagai berikut:

الّلهمّ ربّ هذه الدّعوة التّامّة والصّلاة القائمة صلّ وسلّم على سيّدنا محمّد واته سؤله يوم القيامة
Artinya :

“Ya Allah Tuhan yang memiliki panggilan yang sempurna, dan shalat yang ditegakkan, curahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad, dan berilah/kabulkan segala permohonannya pada hari kiamat.”

Untuk kamu yang masih belum lancar membaca bahasa Arab, silakan baca tulisan latin ini.

“Allaahumma rabba hadzihid da’watit taammati wash-shalaatil qaa-imah, shallii wasallim ‘alaa sayyidinaa muhammadiw wa aatihi su’lahu yaumal qiyaamah”

Penutup

Begitulah bacaan doa setelah adzan dan iqomah. Simpel dan tidak terlalu panjang. Artinya pun cukup dalam. Jadi, baca terus ya setiap selesai shalat.

Perlu diketahui juga bahwa waktu antara adzan dan iqomah adalah waktu yang mustajabah doa. Kita dianjurkan untuk memperbanyak doa di waktu ini. Boleh berdoa apa saja selama doa yang baik.

 

Referensi:

www.islampos.com

islamiwiki.blogspot.com

Dll

Artikel ini bermanfaat? Ditunggu ya komentarnya :p